Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

MyEduSolve Selenggarakan Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri Bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan

Simak lebih detail tentang program literasi digital MyEduSolve yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi internasional untuk siswa SMK di Sulawesi Selatan.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Monday, Jul 08, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

MyEduSolve Selenggarakan Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri Bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan cover

MyEduSolve, perusahaan pendidikan berbasis di Indonesia, bertekad untuk membantu lulusan lebih mudah memasuki pasar kerja dengan menyediakan sertifikasi internasional dan pelatihan kompetensi. 


Dalam upaya kami mempersiapkan tenaga kerja terampil di Indonesia, MyEduSolve menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk meluncurkan program yang inovatif bertajuk "Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri: Building Practical Digital Literacy for Future Workforce".


Program ini ditujukan untuk membekali siswa dengan keahlian digital yang praktis, membuka lebih banyak peluang kerja dan meningkatkan daya saing di tingkat global.

Latar Belakang Program

Program "Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri: Building Practical Digital Literacy for Future Workforce" dilatarbelakangi oleh data dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang menunjukkan tingkat literasi digital di Indonesia hanya mencapai 62%, nilai terendah di ASEAN di mana rata-rata negara lain sudah mencapai 70%.

Kondisi ini mempertegas kebutuhan mendesak untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia, terutama untuk mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar global. Berdasarkan data dari laporan Future Proof Economies tersebut, kita mengetahui bahwa peningkatan keterampilan digital adalah kunci untuk mengatasi kekurangan tenaga ahli di seluruh dunia.

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dan masa depan. Dengan memfokuskan pada digital literacy secara praktikal, program ini tidak hanya memperkuat kemampuan individu tetapi juga memposisikan Indonesia lebih kuat dan berkualitas pada persaingan dunia kerja berskala global.

Dengan menggabungkan sumber daya dari MyEduSolve dan Dinas Pendidikan, serta menggunakan kerangka Future Proof Economies, inisiatif ini diharapkan dapat mengubah tantangan literasi digital menjadi peluang pembangunan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Manfaat Program

Program ini menawarkan pembelajaran intensif bersama mentor profesional dari berbagai industri, bertujuan untuk memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar langsung dari ahli di lapangan.

  • Handbook Pembelajaran

Setiap peserta akan menerima buku panduan yang berisi materi pembelajaran dan latihan yang komprehensif.

  • Paket Pelatihan

Paket ini disediakan untuk mendukung pelaksanaan pelatihan secara efektif, agar seluruh peserta memiliki alat yang diperlukan untuk belajar.

  • Platform Tes dan Praktik

Peserta akan mendapat akses ke tes praktik melalui Learning Management System (LMS), yang membantu dalam persiapan ujian.

  • Voucher Ujian Sertifikasi Internasional

Voucher ini memfasilitasi peserta untuk mengikuti ujian sertifikasi dari  program yang diakui secara internasional.

  • Voucher Retake Ujian

Jika diperlukan, peserta juga akan menerima voucher retake untuk memberikan kesempatan kedua dalam ujian sertifikasi bagi peserta yang tidak lulus pada tes yang diambil pertama kali.

Hasil yang Diharapkan

Program ini dirancang untuk memastikan bahwa siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendapatkan keterampilan yang sangat dibutuhkan.

Peserta akan mendapatkan akses ke pelatihan Microsoft Excel, yang merupakan keterampilan penting di hampir semua bidang kerja.

Selain itu, program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil ujian sertifikasi internasional dari Microsoft, sebagai validasi yang berharga pada kemampuan peserta dalam mengoperasikan software tools dari Microsoft.

Detail Acara

Program "Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri: Building Practical Digital Literacy for Future Workforce" yang digagas oleh MyEduSolve bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi digital para siswa SMK di wilayah tersebut. Berikut adalah rincian lengkap acara yang akan dilaksanakan:

Tanggal Pelaksanaan

15 Juli - 14 September 2024

Waktu Pelatihan

Pelatihan berlangsung selama 7 hari untuk tiap sekolah

Lokasi

Pelaksanaan di 40 sekolah menengah kejuruan (SMK) se-Provinsi Sulawesi Selatan

Program ini melibatkan 8 batch pelatihan, di mana setiap batch terdiri dari peserta dari 5 sekolah terpilih, dengan total 40 sekolah yang berpartisipasi.

Setiap hari, dua batch akan menjalani bimbingan teknis secara bersamaan, dengan masing-masing batch berisi 250 peserta, dengan total 2000 peserta yang akan berpartisipasi dalam program ini.

Mekanisme Pendaftaran

Proses pendaftaran untuk program "Sertifikasi Keahlian Berstandar Industri: Building Practical Digital Literacy for Future Workforce" dilakukan melalui empat tahapan utama selama satu minggu. Berikut ini rincian lengkap mekanisme dan proses pendaftaran:

1. Sosialisasi

Di tahap pertama, pihak sekolah akan melakukan sosialisasi kepada siswa tentang program dan manfaat yang akan mereka peroleh.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada siswa mengenai apa yang diharapkan dari program serta bagaimana program ini bisa membantu mereka mengembangkan keterampilan digital.

2. Formulir Online

Setelah menerima informasi melalui sosialisasi, siswa yang tertarik akan mengisi formulir pendaftaran online. Formulir ini mencakup data identitas diri dan beberapa pertanyaan seleksi yang dirancang untuk mengukur kesesuaian dan keinginan siswa dalam mengikuti program.

3. Seleksi Administrasi

Semua formulir yang telah diisi akan direkap dan diproses Tim MyEduSolve selama kurang lebih satu minggu. Selama periode ini, tim penyeleksi akan menilai setiap aplikasi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memastikan bahwa hanya kandidat yang paling sesuai yang terpilih.

4. Pengumuman

Setelah proses seleksi selesai, pengumuman tentang siswa yang berhasil terpilih akan disampaikan ke masing-masing sekolah. Sekolah kemudian akan menginformasikan hasil seleksi kepada siswa yang bersangkutan.

Setiap tahap dalam proses pendaftaran ini dirancang untuk memastikan bahwa semua peserta memiliki kesempatan yang adil dan transparan untuk menjadi bagian dari program ini, sembari juga mempersiapkan mereka untuk pelatihan intensif yang akan datang.

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keahlian yang relevan untuk menghadapi tantangan pasar kerja masa depan, melalui peningkatan kemampuan digital yang praktis dan aplikatif.

Kami menyadari pentingnya persiapan tenaga kerja masa depan dengan keterampilan yang relevan dan memadai di era digital ini. Oleh karena itu, MyEduSolve berkomitmen untuk terus menyelenggarakan dan mengembangkan program seperti ini.


Kunjungi situs MyEduSolve untuk terus mendapat informasi tentang berbagai inisiatif dan program pendidikan yang akan datang. Kami berharap dapat menyambut Anda pada kegiatan dan program kami yang akan datang.

Related Tags

Sertifikasi Keahlian
Pelatihan MyEduSolve
MyEduSolve Update

102

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.