Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

7 Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator untuk Pemula!

Pada artikel ini kita akan belajar Adobe Illustrator dan langkah-langkah membuat logo dengan tools Adobe Illustrator. Simak penjelasan selengkapnya!

Posted: Monday, Oct 24, 2022

Share:

7 Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator untuk Pemula! cover

Adobe Illustrator adalah program yang sudah tidak asing lagi digunakan oleh para logo designer. Selain dengan Adobe Photoshop, kamu juga bisa mendesain logo dengan menggunakan Adobe Illustrator. Meskipun begitu, ada beberapa tools pada keduanya yang mempunyai kemiripan fungsi tapi dengan beda nama. Kamu juga perlu untuk mengenali shortcut Adobe Illustrator yang dapat membantu mempercepat proses pengerjaan logo.

Yuk, kita mulai saja belajar Adobe Illustrator untuk mendesain sebuah logo!

Langkah-Langkah Membuat Logo dengan Adobe Illustrator

  1. Membuat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru kamu bisa klik Menu File > New. Cara lain untuk membuat dokumen baru bisa kamu lakukan dengan shortcut (CTRL+N).

  1. Menyesuaikan Nama, Ukuran dan Orientasi Dokumen

Setelah itu akan muncul tampilan jendela yang berisi nama dokumen rasio dan orientasi kanvas sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Gambar Sketsa Logo dengan Bentuk-Bentuk Dasar

Dengan adanya sketsa logo, kamu akan lebih mudah dalam mengembangkan ide dari desain logo yang ingin kamu buat. Untuk membuat bentuk-bentuk dasar pada Adobe Illustrator, kamu dapat menggunakan Shape Tools atau dengan beberapa shortcuts di bawah ini:

  • Rectangle Tool (M)

  • Ellipse Tool (L)

  • Line Segment Tool (\)

  1. Membuat Outline Logo

Untuk membuat bentuk outline yang bulat sempurna, tekan tombol Shift pada keyboard selagi kamu menyesuaikan ukuran bentuk yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menghilangkan Fill pada bentuk yang telah kamu buat agar yang ditampilkan hanya outline dari bentuk tersebut saja.

  1. Gunakan Shape Builder Tool (Shift+M) untuk Bentuk Logo yang Kompleks

Langkah ini bersifat opsional saja, jika kamu masih sangat pemula dalam mengoperasikan Adobe Illustrator kamu bisa membuat logo dengan bentuk sederhana saja yang terdiri dari gabungan beberapa bentuk-bentuk dasar. Sedangkan Shape Builder Tool, bisa kamu gunakan saat ingin membuat bentuk logo dari perpotongan beberapa bentuk yang telah kamu buat.

Baca juga: Ingin Bekerja sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal Ini dari Sekarang!
  1. Pewarnaan Logo Menggunakan Tools Color Picker

Untuk memunculkan jendela Color Picker, kamu hanya perlu double click pada kolom Fill yang terletak di samping kiri. Sesuaikan warna yang kamu inginkan dengan menggeser kursor yang tersedia, lalu tekan OK.

  1. Tambahkan Teks pada Logo dengan Type Tool (T)

Keberadaan teks pada sebuah logo bisa dibilang sangat penting karena teks pada logo akan membantu mempermudah siapapun yang melihat logo untuk kemudian mengingatnya. Apabila kamu ingin menambahkan teks pada logo, kamu bisa klik Type Tool yang ada pada toolbar atau juga bisa dengan menekan tombol (T) pada keyboard


Itulah dia langkah-langkah dalam membuat logo sederhana menggunakan Adobe Illustrator yang bisa kamu praktikan saat belajar membuat logo. Dengan berlatih lebih sering dalam menggunakan tools yang ada, akan membuat kamu lebih cepat dan menghafal lebih banyak shortcuts yang berguna dalam mempercepat pengerjaan desain-desain kamu lainnya.

Baca juga: 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik dan Dilirik Rekruter

Validasi kemampuan yang kamu miliki dalam visual design dengan Adobe Illustrator dengan mendaftar Graphic Design & Illustration using Adobe Illustrator Certification Program di MyEduSolve sekarang juga!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

7 Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator untuk Pemula!

Posted: Monday, Oct 24, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Adobe Illustrator

11,028

Recommended Articles

Relevant Certifications

Graphic Design & Illustration using Adobe Illustrator Certification

Rp 0