Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Simak Kisi-kisi Materi Ujian Sertifikasi Adobe Certified Professional: Adobe Premiere Pro

Butuh persiapan sebelum ikut ujian sertifikasi Adobe Certified Professional Adobe Premiere Pro? Simak kisi-kisi soal tes yang akan diuji dari artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Apr 23, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Simak Kisi-kisi  Materi Ujian Sertifikasi Adobe Certified Professional: Adobe Premiere Pro cover

Sekarang mungkin kamu sudah sering menjumpai iklan-iklan di sosial media. Konten iklan tersebut dibuat oleh content creator dan video editor. Kedua profesi tersebut memang sedang naik daun karena banyak perusahaan memakai jasa mereka untuk membuat konten dan iklan yang berkualitas.

Lantas, bagaimana cara memulai karir sebagai content creator dan video editor profesional? Bisa dimulai dari mengikuti sertifikasi Adobe Certified Professional Premiere Pro untuk membuktikan kredibilitas dan kemampuan dalam memproduksi konten digital hingga edit video.

Kalau kamu tertarik mendaftar ke program sertifikasi ini, pastikan kamu sudah belajar materi sesuai kisi-kisi agar bisa lulus ujian. Artikel ini akan mengulas apa saja materi ujian sertifikasi Adobe Premiere yang akan keluar di soal ujian. Maka dari itu, simak baik-baik artikel berikut!

Program Sertifikasi Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah sebuah perangkat lunak dari Adobe Inc yang dapat mengakomodasi para content creator dan video editor dalam memproduksi konten digital dengan berbagai tujuan, baik untuk iklan, edukasi, ataupun hiburan.

Software Adobe Premiere memang sangat populer dan sudah banyak dipakai oleh para profesional di industri perfilman dan periklanan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memiliki sertifikat Adobe Certified Professional Premiere Pro jika ingin berkecimpung di industri perfilman, periklanan, dan produksi konten digital.

Perusahaan Adobe Inc menjalin kerja sama dengan institusi sertifikasi internasional bernama Certiport dalam membuat program sertifikasi Adobe Certified Professional Premiere Pro yang sudah berkelas global.

Melalui sertifikasi tersebut, peserta yang lulus ujian akan diakui sebagai video editor profesional dengan pengalaman 150 jam kerja. Jadi, program sertifikasi ini dapat menunjang karir video editor dan content creator agar dapat berkompetisi di industri.

Baca juga: Adobe Premiere Pro: Panduan dan 3 Tools Andalannya

Materi Ujian Sertifikasi Adobe Premiere Pro

Ujian sertifikasi terbagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama, soal yang disajikan berupa pilihan ganda. Kemudian dilanjutkan dengan soal dalam bentuk tugas. Peserta akan diberi waktu selama 50 menit untuk menyelesaikan seluruh soal.

Kira-kira apa saja materi yang akan keluar di soal ujian? Secara umum, soal ujian akan menanyakan seputar fitur-fitur di Adobe Premiere Pro, teori dasar desain, manajemen proyek, dan hal-hal teknis dalam proses kreatif.

Supaya kamu bisa mendapat gambaran lebih jelas, yuk simak kisi-kisi materi ujian sertifikasi Adobe Premiere Pro berikut ini.

  1. Pengetahuan Dasar di Industri Videografi

Untuk menjadi seorang video editor dan content creator profesional, kamu tidak hanya mempelajari keterampilan teknis saja. Namun, juga harus mengetahui konsep-konsep dan pengetahuan dasar dalam industri videografis. Berikut rangkuman kisi-kisi yang perlu dipelajari:

  • Cara mengidentifikasi tujuan klien, target audiens, dan kebutuhan klien sebelum mengerjakan proyek editing dan mendistribusikannya.

  • Pemahaman seputar project management dan cara menerapkan komunikasi efektif dengan rekan kerja dan klien ketika berdiskusi tentang rencana proyek, seperti membahas scriptwriting, storyboarding, setup film, audio mixing, dan lain-lain.

