Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa itu Creative Thinking

Ketahui apa itu creative thinking dan temukan solusi terbaik melatih soft skill tersebut untuk persiapan terjun dalam dunia kerja.

Posted: Tuesday, Jun 13, 2023

Share:

Apa itu Creative Thinking cover

Creative thinking atau berfikir kreatif, sebuah istilah yang sering kali terdengar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Kemampuan berpikir kreatif telah menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. 

Dalam lingkungan kerja yang terus bertransformasi, kecakapan ini memainkan peran penting dalam menemukan solusi baru, menghadapi tantangan dengan cara yang inovatif, dan menghasilkan ide-ide yang segar.

Keterampilan berpikir kreatif memungkinkan seseorang untuk melampaui batasan-batasan yang konvensional, menghubungkan konsep yang tidak biasa, serta mendorong pengembangan produk dan layanan yang unik. 

Oleh karena itu, dalam menghadapi kompleksitas dan persaingan yang semakin meningkat, kemampuan berpikir kreatif menjadi aset berharga yang membuka peluang dan mengantarkan keberhasilan di dunia kerja. Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut topik mengenai creative thinking atau inovasi kreatif agar kamu makin siap menghadapi dunia kerja.

Baca juga: 7 Contoh Hard Skill Populer dan Paling Dibutuhkan Perusahaan

Jenis-jenis Creative Thinking

Free Association

Menghubungkan ide-ide atau konsep yang tampaknya tidak terkait secara langsung untuk menghasilkan solusi atau gagasan baru.

Brainstorming

Mengumpulkan sebanyak mungkin ide tanpa menghakimi atau menganalisis secara kritis pada tahap awal. Tujuannya adalah mempromosikan keluwesan berpikir dan merangsang kreasi gagasan baru.

Analogi

Menerapkan prinsip atau konsep dari satu konteks ke konteks lain yang mungkin sangat berbeda untuk menghasilkan solusi kreatif. Analogi sering digunakan untuk memperluas sudut pandang dan melihat masalah dengan cara yang baru.

Reverse Thinking

Membalik perspektif atau mencoba melihat masalah dari sudut pandang yang berlawanan untuk mencari solusi alternatif. Dengan melihat kebalikan dari apa yang umumnya diharapkan, dapat muncul solusi yang inovatif.

Mind Mapping

Menggunakan gambaran visual untuk menyusun dan mengorganisasi gagasan. Mind mapping membantu membangkitkan kreativitas dengan memvisualisasikan hubungan dan koneksi antara konsep-konsep yang berbeda.

Design Thinking

Pendekatan yang berpusat pada pengguna untuk mengidentifikasi masalah dan menghasilkan solusi yang inovatif. Menggunakan empat tahapan yaitu Empati, Pengertian, Ideasi, dan Implementasi. Design thinking membantu kita untuk melihat tantangan dengan perspektif baru.

Lateral Thinking

Mencari jalan keluar yang tidak konvensional atau alternatif dalam menghadapi masalah. Pendekatan ini mendorong pemikiran yang di luar solusi biasa dan pemecahan masalah yang kreatif.

Divergent Thinking

Jenis berpikir yang melibatkan menghasilkan sejumlah besar gagasan atau solusi yang beragam untuk suatu masalah. Divergent thinking merangsang pemikiran bebas dan menghindari keterbatasan pemikiran konvensional.

Baca juga: Technical Skill: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Inspirational Thinking

Berpikir yang mendorong seseorang untuk mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti seni, musik, alam, atau pengalaman pribadi, untuk merangsang kreativitas dan menghasilkan ide-ide baru.

System Thinking

Pendekatan berpikir yang melihat masalah atau situasi dalam konteks sistem yang lebih besar. System thinking mempertimbangkan hubungan antara berbagai elemen, dampak jangka panjang, dan efek domino dalam menghasilkan solusi yang holistik.

Aesthetic Thinking

Menggunakan penilaian estetika dan keindahan sebagai panduan dalam berpikir kreatif. aesthetic thinking menghargai nilai-nilai seni, simetri, rasa harmoni, dan keindahan visual dalam merancang atau menghasilkan sesuatu.

Communication

Kemampuan untuk menyampaikan ide-ide dengan jelas dan efektif kepada orang lain. Kemampuan komunikasi yang baik mendukung berbagi ide, kolaborasi, dan menginspirasi orang lain dalam proses berpikir kreatif.

Organization

Kemampuan untuk mengorganisir dan mengatur ide-ide secara sistematis. Kemampuan ini membantu menjaga alur berpikir yang terstruktur dan memfasilitasi pengembangan ide-ide dengan lebih efisien.

