Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Teknik Pomodoro: Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya!

Teknik Pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang dapat membantu kamu untuk fokus mengerjakan sesuatu dalam interval waktu tertentu. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Nov 01, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Teknik Pomodoro: Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya! cover

Kalau kamu sering kesulitan berkonsentrasi saat belajar atau bekerja, mungkin kamu perlu menerapkan teknik pomodoro yang diyakini efektif meningkatkan produktivitas kerja. Apakah benar teknik pomodoro ini efektif?

Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini yang akan mengupas tuntas fakta-fakta tentang teknik pomodoro. Baca sampai akhir, ya!

Pengertian Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro adalah metode manajemen waktu berdasarkan rentang waktu untuk fokus selama 25 menit dan istirahat 5 menit yang diulang sebanyak empat kali. Rentang waktu istirahat akan dinaikkan menjadi 15 menit dan 30 menit setiap melakukan empat kali metode pomodoro.

Berasal dari bahasa Italia pomodori yang artinya tomat, teknik ini pertama kali diperkenalkan tahun 1980-an oleh Francesco Cirillo. Pada waktu itu ia masih mahasiswa dan sedang belajar mengelola waktu untuk mengatur jadwal belajarnya.

Berlandaskan dari niatnya itu, ia mencoba menggunakan pengatur waktu berbentuk tomat. Pada awal eksperimen, Cirillo menerapkan rentang waktu kerja yang berbeda. Mulanya ia fokus belajar dimulai dari dua menit dan diperpanjang menjadi satu jam.

Eksperimen awal dinilai kurang efektif karena ia menyadari jika terlalu lama berkutat pada tugas. Lalu, ia mengubah interval waktunya dari satu jam menjadi 25 menit sebagai waktu yang optimal untuk produktif.

Dari eksperimen yang ia lakukan, Cirillo meyakini jika manajemen waktu tidak terlalu sulit. Dengan menerapkan teknik pomodoro, kamu akan terlatih untuk berfokus pada tugas dan belajar secara maksimal dengan memberi batas waktu.

Tujuan teknik pomodoro ini untuk mempertahankan fokus, mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, dan menghalau rasa malas yang jelas menghambat produktivitas.

Baca juga: Teknik Pomodoro: Mengenal Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat Menerapkan Teknik Pomodoro untuk Belajar dan Bekerja

Ternyata banyak manfaat yang akan kamu rasakan jika menerapkan teknik pomodoro ini yang akan dirangkum sebagai berikut:

  1. Mendorong Otak untuk Lebih Fokus dalam Belajar atau Bekerja

Dengan adanya pembatasan waktu untuk produktif, dapat mendorong otak untuk tetap fokus belajar dan menyelesaikan pekerjaan tanpa terdistraksi oleh hal lain. Terutama handphone, media sosial, atau hal lainnya.

  1. Mencegah Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dapat diatasi secara efektif oleh teknik pomodoro ini. Sebab, sering kali orang menunda-nunda pekerjaan karena merasa terbebani dan terbayang-bayang oleh banyaknya pekerjaan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Dengan menerapkan teknik ini, pekerjaanmu jadi lebih terorganisir karena tugas dipecah menjadi beberapa bagian yang lebih mudah ditangani satu persatu dalam interval waktu 25 menit.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Produktivitas terhambat seringkali diakibatkan oleh kebiasaan menunda pekerjaan dan konsentrasi terpecah. Untungnya teknik pomodoro dapat membantu memanfaatkan waktu secara efisien untuk mencapai tujuan dengan menerapkan fokus belajar selama 25 menit dan istirahat 5 menit dan dilakukan secara berulang.

