Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Buat Bisnis Lebih Unggul dengan Competitive Intelligence

Competitive intelligence membantu untuk membuat keputusan terbaik dalam bisnis. Mari cari tahu apa itu competitive intelligence dan cara menerapkannya dalam bisnis.

Posted: Saturday, Mar 18, 2023

Share:

Buat Bisnis Lebih Unggul dengan Competitive Intelligence cover

Sebagai pelaku bisnis, strategi yang matang sangat diperlukan untuk membuat bisnis menjadi stand out dari kompetitor. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan competitive intelligence.


Dilansir dari Harvard Business Review, competitive intelligence ini sudah diadopsi oleh banyak perusahaan selama lebih dari 30 tahun untuk membuat keputusan terbaik dalam bisnis. Menarik bukan?


Oleh karena itu, mari kita bahas secara lebih detail tentang apa itu competitive intelligence, manfaatnya bagi bisnis, dan tahapan melakukannya.

Apa Itu Competitive Intelligence?

Dilansir dari Hubspot, competitive intelligence adalah praktik pemantauan, pengumpulan, dan analisis data pada kompetitor bisnis untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.  Competitive intelligence membantu dalam mengidentifikasi celah strategi bisnis yang saat ini dimiliki dan menemukan peluang untuk menumbuhkannya.


Menurut competitive intelligence experts, data yang dikumpulkan dapat dikaitkan dengan segala aspek ekosistem bisnis, termasuk:

  • Kompetitor

  • Pelanggan

  • Pemasok

  • Produk dan layanan

  • Teknologi

  • Tren industri

  • Kondisi ekonomi atau politik


Baca juga: Golden Circle: Pengertian, 3 Pilar Penting, dan Cara Menerapkannya

Mengapa Competitive Intelligence Penting Bagi Bisnis?

Tanpa competitive intelligence, bisnis akan rentan terhadap ancaman dan menyebabkan hilangnya peluang. Dengan menghimpun data penting terkait bisnis, maka ada sejumlah keuntungan yang akan didapatkan. Dilansir dari Semrush.com berikut sejumlah manfaatnya.

  1. Dapat mengetahui tren pasar dan memposisikan diri dengan tepat.

  2. Dapat memprediksi strategi bisnis kompetitor.

  3. Memberi kemudahan dalam menangkal ancaman yang mungkin muncul.

  4. Optimal dalam memanfaatkan peluang yang ada.

  5. Buat keputusan strategis dengan penuh keyakinan.


Baca juga: Brand Loyalty Adalah: Pengertian, Cara Meningkatkan, dan Contoh Sukses

5 Tahapan dalam Melakukan Competitive Intelligence

  1. Tentukan objektif

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan tujuan dari competitive intelligence. Sebagai contoh, apakah tujuanmu ingin mengetahui strategi pemasaran kompetitor atau menganalisis kekuatan kompetitor dalam menjual produknya?

  1. Identifikasi kompetitor

Selanjutnya, tentukanlah kompetitor mana saja yang relevan dengan bisnismu. Kamu bisa membuat daftar kompetitor yang memiliki produk, layanan, dan user persona yang serupa. Selain itu, buat juga daftar kompetitor yang produk dan layanannya berbeda dengan bisnismu, tapi memiliki target audiens yang sama. Hal ini baik untuk memunculkan inspirasi strategi.

  1. Kumpulkan data

Langkah yang ketiga, petakan cara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Kamu dapat menghimpunnya melalui berbagai sumber seperti publikasi industri, situs web perusahaan, laporan keuangan, publikasi media, dan sumber lainnya. Cek juga bagaimana ulasan yang diberikan konsumen.

  1. Analisis data

Setelah memiliki informasi yang cukup, kategorikan data yang ada agar mudah dianalisis. Tentunya, memanfaatkan competitive intelligence tool akan sangat membantu. Mulailah mencari berbagai faktor yang saling berhubungan dan membentuk pola. Gunakan data untuk membuat perbandingan antara kompetitor dan bisnismu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

  1. Komunikasikan insight dengan stakeholder

Presentasikan informasi berharga yang didapatkan selama proses analisis data. Bukalah ruang diskusi dan buatlah strategi bisnis yang lebih baik dengan menciptakan kreativitas dan inovasi baru.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Kunjungi artikel MyEduSolve untuk tips bisnis lainnya, ya! Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan seputar karier dan kesehatan mental ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Buat Bisnis Lebih Unggul dengan Competitive Intelligence

Posted: Saturday, Mar 18, 2023

Updated: Sunday, Apr 21, 2024

Related Tags

competitive intelligence

1,042

Recommended Articles

Relevant Certifications

Professional Communication

Rp 0

PMI Project Management Ready - V2

Rp 0