Apa yang Dimaksud Algoritma? Cari Tahu Ciri dan Manfaatnya Di Sini

Apa yang dimaksud algoritma? Ingin belajar lebih banyak tentang istilah pemrograman satu ini? Kamu bisa mendapatkan informasinya dengan membaca artikel ini.

Posted: Friday, May 27, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Friday, May 27, 2022

Share:

Apa yang Dimaksud Algoritma? Cari Tahu Ciri dan Manfaatnya Di Sini cover

Apa yang dimaksud algoritma? Kamu biasanya akan mendengar istilah ini ketika menggunakan media sosial atau mesin pencarian. Algoritma secara sederhana merupakan suatu sistem yang dapat memecahkan suatu masalah melalui angka atau data yang dikumpulkan. Istilah algoritma sering dirujuk ke aspek pemrograman yang ada dalam ilmu komputer. 

Pemahaman ini tidak salah. Orang awam yang tidak terlalu mengerti tentang dunia IT sudah sewajarnya beranggapan demikian. Tetapi pada kesempatan kali ini kamu akan belajar lebih jauh mengenai algoritma dari pengertian, ciri-ciri, hingga manfaat keberadaannya. Kalau begitu tanpa berlama-lama lagi langsung saja baca informasinya di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud Algoritma?

Algoritma diartikan sebagai suatu rangkaian urut untuk menyelesaikan masalah melalui beberapa tahapan yang sistematis dan logis. Algoritma bukan rumus matematika yang pernah kamu pelajari di sekolah melainkan suatu instruksi coding dalam pemrograman. Sederhananya, algoritma adalah suatu sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk melakukan apa yang diperintahkan. 

Hampir seluruh perangkat lunak (software) dan aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari memiliki algoritmanya masing-masing. Algoritma ini tidak berdiri sendiri tetapi terbentuk atas tiga dasar utama yaitu algoritma sekuensial, perulangan, dan percabangan. Masing-masing penjelasannya bisa kamu lihat berikut ini. 

1. Algoritma Berurutan atau Sequential

Algoritma berurutan merupakan perintah yang tersusun secara sistematis. Algoritma ini berguna untuk menampilkan beberapa hasil dari instruksi yang telah diberikan. 

2. Algoritma Perulangan atau Looping

Algoritma perulangan atau looping algorithm berisi perintah yang bisa menampilkan pengulangan beberapa perintah sekaligus. Pengulangan ini bisa ditampilkan karena adanya perhitungan syarat-syarat khusus.  

3. Algoritma Percabangan

Algoritma percabangan juga berisi perintah. Namun perintah di algoritma ini berfungsi untuk memilih salah satu dari berbagai pilihan yang tersedia. 

Baca Juga : Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist

Ciri-ciri Algoritma

Menurut seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Amerika yaitu Donald Ervin Knuth, algoritma memiliki lima ciri-ciri utama yaitu:

1. Input

Setiap algoritma memiliki input di mana suatu permasalahan yang ada harus diselesaikan atau dicarikan solusi terbaiknya. Dalam algoritma terdapat nilai input berupa nol atau lebih. 

2. Proses

Proses di algoritma ini merupakan suatu rangkaian dari tahapan yang sudah seharusnya dikerjakan. Rangkaian ini sangat penting karena akan berdampak kepada hasil akhir. Saat seluruh tahapan dilakukan dengan baik maka tujuan akhir bisa dicapai. 

3. Output

Output yang dimaksudkan di sini berupa solusi atau jawaban dari permasalahan awal. Solusi ini didapatkan dari suatu algoritma yang memiliki minimal satu output

4. Instruksi 

Dalam setiap algoritma terdapat berbagai instruksi jelas yang berguna dalam suatu perhitungan untuk menghasilkan output yang diinginkan. Instruksi ini akan memastikan tidak ada kesalahan yang terjadi. 

5. Tujuan Akhir

Tujuan akhir dalam algoritma ini akan menjadi garis finis dari program. Ketika program ini sudah mencapai tujuan akhir maka seluruh proses akan berhenti. 

Baca Juga: 5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

Manfaat Algoritma

Manfaat keberadaan algoritma sudah sempat disinggung pada bagian awal yaitu untuk menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. Manfaat ini hanyalah satu dari berbagai manfaat lain yang ada. Beberapa manfaat lainnya seperti: 


1. Memudahkan pembuatan suatu program secara lebih mudah, rapi, dan terstruktur. 


2. Membantu menyederhanakan program yang rumit. 


3. Membantu menyelesaikan permasalahan berkali-kali.


4. Membantu meminimalisir penulisan instruksi atau program yang berulang. 


5. Memudahkan pengeditan suatu program di suatu modul. 


6. Memudahkan mencari kesalahan karena memiliki alur kerja yang lebih jelas. 


Apakah kamu sudah mulai mengerti apa itu algoritma? Dari penjelasan di atas kamu jadi mengerti bahwa algoritma termasuk ke dalam sistem pemrograman yang memiliki peranan cukup penting. Jika kamu membacanya sampai akhir karena memiliki minat yang besar untuk mempelajari pemrograman atau coding maka sertifikasi spesialis IT dari MyEduSolve cocok untuk diambil. 

Terdapat berbagai spesialis di bidang IT yang bisa kamu pilih seperti Javascript dan Python. Memang apa pentingnya mengambil sertifikasi? Sertifikasi bisa membuat kamu lebih diakui ketika melamar suatu jabatan. Semua kemampuan yang kamu dapatkan selama proses sertifikasi akan menjadi bekal di kemudian hari. Sertifikasi yang disediakan oleh MyEduSolve memberikan kamu akses pada berbagai materi pembelajaran LearnKey dan CertPREP. 

Jika kamu gagal, masih ada retake voucher yang bisa digunakan untuk mengulang ujian. Yuk dapatkan sertifikasi dan masuk dalam kualifikasi yang dibutuhkan dengan MyEduSolve. Semoga penjelasan apa yang dimaksud algoritma ini membantu kamu dalam memahami dunia pemrograman lebih baik lagi.

Article Tag:

apa yang dimaksud algoritmaalgoritmaapa itu algoritma

Category:

Teknologi

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Apa yang Dimaksud Algoritma? Cari Tahu Ciri dan Manfaatnya Di Sini

Posted: Friday, May 27, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

apa yang dimaksud algoritmaalgoritmaapa itu algoritma

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.