  1. Mengurangi Stres dan Cemas

Deadline yang semakin dekat sering membuat cemas dan stres. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan teknik pomodoro. Sebab, metode ini bisa membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dan belajar secara efektif. Jika pekerjaan sudah tuntas, tentu kamu tidak akan merasakan stres dan cemas lagi.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Agar Kamu Kembali Produktif Setelah Libur Lebaran

Lima Proses Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro mencakup lima proses dalam pengelolaan waktu agar bisa memanfaatkan waktu secara maksimal dan produktif yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Proses Internal Pomodoro (Pomodoro Internal Process), difokuskan untuk mengatur waktu efektif demi meningkatkan produktivitas.

  2. Proses Inti Pomodoro (Pomodoro Core Process), difokuskan untuk menyelesaikan tugas dan belajar dengan sedikit usaha.

  3. Proses Harian Pomodoro (Pomodoro Daily Process), difokuskan untuk menetapkan rutinitas harian, meningkatkan proses kerja sehari-hari, dan menyelesaikan semua pekerjaan secara efektif.

  4. Proses Mingguan Pomodoro (Pomodoro Weekly Process), difokuskan untuk mengatur aktivitas mingguan secara efektif.

  5. Proses Tim Pomodoro (Pomodoro Team Process), difokuskan untuk mengelola tim.

Cara Mempraktekkan Teknik Pomodoro

Lalu, bagaimana cara mempraktekkan teknik pomodoro? Caranya cukup mudah, kok, kamu tinggal ikuti instruksi di bawah ini.

  1. Tentukan dulu tugas yang ingin kamu kerjakan.

  2. Pasang timer dengan waktu 25 menit.

  3. Fokus mengerjakan tugas hingga timer berbunyi.

  4. Pasang timer selama 5 menit untuk istirahat.

  5. Setelah istirahat, ulangi lagi langkah nomor 2 hingga empat kali.

  6. Apabila kamu sudah mengulang teknik pomodoro sebanyak empat kali, ambil istirahat lebih panjang 15-30 menit. Kamu bisa ulangi teknik ini dari awal hingga tugas selesai.

Supaya hasilnya maksimal, lakukan beberapa tips berikut ketika kamu menerapkan teknik pomodoro:

  • Gunakan timer untuk membantu kamu memastikan jika kamu tidak melebihi waktu yang ditentukan.

  • Sebelum mulai menjalankan teknik pomodoro, tentukan dulu tugas yang hendak dikerjakan. Dari situlah kamu bisa memperkirakan berapa banyak interval pomodoro yang kamu perlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.

  • Sebaiknya tugas yang kamu kerjakan dipecah menjadi beberapa bagian, sehingga kamu bisa lebih mudah membaginya ke dalam rentang waktu pomodoro dan pekerjaanmu pun tanpa sadar akan lebih cepat selesai.

  • Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin. Contohnya minum air, makan camilan, meregangkan tubuh, melakukan meditasi singkat, berjalan-jalan di sekitar ruangan. Tujuannya agar kamu bisa kembali fokus setelah waktu istirahat selesai.

  • Apabila teknik pomodoro 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat masih belum berhasil, kamu bisa menyesuaikan waktu intervalnya sendiri sesuai kebutuhan. Sebab pada prinsipnya pomodoro adalah meluangkan waktu untuk fokus dalam interval waktu tertentu dan di sela-selanya ada waktu untuk menenangkan pikiran.

 Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Membaca Buku

Itu dia ulasan mengenai teknik pomodoro yang perlu kamu ketahui sebagai wawasan baru. Apakah kamu tertarik mencobanya? Namun, kadang-kadang kesulitan berkonsentrasi juga bisa diakibatkan stres. Jangan khawatir, kamu bisa mencurahkan semua masalahmu dengan profesional secara gratis dan privat dengan fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve. Yuk, cobain!

Sumber:

Pomodoro Technique https://www.techtarget.com/whatis/definition/pomodoro-technique (Diakses Juli 2024)

What Is the Pomodoro Technique? https://www.verywellmind.com/pomodoro-technique-history-steps-benefits-and-drawbacks-6892111 (Diakses Juli 2024)

Related Tags

Teknik Pomodro

4,782

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.