  • Memahami peraturan hukum terkait hak cipta, izin, dan lisensi apabila nantinya ingin memakai karya milik orang lain.

  • Penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering muncul di industri videografi seperti clipping, frame rate, room tone, video codecs, dan lainnya. Kemudian, pengetahuan dasar tentang komposisi warna dalam digital video juga berkemungkinan akan muncul dalam soal.

  • Penjelasan tentang prinsip dasar editorial dan cara mempraktekkannya secara efisien di lapangan. Pada topik ini, beberapa hal yang mungkin akan muncul di ujian adalah: (1) cara komunikasi visual menggunakan teknik video timing, (2) panduan dan prinsip dasar editorial video, (3) istilah dan konsep dasar yang sering digunakan dalam fotografis dan sinematik, (4) alur kerja yang tepat dalam proses kreatif.

Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Sertifikasi Adobe yang Diakui Secara Global

  1. Adobe Premiere Pro Setup dan Interface

Kemudian, kamu juga perlu mempelajari setup dan interface pada software Adobe Premiere Pro yang dapat memudahkan kamu dalam mengerjakan proyek editing. Kira-kira materi apa saja yang harus kamu pelajari?

  • Cara mengatur format dan membuat urutan pada video.

  • Cara memakai atau memanfaatkan tools dan fitur-fitur di Adobe Premiere Pro dalam pengerjaan proyek.

  • Cara menggunakan desain tools yang tidak muncul di interface untuk menunjang proses editing seperti zooming, playhead, playing, pausing, keyboard shortcut.

  • Cara mengimpor media lain untuk dimasukkan ke dalam proyek video.


  1. Pengelolaan Proyek Video

Selanjutnya, materi tentang pengelolaan proyek video juga akan muncul di soal ujian yang meliputi struktur pengerjaan proyek video. Berikut penjabaran lebih rincinya:

  • Cara penggunaan timeline panel untuk mengelola track dan urutan video.

  • Cara mengelola urutan klip dalam proyek video.

Baca juga: Cara Menambahkan Title di Adobe Premiere Pro

  1. Membuat dan Memodifikasi Elemen Visual

Pada materi ini topik yang akan ditanyakan seputar tools utama dalam Adobe Premiere beserta fungsinya. Yuk, lihat rincian materinya:

  • Cara menggunakan tools utama dan fitur-fitur yang tersedia di Adobe Premiere Pro untuk edit video dan audio pada proyek.

  • Cara menambahkan judul (title) pada video dan memodifikasinya.

  • Cara mengubah footage video untuk dipakai berurutan.

  • Cara memodifikasi pengaturan klip video (renaming, labeling, clip speed, freeze frame) dan cara menyesuaikan audio dengan potongan klip.

  • Cara menerapkan efek dan presets ke dalam video. Contohnya penggunaan tools auto-correction, pemakaian transisi, penggabungan beberapa klip video menjadi satu track.

  • Cara memakai keyframe untuk mengontrol properti video.

  • Cara mengelola audio dalam proyek video, meliputi efek suara, transisi, sinkronisasi, linking, merging clip, stereo, dan sebagainya.


  1. Publikasi Video ke Media Digital

Tahap akhir dalam pengerjaan proyek adalah menyimpan dan mempublikasikan karya. Materi yang perlu diperhatikan terkait topik ini adalah:

  • Cara menyiapkan hasil editing video untuk dipublikasikan ke internet atau media digital lain.

  • Cara mengekspor dan mengarsipkan video atau potongan klip video ke perangkat. Selain itu, pelajari juga cara mengekspor video dengan Adobe Media Encoder.

Itu dia rangkuman kisi-kisi materi ujian sertifikasi Adobe Premiere Pro yang perlu kamu pelajari. Kalau kamu berniat mengikuti program sertifikasi Adobe Premiere Pro, kamu bisa langsung daftar ke program Digital Video using Adobe Premiere Pro Certification yang ditawarkan MyEduSolve. Dapatkan tawaran menarik lainnya di MyEduSolve.

Related Tags

Adobe Premiere
Materi Ujian

98

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.