Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Rumus Rank Excel: Cara Kerja dan Tutorial Membuat Ranking

Berikut ini rumus rank, atau formula untuk mengurutkan data di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet sesuai ranking!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Wednesday, Jun 28, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Rumus Rank Excel: Cara Kerja dan Tutorial Membuat Ranking cover

Di era digital saat ini, memiliki keterampilan dalam menggunakan Microsoft Excel telah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia kerja. Salah satu fungsi Excel yang sangat berguna dan seringkali digunakan adalah fungsi rank

Memahami dan mampu menggunakan fungsi ini dapat meningkatkan efisiensi kerja dan membantu dalam pengambilan keputusan. Tetapi apa sebenarnya fungsi rank ini? Mari kita pelajari lebih lanjut!

Apa Itu Rumus Rank?

Rumus rank adalah salah satu fungsi Excel yang digunakan untuk menentukan peringkat suatu nilai dalam suatu kumpulan data. Dengan fungsi ini, kita dapat membandingkan nilai-nilai dalam daftar atau rangkaian data dengan lebih mudah.

Misalkan, jika kamu memiliki data penjualan dari sekelompok tenaga penjual dan ingin mengetahui penjualan mana yang tertinggi hingga terendah, kamu dapat menggunakan fungsi rank. Fungsi ini akan memberikan peringkat pada setiap nilai dalam data tersebut, mulai dari 1 untuk nilai tertinggi, kemudian 2 untuk nilai tertinggi kedua, dan seterusnya.

Fungsi ini sangat berguna di berbagai bidang dan industri, mulai dari pendidikan hingga bisnis, karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menilai dan membandingkan kinerja. 

Dengan demikian, memahami dan mampu menggunakan rumus rank dalam Excel adalah keterampilan penting yang dapat membantumu menjadi lebih efisien dan efektif dalam pekerjaan.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel dengan Mudah dan Tanpa Ribet

Formula Rank Excel

Rumus rank dalam Excel memiliki struktur sebagai berikut: =rank(angka;ref;[order]).

  • Angka adalah nilai yang ingin kamu peringkatkan.

  • Ref adalah rentang sel yang berisi kumpulan data tempat kamu ingin menentukan peringkat angka.

  • Order adalah parameter opsional. Jika diisi dengan 0 atau tidak diisi sama sekali, Excel akan memberikan peringkat dalam urutan menurun (dari yang terbesar ke terkecil). Jika diisi dengan 1, Excel akan memberikan peringkat dalam urutan naik (dari yang terkecil ke terbesar).

Sebagai contoh, jika kamu memiliki data penjualan dari lima tenaga penjual dalam rentang sel A2 hingga A6, dan kamu ingin menentukan peringkat penjualan di sel A2, kamu dapat menggunakan rumus berikut: =rank(A2, A2:A6).

Cara Membuat Ranking Excel

Berikut ini penjelasan langkah-langkah membuat ranking Excel:

  1. Cara membuka excel: Klik dua kali ikon Excel di desktop kamu atau buka melalui menu 'Start' dan cari 'Excel'. Aplikasi Excel akan terbuka dengan lembar kerja kosong.

  1. Cara membuat tabel data: Misalkan kamu ingin membuat tabel data penjualan. Di kolom A, masukkan nama tenaga penjual. Di kolom B, masukkan jumlah penjualan. kamu sekarang memiliki tabel data yang siap untuk diolah.

  1. Cara memasukkan rumus rank: Pada sel di kolom C (misalnya C2), ketik rumus =rank(B2, B2:B6). Tekan Enter. kamu sekarang telah memberikan peringkat pada penjualan pertama. Drag ke bawah formula dari sel C2 ke sel lainnya untuk memberikan peringkat pada semua penjualan.

  1. Cara menginterpretasi hasil ranking: Angka 1 menunjukkan penjualan tertinggi, angka 2 menunjukkan penjualan tertinggi kedua, dan seterusnya. Dengan demikian, kamu dapat dengan cepat mengetahui mana penjualan yang paling tinggi dan mana yang paling rendah.

Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sekarang dapat membuat ranking dengan mudah menggunakan Excel.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Contoh Tabel Ranking Excel

Berikut adalah cara memasukkan rumus rank di Excel:

  1. Buka Excel dan di sel A1, ketik "Nama Penjual", di sel B1 ketik "Penjualan", dan di sel C1 ketik "Peringkat".

  1. Isi sel A2 hingga A6 dengan "Penjual1", "Penjual2", "Penjual3", "Penjual4", "Penjual5".

  1. Isi sel B2 hingga B6 dengan angka penjualan. Misalnya, 500, 700, 600, 400, 300.

  1. Di sel C2, ketik rumus berikut: =rank(B2, B2:B6)

  1. Setelah mengetik rumus, tekan Enter. Kamu akan melihat "1" di sel C2 karena angka penjualan di B2 adalah yang tertinggi di antara angka penjualan lainnya.

  1. Untuk menerapkan rumus peringkat ke seluruh angka penjualan, klik sel C2 lagi. Kamu akan melihat kotak kecil di sudut kanan bawah sel. Klik kotak ini, tahan, dan seret ke bawah hingga sel C6. 

  2. Lepaskan tombol mouse dan Excel akan secara otomatis menghitung peringkat untuk sisa angka penjualan berdasarkan rumus yang kamu ketik di C2.

Contoh tabel rumus rank excel



Sekarang, kamu harus melihat peringkat dari 1 hingga 5 di kolom C, mencerminkan angka penjualan dari tertinggi hingga terendah.

Baca juga: Cara Menghitung Rata-Rata di Excel Dengan Mudah dan Cepat


Menguasai dan memahami fungsi rank dalam Excel bukanlah hanya tentang memahami bagaimana cara kerjanya. Lebih dari itu, hal ini berkaitan dengan kemampuanmu dalam menggunakan fungsi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaanmu.

Dengan demikian, pengetahuan dan keterampilan ini menjadi bagian penting dari pengembangan profesional dan personal kamu.

Jika kamu merasa terinspirasi untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan Excel, kamu bisa bergabung untuk mengikuti kursus dan mendapatkan sertifikasi resmi Excel Associate di platform MyEduSolve!

Selain bisa meningkatkan keterampilan profesional, kamu juga bisa memiliki nilai lebih dalam persaingan dunia kerja yang membutuhkan skill Microsoft Excel. 

Articles Info

author:MyEduSolve Update
MyEduSolve Update

Rumus Rank Excel: Cara Kerja dan Tutorial Membuat Ranking

Posted: Wednesday, Jun 28, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

rumus rank
rank excel
rumus excel
spreadsheet rank

13,997

Recommended Articles

Relevant Certifications

Excel Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0