Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Aplikasi Autodesk: Ini Kegunaan, dan Jenis-Jenisnya

Aplikasi Autodesk mencakup berbagai perangkat lunak yang digunakan dalam bidang desain, teknik, arsitektur, pembuatan konten digital, dan banyak lagi. Simak selengkapnya di artikel MyEduSolve berikut ini!

Posted: Thursday, Nov 30, 2023

Share:

Aplikasi Autodesk: Ini Kegunaan, dan Jenis-Jenisnya cover

Jika kamu bekerja di bidang desain atau engineer, pastinya kamu sudah tidak asing dengan aplikasi Autodesk. Aplikasi Autodesk merupakan aplikasi desain yang dibuat oleh perusahaan IT bernama Autodesk Inc. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai apa itu aplikasi Autodesk yang akan diulas dalam artikel berikut. Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Aplikasi Autodesk?

Aplikasi Autodesk adalah aplikasi desain grafis untuk menggambar desain dalam format dua dimensi dan tiga dimensi yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Autodesk Inc.

Perusahaan Autodesk Inc dibentuk oleh John Walker pada tahun 1982 ini telah mengeluarkan berbagai software desain untuk keperluan berbagai industri. Mulai dari desain arsitektur, desain fashion, hingga product design untuk bidang manufaktur.

Dengan memakai berbagai software Autodesk, desainer dan engineer dapat membuat sketsa desain dalam format 2D dan kemudian mengubahnya menjadi desain gambar dalam format 3D.

Lantas, apa bedanya antara Autodesk dan AutoCAD? Autodesk merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai aplikasi desain untuk kebutuhan berbagai industri. Sementara itu, AutoCAD adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Autodesk.

Autodesk menjadi salah satu perusahaan IT yang telah lama berdiri dan mereka sudah meluncurkan berbagai software yang berguna untuk produksi manufaktur, konstruksi bangunan, hingga fashion. Kira-kira apa saja aplikasi Autodesk yang telah diluncurkan? Yuk, simak!

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD

  1. Autodesk Inventor

Autodesk Inventor adalah aplikasi khusus untuk bidang teknik, karena dapat membuat desain mekanis 3D. Aplikasi Autodesk Inventor menawarkan bermacam-macam fitur yang memungkinkan engineer membuat desain mold, dokumentasi, dan simulator berbasis parametrik.

  1. Inventor Tolerance Analysis

Kemudian, ada juga aplikasi Autodesk Inventor Tolerance Analysis yang memungkinkan engineer dapat mendesain dan juga memilih bagian dalam perakitan supaya sesuai dengan ketentuan mekanis berdasarkan asas toleransi kumulatif.

  1. Autodesk Inventor Nesting

Aplikasi Autodesk Inventor Nesting ini berfungsi untuk membantu desainer dalam menghitung perbandingan bahan baku mentah supaya dapat memberikan hasil yang maksimal. Tujuannya agar proses desain dan biaya produksi semakin efisien.

  1. Autodesk Inventor CAM

Selanjutnya, aplikasi Autodesk Inventor CAM diciptakan untuk membantu engineer di bidang teknik mesin dalam melakukan simplifikasi rangkaian proses kerja pemesinan.

  1. Autodesk Inventor Nastran

Autodesk Inventor Nastran memiliki peran sebagai Finite Element Analysis (FEA) yang terhubung dengan aplikasi Autodesk lainnya. Dengan begitu engineer tidak usah membuka aplikasi simulasi secara terpisah, sehingga kinerja pun jadi lebih cepat dan efektif.

  1. Autodesk AutoCAD

Di antara produk Autodesk lainnya, mungkin kamu paling familiar dengan aplikasi AutoCAD. Aplikasi Autodesk AutoCAD ini memang sangat populer untuk menggambar desain arsitektur, konstruksi bangunan, dan desain mode dalam format 2D dan 3D.

  1. Autodesk 3DS Max

Aplikasi Autodesk 3DS Max adalah software desain grafis untuk menggambar desain berbasis vektor 3D dan animasi. Selain itu, 3DS Max dapat memberikan visualisasi desain yang sedang dibuat, sehingga memungkinkan desainer merevisi kesalahan dalam proses pembuatan desain.

