Apa itu Brainstorming dan Cara Melakukannya

Apa itu brainstorming dan bagaimana cara melakukannya? Simak informasi selengkapnya bersama MyEduSolve agar kamu semakin mampu mengembangkan diri dengan baik.

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

Apa itu Brainstorming dan Cara Melakukannya cover

Jika ditanya apa itu brainstorming, maka apa jawaban kamu? Kata brainstorming memang sudah tidak terasa asing lagi. Fungsinya juga sangat bagus untuk mencari solusi dari suatu masalah atau membuat strategi tertentu dalam berbagai hal. Jadi, apa itu brainstorming dan bagaimana cara melakukannya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama MyEduSolve.

Apa itu Brainstorming?

Secara garis besar, brainstorming adalah teknik atau cara untuk mengumpulkan ide dalam mencari solusi dari suatu masalah. Masing-masing orang yang mengikuti aktivitas brainstorming dapat memberikan pendapat mereka agar bisa semakin banyak cara dalam menyelesaikan masalah tersebut. 


Dari segi penjelasannya saja sudah cukup jelas tentang brainstorming itu sendiri. Namun jika dilihat lebih dalam, tujuan brainstorming adalah memecahkan masalah dengan dukungan setiap anggota kelompok untuk menemukan ide dari permasalahan itu agar lebih cepat selesai. 


Dalam kehidupan kamu, khususnya di dunia pendidikan dan kerja, pasti sudah pernah menjalankan aktivitas brainstorming ini. Sebenarnya dengan mengikuti brainstorming maka kamu bisa mengembangkan cara berpikir yang kritis serta keberanian dalam mengemukakan pendapat sekaligus diskusi. Hal-hal tersebut memang tidak selamanya mudah dilakukan. Terkadang ada orang yang takut untuk mengemukakan pendapatnya serta masih belum memiliki cara berpikir kritis. 

Baca Juga: 10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

Kamu sudah tahu penjelasan tentang brainstorming dan tujuannya. Sekarang waktunya mengenal cara melakukan brainstorming itu sendiri.

Cara Melakukan Brainstorming

Ada beberapa cara untuk melakukan brainstorming. Cara-cara ini dapat kamu coba agar proses brainstorming menjadi lebih lancar, khususnya bagi yang baru pertama kali melakukannya.

1. Tentukan Tujuan Brainstorming

Langkah pertama untuk melakukan brainstorming adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Contohnya adalah cara apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas acara tahunan perusahaan. Dari sana, maka proses brainstorming menjadi lebih lancar lagi tanpa ada diskusi di luar jalur.

2. Seluruh Anggota Harus Siapkan Diri

Benar sekali, setiap anggota yang ikut brainstorming harus memahami bahwa mereka ikut diskusi ini dengan tujuan sama. Jadi cara berpikir yang dibawa ke dalam brainstorming bisa menjadi lebih jelas. Mereka juga dapat memikirkan ide atau gagasan sesuai tujuan brainstorming terlebih dahulu jadi semakin mengikuti diskusi.


Baca Juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Gap Year Biar Lebih Produktif

3. Pilih Seseorang Sebagai Moderator

Harus ada satu orang sebagai moderator atau pemimpin agar proses brainstorming berjalan lebih mulus. Setiap anggota harus menghormati dan mengikuti aturan moderator. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak sesuai aturan moderator dalam diskusi karena dapat membuat proses brainstorming menjadi tidak lancar.

4. Laksanakan Diskusi

Sekarang waktunya memulai diskusi. Masing-masing anggota sebaiknya mengeluarkan ide dan gagasan secara berurutan. Jadi proses brainstorming berjalan teratur.

5. Jauhi Hal-Hal Berbau Kritikan

Terkadang ketika mendengar ide dan gagasan orang lain, ada saja niat untuk mengkritiknya. Namun hal itu tidak dianjurkan karena dapat mengurungkan niat anggota lain mengeluarkan ide-idenya. Selain itu bisa memunculkan perdebatan juga sehingga tujuan akhir brainstorming sulit tercapai dengan mudah.

6. Catat dan Simpulkan Hasil Akhir

Terakhir, moderator harus mencatat semua ide yang diberikan masing-masing anggota. Kemudian berikan kesimpulan untuk rencana tindakan setelah brainstorming ini. Tentunya yang selaras dengan tujuan awal.


Jadi itulah penjelasan tentang apa itu brainstorming. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dalam mencari solusi, sekaligus menjadi ajang pengembangan diri dalam mengemukakan ide sendiri tanpa harus takut dikritik orang lain. 


Selain dengan cara brainstorming, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan diri sendiri dengan melihat berbagai program dari MyEduSolve yang dapat dicoba, termasuk Webinar yang bisa kamu tonton secara gratis. Ditambah lagi tersedia berbagai program lainnya yang dapat kamu coba. Dengan program sertifikat kamu bisa meningkatkan skill menjadi lebih baik. Kunjungi MyEduSolve untuk mendapatkan informasi lebih lanjut sekarang juga.

Article Tag:

apa itu brainstorming

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Apa itu Brainstorming dan Cara Melakukannya

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

Article Tag:

apa itu brainstorming

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.