Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Sertifikasi Microsoft Kini Tapi Hadir Dengan Tampilan Baru, Simak Apa Saja Fitur Unggulannya!

Program sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals dan Microsoft Certified Educator kini akan menghadirkan tampilan baru pada menu sertifikasi. Simak apa saja fitur unggulannya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Jun 10, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Sertifikasi Microsoft Kini Tapi Hadir Dengan Tampilan Baru, Simak Apa Saja Fitur Unggulannya! cover

Sertifikasi Microsoft selama ini memang jadi program yang banyak diikuti oleh para profesional IT yang ingin memvalidasi skill dalam penggunaan tools Microsoft. Untuk itu, ada pembaruan yang perlu kamu simak. 

Mulai dari 9 Maret 2024, akan ada pembaruan berupa tampilan antarmuka (UI) ujian sertifikasinya yang lebih fresh dan user-friendly. Ini artinya, buat kalian yang lagi bersiap untuk ujian, kamu akan disuguhkan pengalaman yang lebih smooth dan intuitif.

Tujuan Pembaruan Fitur dan Tampilan UI

Soal kenapa sih Microsoft sampai bikin pembaruan tampilan UI ini? Jawabannya sederhana, Microsoft ingin memastikan bahwa siapapun yang ikut ujian bisa leluasa mengakses semua yang mereka butuhkan tanpa kesulitan mengakses fitur-fitur tertentu.

Dari memulai ujian, menjawab pertanyaan, sampai review jawaban, semuanya diatur agar lebih efisien untuk memudahkan peserta ujian. Tujuannya jelas, agar kalian bisa fokus penuh ke ujian tanpa terganggu hal-hal teknis.

Fitur Baru Pada Pembaruan Design User Interface Sertifikasi Microsoft

1. Desain Responsif

Nah, yang pertama dan paling terlihat dari pembaruan ini adalah desainnya yang responsif. Artinya, UI baru ini bisa kamu akses dengan nyaman, baik dari laptop, tablet, maupun smartphone. Hal ini berarti dimanapun kamu berada, selama ada internet, persiapan ujian bisa tetap lancar kamu lakukan.

Selain itu, tampilan UI yang baru ini juga dibuat senada dengan Microsoft Learn, jadi kalau kamu sudah terbiasa belajar di sana, tidak akan terasa asing atau bingung dengan tampilan baru saat ujian.

2. Mode Gelap

Kedua, ada tambahan mode gelap untuk kamu yang terbiasa menggunakan tema ini. Kenapa mode gelap ini penting? Mode gelap ini bisa membantu mengurangi kelelahan mata. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi dari sifat ujian sertifikasi yang perlu waktu cukup lama. 

Mata kamu pasti lebih nyaman dengan tampilan yang lebih gelap dan tidak menyilaukan. Microsoft menambahkan opsi ini karena banyak feedback dari pengguna yang menginginkan tampilan yang lebih ramah mata, apalagi saat ujian yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Baca juga: Rekomendasi Sertifikasi Microsoft Office Berskala Internasional

3. Fitur Exam Toolbar

Salah satu pembaruan menarik adalah Exam Toolbar yang semakin terlihat jelas. Dengan toolbar yang lebih luas dan mudah diakses, mengelola ujian jadi lebih mudah.

Kamu bisa dengan cepat menemukan fitur yang kamu butuhkan tanpa harus klik fitur-fitur lain yang tidak efisien. Hal ini bisa menjadi faktor yang sangat memudahkan, terutama saat waktu ujian terbatas.

4. Fitur exam Question Progress Bar dan Tombol Toggle Jam Ujian

Selanjutnya, ada penambahan Exam Question Progress Bar yang memberi tahu kamu progres jawaban per soal. Jadi, kamu bisa lebih mudah mengatur waktu atau ritme mengerjakan soal selama ujian.

Tombol toggle jam ujian juga sangat membantu, memungkinkan kamu untuk menampilkan atau menyembunyikan waktu, sesuai dengan kebutuhanmu. Kadang melihat waktu terus-terusan bisa bikin stres, kan?

5. Fitur Review Pertanyaan yang Belum Dijawab

Fitur ini jadi akan sangat memudahkan saat kamu ingin memastikan semua soal telah dijawab. Dengan fitur review ini, kamu bisa langsung melihat soal mana saja yang belum kamu isikan jawabannya saat kamu mungkin melewati beberapa soal yang sulit.

Hal ini mengurangi resiko meninggalkan soal tanpa jawaban karena terburu-buru atau tidak sengaja terlewat.

Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

6. Fitur Marked for Review

Layar Marked for Review juga kini tampil lebih rapi dan informatif, memberikan gambaran lengkap soal-soal yang sengaja kamu tandai untuk dicek kembali sebelum mengakhiri ujian.

Hal ini memudahkan dalam tahap akhir ujian untuk mengecek kembali dan meyakini jawabanmu sebelum menekan tombol submit.

Dengan semua pembaruan ini, Microsoft benar-benar berusaha meningkatkan pengalaman ujian sertifikasi agar lebih intuitif, nyaman, dan user-friendly, memastikan bahwa setiap peserta ujian mendapat pengalaman terbaik.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sendiri bagaimana UI baru ini bisa mempermudah ujian sertifikasi Microsoft yang kamu ikuti. Rasakan bedanya, dari tampilan yang lebih intuitif hingga navigasi yang lebih lancar.

Sebelum hari H, coba akses materi latihan di Microsoft Learn untuk membiasakan diri dengan tampilan dan fungsi baru. Pastikan juga kamu sudah nyaman dengan penataan toolbar dan cara kerja fitur-fitur baru seperti progress bar dan review soal.

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa lebih fokus menjawab soal tanpa terganggu oleh hal-hal teknis.

Kamu bisa mengikuti program sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa akses laman MyEduSolve.

Source:

New User Interface for Microsoft Certifications https://certiport.pearsonvue.com/Blog/2024/May/New-Microsoft-Certifications-UI (Diakses Juni 2024)


Reimagining the Microsoft Certification exam UI experience

https://techcommunity.microsoft.com/t5/microsoft-learn-blog/reimagining-the-microsoft-certification-exam-ui-experience/ba-p/4075312 (Diakses Juni 2024)


Related Tags

Microsoft Certified Fundamentals
Microsoft Certified Educator

139

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.