  1. Autodesk Maya

Pengguna dapat menggunakan Autodesk Maya untuk membuat animasi 3D. Menariknya lagi, software satu ini juga dapat membantu games developer untuk mengembangkan game.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD 

  1. Autodesk Fusion 360

Autodesk Fusion 360 adalah tool yang memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan alur kerja pengembangan dalam suatu platform berbasis cloud pada perangkat komputer.

  1. Autodesk Revit

Autodesk Revit termasuk ke dalam tool BIM atau Building Information Modelling yang diperuntukkan arsitek, desainer, dan engineer. Pengguna bisa membuat komponen dan desain struktur dalam bentuk 3D hingga 4D.

Kegunaan Aplikasi Autodesk di Industri

Perusahaan Autodesk mengembangkan dan meluncurkan beberapa aplikasi desain 2D dan 3D yang dibutuhkan industri dan perusahaan. Dari banyaknya produk yang diluncurkan Autodesk, setiap software memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan penggunanya. Yuk, intip apa saja kegunaan aplikasi Autodesk bagi industri!

  1. Autodesk untuk Industri Arsitektur, Engineering, dan Konstruksi

Kebanyakan orang memang menggunakan aplikasi-aplikasi besutan Autodesk ini untuk mendesain arsitektur, konstruksi, dan interior bangunan. Untuk memenuhi kebutuhan industri ini, Autodesk menyediakan berbagai produk software buatannya seperti AutoCAD, Civil 3D, Revit, dan sebagainya.

  1. Autodesk untuk Industri Manufaktur dan Product Design

Meski software buatan Autodesk lebih populer untuk industri arsitektur dan bangunan, tapi Autodesk juga mengeluarkan beberapa software untuk memenuhi kebutuhan industri manufaktur dan product design. Untuk kebutuhan manufaktur dan product design, kamu bisa memakai AutoCAD, Fusion 360, dan Inventory.

  1. Autodesk untuk Industri Media dan Hiburan

Untuk melengkapi kebutuhan industri yang semakin beragam, perusahaan Autodesk pun meluncurkan perangkat lunak untuk industri media dan entertainment, yaitu Autodesk 3DS Max, Autodesk Maya, dan Autodesk Arnold. Software tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan game, membuat animasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengetahui CAD Designer dan Skill yang Diperlukan

Manfaat Memakai Aplikasi Autodesk

Setelah mengetahui apa saja software buatan Autodesk yang bermanfaat untuk menunjang industri dan perusahaan, saatnya kamu mengetahui apa saja manfaat memakai Autodesk.

  1. Mendukung efisiensi kerja untuk desainer, media creator, fashion designer, arsitek, dan engineer.

  2. Memiliki banyak fitur yang tergolong lengkap untuk desain 2D dan 3D.

  3. Pengguna merasakan kecepatan alur kerja dengan hasil desain yang memuaskan.

  4. Autodesk bekerja sama dengan banyak perusahaan IT yang mendukung era metaverse, sehingga mereka akan terus berinovasi menciptakan software baru untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai aplikasi Autodesk, semoga bisa menjawab pertanyaanmu tentang apa itu Autodesk. Yuk, daftarkan dirimu ke kelas sertifikasi Autodesk AutoCAD Certification dari MyEduSolve. Dapatkan informasi lebih lanjut di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

What is Autodesk? An Introductory Guide  https://www.xrtoday.com/mixed-reality/what-is-autodesk-an-introductory-guide/ (Diakses November 2023)

Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

Aplikasi Autodesk: Ini Kegunaan, dan Jenis-Jenisnya

Posted: Thursday, Nov 30, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

aplikasi Autodesk
Teknologi

1,213

Recommended Articles

Relevant Certifications

Autodesk 3ds MAX

Rp 0

Autodesk Maya Certification

Rp 0

Autodesk Revit Certification

Rp 0

Autodesk Fusion 360 Certification

Rp 0

Autodesk Inventor Certification

Rp 0

Autodesk AutoCAD Certification

Rp 0