Apa Arti Self Healing dan Cara Melakukannya

Mari ketahui apa itu self healing dan bagaimana cara melakukannya!

Posted: Thursday, Nov 24, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Thursday, Nov 24, 2022

Share:

Apa Arti Self Healing dan Cara Melakukannya cover

Apakah kamu merasa kesehatan mentalmu memburuk, sehingga berdampak negatif kepada kegiatan sehari-hari? Sekarang ini, anak muda sudah lebih sadar tentang pentingnya kesehatan mental. Mereka juga sudah mengetahui cara untuk menjaga kesehatan mental sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan self healing.


Kata self healing mungkin sudah tidak terdengar asing bagi kamu. Namun, apakah kamu sebenarnya sudah mengerti definisi dan cara self healing yang benar? 


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskannya untuk kamu. Oleh karena itu, simak penjelasannya di bawah ini.


Apa Itu Self Healing?

Menurut Berkeley Well-Being Institute, self healing adalah sebuah proses pemulihan dari kesehatan dan emosional yang buruk. 


Biasanya, proses pemulihannya mencakup dari hal-hal seperti trauma, stres, depresi, serta kecemasan yang sudah terjadi dalam waktu yang lama.


Setiap orang bisa melakukan self healing karena dapat membantu untuk berjuang melewati sisa-sisa tantangan fisik dan emosional masa lalu.


Maka dari itu, self healing mempunyai manfaat yang besar jika dilakukan dengan baik dan benar.


Baca juga: 5 Langkah Perencanaan Karir untuk Masa Depan Lebih Sukses


Cara Melakukan Self Healing

Melakukan self healing yang baik dan benar membutuhkan proses yang panjang dan tidak instan. Untuk itu, berikut adalah lima cara agar bisa melakukannya menurut Whole Fully:


  1. Lakukan me time

Me time adalah memberikan waktu luang untuk diri sendiri dengan kegiatan yang kamu senangi.


Kamu bisa melakukan hobi atau sekedar relaksasi ke sebuah tempat adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat diri jadi lebih rileks serta nyaman.


  1. Mulai meditasi

Kamu bisa memulai meditasi di ruangan yang sepi dan tenang agar bisa terasa manfaatnya seperti meningkatkan fokus, kesadaran diri, hingga mengurangi pikiran negatif.


Sebagai contoh, kamu bisa memulainya dengan matikan lampu kamar, ambil posisi yang menurutmu nyaman, letakkan kaki di tanah, ambil napas dalam-dalam, dan kemudian hembuskan perlahan.


  1. Selalu ambil sisi positif di masa lalu

Apakah kamu sering menyesali perbuatan yang dilakukan di masa lalu? Mulai sekarang, coba untuk melatih melihat sisi positifnya.


Penyesalan akan membuatmu jadi berpikir berlebihan yang nantinya bisa membuat stres. Alangkah lebih baik untuk memulai belajar dari masa lalu agar kedepannya tidak akan terulangi lagi.


Baca juga: Multipotentialite: Definisi dan Ciri-Ciri yang Melekat


  1. Menulis jurnal

Kegiatan ini dapat memberikan manfaat seperti meringankan beban pikiran serta memberikan suatu pandangan yang baru.


Kamu bisa memulainya cukup dengan meluangkan 10-15 menit setiap hari dengan menuliskan apa yang kamu rasakan pada momen itu juga.


  1. Cari kegiatan positif

Terakhir, kamu bisa mencari kegiatan positif yang bisa berdampak secara baik ke kondisi mentalmu.


Sebagai contoh, kegiatan seperti berkebun, membaca buku, mendengarkan musik, dan yang lainnya bisa berdampak positif untuk mental kamu.


Demikian penjelasan tentang self healing, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar karier dan kesehatan mental namun bingung harus cerita ke siapa, bisa kamu tanyakan langsung secara anonim lewat #TalkToDIAN, ya!

Article Tag:

Self Healing

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Articles Info

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Apa Arti Self Healing dan Cara Melakukannya

Posted: Thursday, Nov 24, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Self Healing

Category:

Pengembangan Diri

Share:

57

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.