Xixillia Sunaryo Meraih 2 Penghargaan Internasional di Adobe Certified Professional World Championship

Indonesia berhasil juara lagi di Adobe World Championship yang digelar di Anaheim, California pada 24-27 Juli 2022.

Posted: Monday, Aug 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

| Posted: Monday, Aug 15, 2022

Share:

Xixillia Sunaryo Meraih 2 Penghargaan Internasional di  Adobe Certified Professional World Championship cover

Xixillia Sunaryo, mahasiswi Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, perwakilan Indonesia pada Adobe Certified Professional World Championship berhasil menyabet 2 penghargaan, 4th Place Winner & People’s Choice Award. Adobe Certified Professional World Championship dilaksanakan pada 24-27 Juli 2022 di Anaheim, California. Pada tahun ini, Adobe World Championship diikuti sebanyak 238.000 peserta dari seluruh dunia dan berhasil meraih 22 finalis. 


Dari Kecil Udah Hobi Gambar

Bakat menggambar Xixil ternyata sudah muncul sejak kecil. Ketertarikannya pada menggambar semakin tinggi hingga saat di bangku SMA, Xixil mulai belajar desain menggunakan Photoshop. “Sejak kecil udah senang banget bikin gambar manga, Nah pada saat SMP sempat ikut les gambar wajah manusia.”, ujar Xixil saat ditanya mengenai alasan memilih Adobe Championship.


The Ocean Agency Jadi Real Client Adobe World Championship

Tahun ini, Certiport menggandeng The Ocean Agency sebagai real client pada Adobe Certified Professional World Championship. Peserta diminta untuk membuat poster dengan pesan dukungan konservasi terumbu karang dan aksi iklim bersama organisasi COP27. “Setiap peserta diberi waktu selama 8 jam untuk membuat poster. Di dalam 8 jam itu udah termasuk penjelasan design brief oleh The Ocean Agency selama kurang lebih 1 jam dan lunch break selama 45 menit.”


Poster Seakan Menarik Penglihat Untuk Masuk ke Dasar Laut

Dalam membuat posternya, Xixil ingin mengajak setiap penikmat posternya untuk merasakan kehidupan bawah laut, di mana terumbu karang dan ikan-ikan kecil hidup berdampingan. “Di bagian judul utama See the World, aku buat transparan biar seakan kita langsung lihat ke air. Aku juga buat dimensi dari paling terang ke gelap buat di area terumbu karang, aku tambahkan juga banyak ikan yang menunjukkan bahwa terumbu karang adalah tempat tinggal ikan-ikan itu.”, kata Xixil saat diwawancara terkait poster yang dibuatnya.


Menjadi 4th Place Winner & People’s Choice Award

Xixil mengaku bahwa awalnya ia merasa tak pede dengan hasil akhir karena beberapa kali mengalami kesulitan saat membuat poster. Namun nyatanya ia berhasil membawa pulang 2 penghargaan internasional, 4th Place Winner & People’s Choice Award. “Strategi yang aku gunakan selama lomba sesuai yang diajarin sama Kak Adi, pertama riset dulu sesuai dengan discover, define, ideate, implement.”, ujar Xixil saat ditanya tentang strategi kompetisi.


Adi Nugroho, mentor Xixil selama persiapan menuju World Championship, berkata bahwa dirinya tidak kaget bahwa Xixil menjadi People’s Choice Award karena poster yang Xixil buat sudah menggunakan perhitungan yang tepat. “Xixil ini kan basic-nya anak eksak, ilmu hitung, jadi selama persiapan kurang lebih 3 bulan ini saya maksimalkan semua pada hitungan. Membuat desain itu perlu perhitungan juga lho dan Xixil unggul disitu. Di samping itu, Xixil ini juga seorang seniman, dia jago gambar.”, kata Adi saat ditanya tanggapannya tentang kemenangan Xixil.


Siap menjadi juara selanjutnya dan membawa nama Indonesia ke panggung internasional? Ikuti terus berita-berita terkini seputar MyEduSolve di instagram @myedusolve.


Article Tag:

adobephotoshopdesigndesainkreatif

Category:

Inspirasi

Written By

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

Articles Info

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

Xixillia Sunaryo Meraih 2 Penghargaan Internasional di Adobe Certified Professional World Championship

Posted: Monday, Aug 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

adobephotoshopdesigndesainkreatif

Category:

Inspirasi

Share:

325

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.