Open-Minded

Sikap terbuka terhadap ide dan gagasan baru, sudut pandang alternatif, dan pendekatan yang berbeda dapat mengintegrasikan informasi yang beragam, dan berpikir secara fleksibel. Hal ini bisa berdampak baik pada tingkat kreativitas seseorang.

Problem-Solving

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebabnya, dan menghasilkan solusi yang efektif. Pemecahan masalah melibatkan pemikiran kritis, pemikiran lateral, dan kemampuan menghadapi tantangan dengan cara yang kreatif.

Baca juga: Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan

Creative Thinking di Dunia Kerja

Kemampuan creative thinking di dunia kerja sangatlah dibutuhkan terutama dalam pengembangan karir. Dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk berfikir secara luas dan dengan ide kreatif bisa untuk menyelesaikan masalah. 

Perusahaan tidak mempekerjakan orang orang kreatif hanya untuk bekerja secara efektif, tapi juga membantu memberikan solusi dari sebuah masalah yang ada. Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, berpikir kreatif menjadi keterampilan yang sangat berharga. 

Perusahaan cenderung mencari karyawan yang dapat berpikir dengan sudut pandang yang berbeda dan memberikan kontribusi berharga dalam inovasi, problem-solving, dan pengembangan perusahaan

Maka dari itu, orang-orang yang memiliki kemampuan dalam berpikir kreatif sangat disorot oleh para pencari bakat di sebuah perusahaan. Singkatnya, kemampuan creative thinking akan sangat membantu kamu untuk melesat dan lebih berkembang di dunia kerja.

Jika kalian merasa kemampuan creative thinking ini belum terasah, ada beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk mengasah kemampuan creative thinking.

Tips Mengasah Creative Thinking Skill

Berikut adalah beberapa tips untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif (creative thinking skill):

Latihan Brainstorming

Sediakan waktu untuk melakukan sesi brainstorming secara teratur. Ajak orang lain atau lakukan sendiri, dan jangan batasi diri dengan aturan atau kriteria tertentu. Biarkan gagasan-gagasan mengalir tanpa dihakimi terlebih dahulu.

Kamu dapat memperkaya inspirasi melalui berbagai bidang, seperti seni, musik, alam, budaya. Mengunjungi museum, membaca buku, hingga scrolling media sosial. Gunakan teknik-teknik kreatif seperti mind mapping, atau analisis analogi untuk memperluas cara berpikir dan menghasilkan ide-ide baru.

Latih Divergent Thinking

Latih kemampuan untuk berpikir divergen dengan mengajukan pertanyaan "what if" dan mencoba menghasilkan sebanyak mungkin solusi atau alternatif untuk suatu masalah. Jangan takut untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Tentang asumsi-asumsi yang ada dan cari sudut pandang alternatif untuk mendapatkan wawasan baru.

Kerjasama Tim

Diskusikan ide-ide dengan orang lain dan buka ruang untuk memperoleh perspektif dan masukan dari mereka. Berkolaborasi dengan individu yang memiliki latar belakang dan pendapat yang berbeda dapat merangsang kreativitas.

Keluar dari Zona Nyaman

Coba eksplorasi hal-hal baru yang mungkin tidak biasa. Keluar dari rutinitas sehari-hari dapat membuka pintu untuk melihat dan mencoba hal-hal baru yang dapat memicu ide-ide kreatif. Perhatikan dan amati detail-detail kecil, lalu latih kemampuan untuk melihat hal-hal yang sering terlewatkan dan membuat asosiasi antara hal-hal yang tampaknya tidak terkait.

Ambil Risiko

Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengambil risiko dalam mengembangkan ide-ide. Kreativitas seringkali muncul dari keberanian untuk menghadapi ketidakpastian. Terima bahwa tidak semua ide akan berhasil. Mengembangkan toleransi terhadap kegagalan dapat menumbuhkan ide baru yang mungkin lebih brilian.

Kesulitan dalam melatih creative thinking secara otodidak? Ikuti program Intuit Design for Delight Innovator. Dengan mengambil program sertifikasi tersebut kamu akan berlatih inovasi kreatif. Kamu akan belajar tidak hanya memenuhi ekspektasi tapi mengembangkan pola pikir melebihi ekspektasi untuk menyenangkan pelanggan. Dengan begitu kamu akan memiliki pondasi kuat untuk sukses dalam meniti karir.

[DAPATKAN SERTIFIKASI SEKARANG]


Reference:

https://alcleadershipmanagement.com/creative-thinking-arti-manfaat/

https://blog.skillacademy.com/creative-thinking-adalah

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-creative-thinking-jenis-dan-cara-melatih/

https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-creative-thinking-dan-contoh-keterampilannya


Related Tags

creative thinking
berfikir kreatif

1,551

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.