Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Teknik Pomodoro: Mengenal Pengertian dan Manfaatnya

Teknik Pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang dapat membantu kamu untuk fokus mengerjakan sesuatu dalam interval waktu tertentu. Berikut penjelasannya!

Posted: Tuesday, Nov 01, 2022

Share:

Teknik Pomodoro: Mengenal Pengertian dan Manfaatnya cover

Apakah kamu sedang mencari cara untuk meningkatkan fokus saat belajar? Atau sedang berusaha menemukan metode untuk mengelola waktu untuk berbagai pekerjaan yang sederhana tapi punya dampak besar? Sudah saatnya kamu mengenal dan menerapkan Teknik Pomodoro dalam belajar.

Pada artikel berikut ini, kita akan mengenal apa itu Teknik Pomodoro dan bagaimana cara penerapannya dalam proses belajar. Simak terus, ya!

Pengertian Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah sebuah teknik belajar yang mengatur interval waktu fokus belajar dan istirahat yang saling bersilangan. Teknik ini diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Istilah “Pomodoro” sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti tomat. Kenapa tomat? Karena Francesco menerapkan teknik ini dengan bantuan sebuah kitchen timer berbentuk tomat.

Baca juga: Impostor Syndrome Adalah: Apa Itu dan Cara Mengetahuinya

Apa yang Membuat Teknik Pomodoro Efektif?

Apakah Teknik Pomodoro bisa membantumu belajar dengan lebih efektif? Dilansir dari National Institute of Health, dalam praktiknya yang paling umum, teknik ini membagi satu interval waktu menjadi 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat. Hal ini dilakukan untuk memecah tugas yang besar menjadi yang lebih kecil dengan pekerjaan terfokus tanpa gangguan, diikuti dengan istirahat untuk menenangkan pikiran karena istirahat yang teratur penting dalam menjaga efisiensi pekerjaan kamu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tentukan satu tugas/pekerjaan yang ingin kamu kerjakan.

  2. Atur timer ke 25 menit (Bisa dengan memanfaatkan timer yang ada di smartphone-mu).

  3. Bekerja sampai timer berdering yang berarti waktu 25 menit sudah berlalu.

  4. Ambil waktu istirahat singkat selama 5 menit.

  5. Ulangi langkah pertama hingga keempat tadi sampai pekerjaanmu selesai.

  6. Ambilah waktu istirahat dengan durasi lebih lama sekitar 15-30 menit setiap empat interval Pomodoro atau setiap dua jam sekali.

Manfaat Teknik Pomodoro

Berdasarkan sebuah riset, ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan apabila menerapkan Teknik Pomodoro saat belajar secara konsisten, diantaranya:

  • Meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

  • Memutus kebiasaan multitasking.

  • Mencegah kelelahan mental.

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan.

  • Melatihmu mengelola waktu, ekspektasi, dan menetapkan deadline.

Baca juga: GRIT Adalah: Pengertian dan Mengapa Penting

Jangan lupa follow akun akun Instagram dan Twitter MyEduSolve untuk mendapatkan  informasi menarik seputar tips belajar dan pengembangan diri lainnya.

Related Tags

Teknik Pomodro

4,546

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.