Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Skill ini Membantu Kamu Untuk Bekerja Profesi Sebagai IT

Ketahui 5 skill paling banyak dicari perusahaan untuk kamu yang ingin menjadikan profesi IT sebagai mata pencarian.

Posted: Thursday, Sep 14, 2023

Share:

5 Skill ini Membantu Kamu Untuk Bekerja Profesi Sebagai IT cover

Di era digital yang setiap harinya berkembang semakin pesat seperti saat ini hampir seluruh orang adalah pengguna aktif informasi dan teknologi. Dengan banyaknya pengguna teknologi seperti saat ini maka akan muncul juga profesi-profesi yang dibutuhkan untuk mengatur kelancaran jalannya kegiatan digitalisasi tersebut. Permintaan untuk para ahli dalam profesi IT juga semakin banyak dibutuhkan, selain itu upah kerja yang ditawarkan untuk profesi dibidang ini juga cukup fantastis.

Untuk menjadi seorang profesional di bidang IT kita harus bisa menguasai setidaknya satu skill yang dibutuhkan oleh pasar. Nah, apa saja sih skill di bidang teknologi dan informasi yang banyak dibutuhkan saat ini? Berikut adalah 5 skill untuk profesi IT yang paling banyak dibutuhkan.

5 Skill Paling Dibutuhkan untuk Profesi IT

Full Stack Development

Full stack development merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam mengembangkan sistem atau aplikasi mulai dari perancangan user interface, pembuatan sistem logic dari berbagai bahasa pemrograman, manajemen database, hingga testing user experience. Seorang Full Stack Development merangkap dua sisi penting dalam membangun sebuah website atau aplikasi, diantaranya bertanggung jawab dalam menyelesaikan front-end dan juga back-end. Seorang full stack developer wajib menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman, seperti javascript, php, database, java (back-end) dan juga dapat mengkoordinasikan desain ke dalam pemrograman seperti HTML, CSS, XML(front-end).

Data Analyst/Science

Di era big data seperti saat ini, hampir semua industri mulai dari industri keuangan, kesehatan, pendidikan, bahkan jasa harus bisa menyimpan data konsumen dengan baik dan aman. Data dari sangat banyak tersebut mengharuskan adanya seseorang dengan kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data menjadi sangat penting. Penguasaan bahasa pemrograman seperti Python, dan penguasaan alat analisis data seperti SQL dan Pandas, serta pemahaman statistik merupakan skill yang harus dikuasai apabila ingin menjadi seorang data analyst. Seorang data analyst ditugaskan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan berdasarkan data pengguna.

Baca juga : Profesi Primadona di Bidang Data: Data Analyst dan Data Scientist

Cybersecurity

Dengan banyaknya data konsumen, maka semakin banyak pula data penting yang bersifat privasi. Privasi data konsumen sudah seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menjaganya. Meningkatnya ancaman keamanan siber dan kerentanan terhadap serangan dan kebocoran data pada era digital, mengharuskan adanya seorang ahli keamanan siber, yang bisa membantu menjaga data dan privasi konsumen. Skill dalam mengidentifikasi kerentanan, mengamankan jaringan dan sistem, serta penanganan ketika terjadi kebocoran keamanan merupakan keahlian yang dicari dan harus dimiliki oleh seorang Cybersecurity. Profesi ini sangat banyak dibutuhkan dan masih sangat sedikit sumber daya yang capable di Indonesia.

Mobile App Development

Gadget atau telepon pintar saat ini adalah barang wajib yang digunakan oleh semua orang. Hal ini membuat semakin bervariasi juga kebutuhan masyarakat terhadap aplikasi. Seorang mobile app development adalah seorang ahli yang bertugas sebagai pengembang atau pembuat aplikasi yang berbasis mobile (handphone, tablet & digital assistants). Dan seorang developer harus memiliki pengetahuan tinggi terhadap berbagai bahasa pemrograman, perbaikan terhadap bugs dan lain sebagainya.


Baca jugaIngin Jadi Web Programmer? Ini Yang Harus Kamu Lengkapi Agar CV Lebih Menarik!

Artificial Intelligence

Seperti yang kita ketahui dan saat ini tengah ramai diperbincangkan adalah tercipta teknologi AI, yaitu sebuah pembelajaran mesin dengan kecerdasan buatan yang sangat canggih. Meski dinilai mampu mengerjakan tugas dengan lebih cepat dan akurat daripada manusia, akan tetapi Artificial Intelligence juga masih memerlukan manusia untuk maintenance. Kemampuan untuk mengembangkan model pembelajaran mesin, pemahaman tentang deep learning, dan penerapan teknik kecerdasan buatan dalam analisis data menjadi skill yang sangat dicari saat ini.

 

Nah, itu dia keahlian-keahlian yang paling banyak dicari oleh perusahaan saat ini utamanya untuk profesi IT. Memiliki satu dari 5 skill diatas akan membantumu memperoleh pekerjaan dengan gaji fantastis.

Kamu seorang fresh graduate? dan ingin menambah keahlian di bidang IT? kamu bisa mengambil sertifikasi keahlian di MyEduSolve untuk belajar lebih dalam dan meningkatkan kompetensi diri untuk persiapan karir dengan memahami sepenuhnya keterampilan dan pengetahuan dasar IT melalui sertifikasi Spesialis IT.

Di MyEduSolve kamu bisa memilih sendiri pendalaman skill apa yang ingin kamu pelajari. Dengan bekal keahlian teknologi dan diperkuat dengan sertifikasi dari MyEduSolve peluang karir-mu di bidang IT akan sangat terbuka lebar. Tunggu apa lagi daftarkan dirimu sekarang juga, dan dapatkan harga penawaran terbaik!


Referensi: 

https://inixindojogja.co.id/4-skill-it-untuk-menunjang-karier/

https://glints.com/id/lowongan/skill-it-2021/

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230206114606-33-411298/7-skill-bidang-it-paling-dicari-gajinya-rp18-juta-per-jam


Related Tags

IT Specialist
Pekerjaan IT
bidang IT profesional

722

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.