Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Membuat Bingkai di Dokumen Microsoft Word

Bingkai di word adalah salah satu fitur untuk membuat tampilan dokumen menjadi lebih menarik dan lebih unik. Simak cara membuat bingkai di Microsoft Word dari artikel ini!

Posted: Monday, Sep 18, 2023

Share:

Cara Membuat Bingkai di Dokumen Microsoft Word cover

Bingkai pada halaman dokumen Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat dokumen resmi, misalnya ijazah, akta kelahiran, dan sertifikat. Selain itu, dokumen penting seperti skripsi dan makalah juga membutuhkan bingkai di halaman utama.

Lalu, bagaimana cara membuat bingkai di Word? Kamu dapat menambahkan bingkai di halaman Microsoft Word menggunakan fitur Borders. Untuk mengetahui caranya, baca artikel ini sampai selesai, yuk.

Manfaat Memakai Border di Dokumen Microsoft Word

Tahukah kamu? Ketika kamu membuat dokumen Microsoft Word dan menambahkan border atau bingkai di pinggiran halamannya, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut. Yuk, simak!

  1. Menambah Daya Visual

Dengan menambah bingkai di halaman dokumen Microsoft Word, bisa menambah keunikan dan visualisasi dari dokumen kamu.

Melalui fitur Borders yang disediakan oleh Microsoft Word, kamu bisa memilih bingkai mana yang kamu inginkan karena Microsoft Word menyediakan berbagai macam template.

Selain itu, kamu juga bisa menambah bingkai secara custom. Contohnya dengan menambah efek pada bingkai supaya terlihat lebih bagus dan unik.

  1. Membantu Keperluan Organisasi

Sebuah organisasi atau instansi sering mengeluarkan surat penting, seperti sertifikat, piagam, atau ijazah. Dalam membuat dokumen penting tersebut, diperlukan tambahan bingkai di pinggir halamannya.

Kegunaan bingkai adalah untuk membedakan dokumen penting, sehingga tampak lebih menonjol dari dokumen biasa dan mudah dicari.

Bingkai di halaman dokumen juga berguna untuk menyatukan seluruh informasi pada sebuah halaman dan membuatnya terlihat lebih padu.  

  1. Dokumen Jadi Lebih Mudah Dibaca

Adanya bingkai di tepi halaman dokumen Word dapat memperjelas isi dokumen, sehingga mudah dibaca oleh orang-orang.

Selain itu, halaman penting juga sebaiknya diberi bingkai supaya menarik perhatian pembaca terhadap konten yang termuat di halaman tersebut. 

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word Dalam Dunia Kerja 

Tips Menambahkan Bingkai di Dokumen Microsoft Word

Jika kamu ingin menambahkan bingkai di dokumen Microsoft Word, ikuti beberapa tips di bawah ini supaya hasilnya bisa maksimal.

  1. Buat Tampilan Halaman yang Sederhana

Meski bingkai di halaman Microsoft Word dapat menonjolkan konten pada halaman tersebut, tapi buatlah tampilan halaman sederhana supaya visualisasinya tidak tumpang tindih. Fungsinya agar konten di dalam halaman tersebut mudah terbaca.

  1. Menggunakan Fitur Track Change

Saat kamu sedang menyusun sebuah dokumen Word, kamu bisa memakai fitur Track Change yang disediakan Microsoft Word untuk melacak segala macam perubahan pada dokumen. Fitur ini akan memudahkanmu dalam mengedit bingkai untuk membuatnya semenarik mungkin.

Cara menggunakan fitur Track Change: pilih tab Review, cari kategori ‘Tracking’, klik Track Changes, pilih opsi Track Changes. Setelah itu, kamu bisa melihat seluruh proses pengeditan yang sudah kamu buat dalam dokumen tersebut.  

  1. Pakai Jenis Font yang Mudah Dibaca

Memilih jenis font yang tepat juga tak kalah penting supaya dokumen terlihat profesional dan gampang dipahami.

Kamu bisa memilih jenis font berikut agar dokumen mudah dibaca: Times New Roman, Arial, Calibri, dan Helvetica.

