Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Project Management di Era Digital

Tertarik dengan dunia project management? Simak artikel berikut ini dan temukan jawaban untuk menjadi seorang profesional project manager

Posted: Monday, May 22, 2023

Share:

Project Management di Era Digital cover

Apa kabar MESFriend? Sadarkah kamu, di era digital seperti sekarang ini, tuntutan untuk mengelola proyek makin hari semakin kompleks dan semakin tinggi. Peran seorang project manager menjadi sangat penting dalam menyelesaikan project agar berjalan lancar dan sukses. Namun, siapa sih sebenarnya yang bisa menjadi project manager di tengah dinamika perubahan teknologi dan bisnis yang begitu cepat? Apakah hanya orang-orang dengan latar belakang IT atau manajemen saja? Mari kita simak dalam artikel ini!

Apa Itu Project Management?

Project management adalah proses untuk mengelola, merencanakan, dan mengawasi suatu proyek dari awal hingga akhir secara efisien dan efektif. Proses ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam project management, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti budgeting, manajemen sumber daya, jadwal kerja, risiko, dan kualitas. Project management juga memerlukan kolaborasi yang baik antara semua tim yang terlibat dalam proyek. Dengan memanfaatkan project management yang tepat, suatu project dapat berhasil dicapai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Kompetensi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Project Manager

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang project manager, Kamu harus memiliki latar belakang pendidikan teknis atau sains. Namun, ada juga yang berpikir bahwa seorang project manager hanya perlu mahir dalam mengatur waktu dan orang. Yang lainnya mungkin berpikir bahwa seorang project manager harus benar-benar kompeten dalam hal teknis? Pada kenyataannya, di era digital saat ini dimana pun berada, kita dapat belajar untuk menjadi seorang project manager yang handal. Berikut ini adalah berbagai kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi project manager yang profesional.

Pengelolaan Proyek

Pengelolaan proyek adalah seni yang harus dipelajari oleh para project manager. Ini meliputi perencanaan, membuat estimasi biaya, memantau kinerja dan bertindak sebagai perantara antara tim dan stakeholder lainnya. Semua ini hanya akan didapat dengan berlatih terus menerus dan mendapatkan pelatihan formal di bidang tersebut.

Leadership

Tugas utama seorang project manager adalah mengelola dan mengawasi berjalanya suatu project secara keseluruhan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyelesaian project dengan hasil yang optimal. Ini termasuk juga didalamnya adalah kemampuan interpersonal untuk memotivasi tim, memecahkan konflik, dan membangun hubungan kerja yang baik dengan anggota tim.

Manajemen Risiko

Seorang Project Manager harus mampu membuat perencanaan project yang baik dan mengelola risiko dengan baik. Ini termasuk kemampuan untuk mengidentifikasi risiko, merencanakan respons jika risiko terjadi, dan memonitor risiko secara berkala.

Komunikasi yang Baik

Seorang Project Manager harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam proyek. Ini termasuk kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif melalui e-mail, laporan project, atau pertemuan tim.

Kemampuan Pengambilan Keputusan

Seorang Project Manager harus mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang sulit atau tidak pasti. Ini termasuk kemampuan untuk mengevaluasi situasi dengan cepat dan membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia.

Pengetahuan & Pengalaman Berkaitan dengan Proyek

Seorang Project Manager harus memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang yang berkaitan dengan project yang sedang dijalankan. Ini termasuk pemahaman tentang industri, teknologi, atau proses bisnis yang terkait dengan project yang sedang dijalankan.

Peluang dan Prospek Project Management Di Era Digital

Peluang dan prospek Project Management di era digital sangatlah bagus. Dimanapun kamu melakukan perjalanan, kamu akan melihat banyak sektor yang sedang berubah dan berevolusi dengan cepat mengikuti teknologi digital. Akibatnya, akan ada lebih banyak pekerjaan project management yang tersedia dan bermunculan untuk menjawab hal tersebut. Tidak hanya itu, gaji yang ditawarkan pun juga bernilai fantastis, berikut ini adalah beberapa indikasi peluang dan prospek project management:

  1. Permintaan sumber daya ahli untuk project management akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

  2. Kesempatan untuk bekerja di berbagai industri: Project Management adalah bidang yang dapat diterapkan di berbagai industri, termasuk teknologi informasi, manufaktur, layanan keuangan, perawatan kesehatan, dan lain-lain.

  3. Peran penting dalam transformasi digital: project management sangat penting dalam transformasi digital organisasi, karena melibatkan perubahan sistem, proses, dan budaya kerja.

  4. Potensi untuk bekerja secara global: Dalam era digital, banyak organisasi memiliki operasi global dan mencari sumber daya yang dapat bekerja di lingkungan yang berbeda-beda.

  5. Potensi untuk berkembang menjadi pemimpin bisnis: Seorang Project Manager yang berpengalaman dan terampil dalam project management dapat memiliki potensi untuk berkembang menjadi pemimpin bisnis yang sukses. 

Contoh Profesi Dalam Bidang Project Management

Seiring dengan semakin banyaknya pekerjaan dalam bidang project management, seperti: website development, mobile app development, e-commerce project, digital advertisement, dll. Berarti juga ada banyak sekali profesi yang bisa ditekuni. Seluruh tim dalam project management memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah project. Berikut ini adalah beberapa contoh profesi yang perlu kamu ketahui di bidang project management:

Project Manager

Orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengarahkan seluruh karyawan yang terlibat dalam project. Ia juga harus mampu mengatur waktu dan anggaran dengan baik agar proses pelaksanaan project berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Engineer

Seorang engineer biasanya terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan sebuah project. Ia harus mampu mendeteksi masalah sejak awal agar tidak terjadinya kesalahan yang berakibat fatal pada proses pelaksanaan nantinya.

Designer

Seorang designer akan membuat rancangan awal suatu project. Dia akan menggambarkan kebutuhan dan bentuk visual sebuah proyek yang akan dikerjakan.

Technical Specialist

Seorang Technical Specialist bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan teknis dan ahli pada bidang teknologi yang berkaitan dengan project.

Human Resource Manager

Seorang Human Resource Manager bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sumber daya manusia yang diperlukan dalam project tersedia dan terkelola dengan baik.

 

Terinspirasi untuk menjadi seorang profesional di bidang Project Management? Kamu bisa kembangkan skill yang kamu miliki bersama MyEduSolve

Klik di sini apabila kamu belum tahu sejauh mana kemampuan agar tidak salah dalam memilih program mana yang harus di ambil sesuai dengan tingkat keahlian.


Source:

https://www.mii.co.id/en/insight/listing/2021/05/20/11/52/project-management-pada-era-digital-transformation

https://webdev-id.com/berita/proyek-digital/

https://www.biji-biji.com/belajar-manajemen-proyek-dalam-menghadapi-era-digital-bersama-microsoft/

Related Tags

Project Management
PMI Ready
Digital Era

1,071

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.