Apa Saja Perbedaan Bootcamp dengan Workshop? Berikut Penjelasannya

Untuk pembahasan kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan apa saja perbedaan bootcamp dengan workshop meliputi pengertian, tujuan, jenis peserta, durasi kegiatan, dan juga jenis-jenisnya. Nah agar kamu dapat lebih paham perbedaannya, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Posted: Monday, Dec 20, 2021

Updated: Thursday, Jan 20, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Monday, Dec 20, 2021

Share:

Apa Saja Perbedaan Bootcamp dengan Workshop? Berikut Penjelasannya cover

Pengertian Bootcamp dan Perbedaannya dengan Workshop

Secara umum, bootcamp merupakan program pelatihan yang dilakukan secara intensif dengan durasi yang relatif singkat. Melalui bootcamp, kamu akan mempelajari materi yang relevan untuk kebutuhan industri serta di bimbing oleh instruktur yang ahli di bidangnya.

Seiring berjalannya waktu, program bootcamp kian populer dan juga semakin banyak jenis bidangnya. Contohnya seperti coding bootcamp, digital marketing bootcamp, UI/UX bootcamp, adobe bootcamp, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan bootcamp, pengertian dari workshop yaitu suatu pertemuan dari sekumpulan orang yang memiliki minat dan keahlian atau pekerjaan yang sama untuk terlibat aktif dalam diskusi pada bidang yang diminati dan membahas suatu permasalah tertentu.

Baca juga: Cari Tahu Perbandingan Belajar Lewat Bootcamp vs Otodidak

Sama-sama Dapat Ilmu, Ternyata Bootcamp dan Workshop Punya Tujuan yang Berbeda!

Kegiatan bootcamp pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan kamu dalam memasuki dunia kerja melalui materi-materi yang bisa kamu praktikkan langsung. Melalui program ini, kamu dapat dengan mudah fokus dalam hal mengasah hard skill dan soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Meskipun durasi pembelajaran yang relatif singkat, namun melalui program ini kamu dapat lebih mudah untuk mengembangkan keterampilan yang akan berguna bagi pengembangan kariermu.

Sedangkan workshop atau lokakarya biasanya akan menghadirkan narasumber yang akan memaparkan teori atau informasi dan juga pengetahuan terkini kepada pesertanya sesuai dengan bidang pelatihan yang dilaksanakan. Contohnya, topik workshop mengenai "How to Get a Job" yang pernah diselenggarakan oleh MyEduSolve melalui acara Virtual Job Fair 2021.

Baca juga: Rangkaian Acara Virtual Job Fair MyEduSolve Jangkau Lebih Dari 1.000 Talenta Kerja Tersertifikasi

Peserta Program Bootcamp vs Workshop

Peserta yang mengikuti program bootcamp yaitu individu yang belum menguasai keterampilan yang akan dibutuhkan dalam tingkat profesional, khususnya hard skill yang akan dibutuhkan dalam tingkat profesional. Sehingga diharapkan setelah selesai mengikuti program bootcamp, ia bisa menguasai keterampilan yang baru dan belum pernah ia kuasai sebelumnya. Nantinya, keterampilan tersebut bisa diimplementasikan langsung saat bekerja.

Berbeda dengan bootcamp, peserta yang mengikuti kegiatan workshop adalah individu yang minimal sudah cukup menguasai atau bekerja di bidang tertentu. Bisa dikatakan bahwa individu tersebut akan belajar untuk menggali lebih dalam lagi materi yang akan dipelajarinya melalui kegiatan workshop ini.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

Perbedaan Durasi Program Bootcamp dan Workshop

Durasi kegiatan bootcamp biasanya berlangsung selama kurang lebih sekitar 15 minggu. Sedangkan pada sesi workshop, pada umumnya hanya berkisar 1 hari sampai 3 hari, tergantung dari pembahasan atau topik permasalahan yang mereka diskusikan. Durasi pada tiap sesi workshop biasanya akan memakan waktu sekitar 5-9 jam.

Jenis-jenis Bootcamp dan Workshop

Sebelum kamu memulai mengikuti program bootcamp maupun workshop, tentunya kamu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis bootcamp dan workshop berdasarkan format pembelajaran yang terdiri dari:

3 Jenis Bootcamp Berdasarkan Pembelajarannya

1. In-Person
Bootcamp dengan pembelajaran tatap muka secara langsung. Kamu perlu untuk menghadiri kelas tersebut di lokasi kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
2. Online
Program bootcamp ini dilaksanakan secara virtual atau online. Kamu tidak perlu lagi pergi ke lokasi tempatnya, namun kamu hanya perlu device seperti laptop atau komputer dan juga koneksi internet yang stabil.
3. Self-paced Learning
Self-paced learning atau pembelajaran mandiri merupakan model pembelajaran yang memungkinkan peserta untuk belajar kapan saja dan di mana saja secara fleksibel.

Jenis Workshop Berdasarkan Sifatnya

1. Workshop Mengikat
Yaitu jenis workshop yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari workshop tersebut dapat mengikat bagi peserta yang telah hadir.
2. Workshop Tidak Mengikat
Merupakan jenis workshop yang tidak mengikat bagi peserta yang telah hadir. Jadi, apapun hasil dari workshop tersebut tidak wajib untuk diikuti oleh peserta.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa program bootcamp dan workshop baik dari sisi tujuan, peserta, durasi dan jenisnya sudah sangat berbeda. Dengan memahami perbedaan ini, diharapkan kamu bisa lebih mudah untuk memutuskan akan mengikuti program atau kegiatan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga dapat bermanfaat bagi kariermu.

Jika kamu sedang mencari program bootcamp di bidang industri kreatif seperti desain grafis atau ingin menjadi video editor, kamu bisa banget ikutan Adobe Bootcamp 2022 dari MyEduSolve!

Kunjungi Halaman Adobe Bootcamp 2022

Adobe Bootcamp adalah program pelatihan oleh Adobe pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh MyEduSolve. Selain mempelajari technical skill dan soft skill seputar tools-tools Adobe dan kamu juga akan dibimbing dalam persiapan membuat portoflio oleh instruktur yang sudah tersertifikasi, selain itu kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian agar bisa memperoleh sertifikasi resmi dari Adobe Certified Professional, loh!

Baca juga: Informasi Lengkap Adobe Bootcamp 2022

Yuk segera registrasi dan dapatkan potongan diskon 20% khusus bagi kamu yang mendaftar di periode 6-27 Desember 2021 melalui link ini ya!

Article Tag:

Bootcamp,Adobe Bootcamp,Workshop

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Apa Saja Perbedaan Bootcamp dengan Workshop? Berikut Penjelasannya

Posted: Monday, Dec 20, 2021

Updated: Thursday, Jan 20, 2022

Article Tag:

Bootcamp,Adobe Bootcamp,Workshop

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.