  1. Manfaatkan Fitur Insert

Supaya tampilan dokumen terlihat menarik di mata pembaca, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di tab Insert. Contohnya picture, graphs, word art, dan tables.

Fitur-fitur tersebut akan membantu kamu meningkatkan daya visual yang menarik. Namun, sebelumnya kamu harus mempelajari fungsi setiap tools agar kamu bisa menggunakan fitur yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Jago Microsoft Word 

Cara Membuat Bingkai di Dokumen Microsoft Word

Di bawah ini akan dijelaskan tutorial membuat bingkai di dokumen Microsoft Word. Simak sampai akhir, ya.

  1. Menambah Bingkai dengan Fitur Page Borders

  • Pertama, buka dokumen Word yang ingin kamu edit. Tapi, kalau kamu ingin membuatnya di lembar kerja baru, caranya: buka program Microsoft Word, klik New, pilih Blank Document.

  • Klik tab Design setelah muncul lembar kerja. Kemudian, cari kategori ‘Page Background’, lalu klik opsi Page Borders.

  • Lalu akan muncul Borders and Shading dialog box dan klik tab Page Border.

  • Kamu bisa mengedit tampilan bingkai pada kolom Style, Color, Width, dan Art.

  • Kalau kamu sudah selesai mengatur tampilan bingkainya, kamu dapat melihat hasilnya di kolom ‘Preview’. Kemudian, klik opsi ‘Apply to’ untuk menentukan halaman mana saja yang ingin diberi bingkai. Ada beberapa pilihan yang tersedia: whole document, this section, this section – first page only, this section – all page except first page.

  • Setelah itu, kamu perlu menyesuaikan letak bingkai dengan tepi kertas. Caranya dengan klik Option pada Borders and Shading dialog box. Kemudian akan muncul jendela baru seperti gambar di atas. Tentukan ukurannya dengan memasukkan angka yang kamu inginkan di setiap kolom. Jika sudah, klik OK.

  • Proses selesai, nantinya bingkai akan muncul di lembar kerja sesuai ilustrasi di atas.

Setelah kamu mengetahui cara menambahkan bingkai, kamu juga perlu belajar cara menghilangkan bingkainya jika kamu tidak jadi memakainya. Begini caranya: klik tab Design, klik Page Borders di menu ‘Page Background’, klik tab Page Border, cari kolom ‘Setting’ dan klik None, lalu klik OK.

Baca juga: 4 Tips Merapikan Format Tulisan Microsoft Word yang Berantakan dengan Cepat 

  1. Menambah Bingkai dengan Fitur Text Border

  • Buka file dokumen Microsoft Word yang ingin kamu edit. Namun, jika kamu akan membuatnya di lembar kerja baru, bukalah program Microsoft Word terlebih dulu, lalu klik New, dan pilih Blank Document.

  • Klik tab Home.

  • Misalnya kamu ingin memberikan bingkai pada sebagian tulisan seperti contoh di atas. Blok tulisan tersebut.

  • Buka tab Home, cari menu ‘Paragraph’, pilih tombol Borders yang digambarkan dengan ikon persegi kecil.

  • Kemudian, akan muncul deretan opsi seperti gambar di atas. Pilih opsi Borders and Shading.

  • Pilih tampilan bingkai yang kamu inginkan.

  • Kamu bisa mengedit tampilan bingkai di kolom Style, Color, dan Width. Kamu akan melihat contoh tampilan akhirnya di kolom ‘Preview’.

  • Jangan lupa isi kolom ‘Apply to’ dengan This Section – first page only. Lalu, klik OK.

Itu dia cara membuat bingkai di Word menggunakan fitur Borders. Sangat mudah, kan? Jangan lupa langsung praktekkan untuk latihan di rumah. Jika kamu ingin semakin mahir dalam mengoperasikan Microsoft Word, tidak ada salahnya coba bergabung di program sertifikasi Microsoft Word Associate dari MyEduSolve. Dapatkan informasi lebih lanjut di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://www.indeed.com

https://www.groovypost.com

https://www.wikihow.com

Related Tags

Microsoft word
pengembangan skill

1,652

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.