Adobe Akuisisi Figma, Sebuah Kolaborasi yang Menakjubkan?

Yang dulunya adalah “lawan”, ternyata sekarang jadi “kawan”. Lalu, apakah alasan Adobe mengakuisisi Figma? Berikut penjelasannya!

Posted: Tuesday, Sep 20, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Tuesday, Sep 20, 2022

Share:

Adobe Akuisisi Figma, Sebuah Kolaborasi yang Menakjubkan? cover

Beberapa waktu yang lalu, Adobe resmi mengeluarkan pernyataan bahwa mereka telah membeli Figma–yang merupakan kompetitornya–melalui press release pada website  mereka. "Bersama-sama, Adobe dan Figma akan menata ulang masa depan kreativitas dan produktivitas, mempercepat kreativitas di web, memajukan desain produk, dan menginspirasi komunitas global pencipta, perancang, dan pengembang," kata Adobe dalam siaran persnya

Penjelasan lebih lanjut dapat kamu simak pada artikel berikut ini!

Apa itu Figma?

Figma adalah salah satu tool desain yang didirikan oleh Dylan Field dan Evan Wallace pada tahun 2012 dan biasa digunakan untuk mendesain tampilan sebuah website. Desain yang telah kamu buat melalui Figma, telah terhubung dengan cloud dan bisa kamu akses kapan pun di mana pun asalkan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, Figma juga dapat  digunakan untuk menyunting foto dengan basic editing dan fitur-fitur yang tergolong dasar.

Kenapa Adobe Mengakuisisi Figma?

Dalam keterangan pers yang dirilis Adobe, mereka menyatakan bahwa, “Kombinasi Adobe dan Figma adalah transformasional dan akan mempercepat visi kami untuk kreativitas kolaboratif.” Adobe menyebutkan beberapa poin yang ingin dikembangkan bersama Figma. Beberapa poin tersebut adalah Adobe bersama Figma akan terus mendorong perkembangan dunia digital kreatif berbasis kolaborasi melalui percepatan kreativitas di web, memajukan desain produk, serta pemberdayaan komunitas desainer dan developer.

Kapan Adobe membeli Figma?

Adobe mengumumkan bahwa mereka telah secara resmi mengakuisisi Figma melalui keterangan pers yang dipublikasi pada hari Kamis, 15 September 2022.

Baca juga: Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!

Berapa Biaya yang Dikeluarkan Adobe untuk ‘Membeli’ Figma?

Adobe menyatakan telah mengakuisisi Figma senilai 20 miliar USD atau setara dengan Rp. 298 triliun (dengan nilai tukar Rp. 14.950). Transaksi akuisisi diperkirakan akan selesai pada 2023, tergantung pada perizinan dan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Adobe Photoshop: Panduan dan 5 Tools Andalannya

Untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari bidang desain, kamu bisa mulai belajar berbagai tools miliki Adobe pada Adobe Certified Professional Program di MyEduSolve dan mendapatkan sertifikat berstandar internasional untuk persiapan karier kamu di masa depan. Dapatkan juga akses PRE-TEST GRATIS untuk menguji pengetahuan kamu!

Article Tag:

adobe akuisisi figma

Category:

Teknologi

Written By

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Articles Info

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Adobe Akuisisi Figma, Sebuah Kolaborasi yang Menakjubkan?

Posted: Tuesday, Sep 20, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

adobe akuisisi figma

Category:

Teknologi

Share:

662

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.