Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Macam-macam pekerjaan di bidang IT yang perlu kamu ketahui

Macam-macam pekerjaan di bidang IT yang paling dibutuhkan dan cara memperoleh sertifikasi untuk menjadi IT profesional.

Posted: Wednesday, Apr 26, 2023

Share:

Macam-macam pekerjaan di bidang IT yang perlu kamu ketahui cover

Apa kabar MESFriend? Semoga semuanya dalam keadaan baik ya. Bicara soal teknologi informasi merupakan salah satu bidang yang perkembangannya sangat pesat, saking cepatnya informasi yang bisa kita dapatkan hari ini seakan-akan dunia hanya seluas layar gawai yang kita tatap setiap hari. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, permintaan untuk tenaga ahli di bidang IT juga semakin meningkat. Jika kamu berminat untuk bergabung dalam industri ini, maka penting bagi kamu untuk mengetahui macam-macam pekerjaan di bidang IT yang ada saat ini. MyEduSolve kali ini, akan membahas secara lengkap tentang macam-macam pekerjaan di bidang IT yang bisa menjadi pilihan kariermu di masa mendatang. Simak sampai habis ya!

Apa itu Pekerjaan IT

IT atau yang bisa juga disebut sebagai information technology merupakan singkatan dari sebuah bidang kerja yang sedang berkembang pesat saat ini, dimana semua aspek terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi dikelola secara sistematis dan komputerisasi.

Pekerjaan IT juga mencakupperawatan dan pemeliharaanberbagai jenis perangkat seperti software, hardware, jaringan dan pusat data. Pekerja dalam bidang ini mungkin akan memiliki tugas seperti merancang, mengimplementasikan, mendokumentasikan, testing, lalu secara berkala juga melakukan update untuk solusi teknologi informasi yang ada.

macam-macam pekerjaan IT

Macam-Macam Pekerjaan IT

1. Web Developer

Web Developer adalah seorang profesional pekerja IT yang bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara situs website. Mereka menggunakan berbagai bahasa pemrograman, alat pengembangan web, dan teknologi terkini untuk membangun situs web yang fungsional dan menarik. Profesional Web Developer dibagi menjadi 3 bagian: Front-end developer, Back-end developer, Full Stack Developer.

Di Indonesia, gaji seorang Web Developer bervariasi tergantung pada pengalaman, keahlian, dan lokasi. Namun, secara umum, kisaran gaji seorang Web Developer di Indonesia dapat berkisar antara 4-15 juta Rupiah per bulannya.

2. UI/UX Designer

UI/UX Designer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang optimal untuk aplikasi, situs web, atau produk digital lainnya. Pekerja IT satu ini memastikan pengguna dapat menggunakan produk dengan mudah, efisien, dan memuaskan. Tugas mereka melibatkan riset pengguna, perancangan prototipe, pengujian, dan iterasi desain.
Di Indonesia, gaji seorang UI/UX Designer junior di Indonesia dapat berkisar antara 5-9 juta Rupiah per bulan, sementara UI/UX Designer senior atau berpengalaman dapat menghasilkan gaji antara 10-20 juta Rupiah per bulan.

3. IT Support

Pekerjaan IT selanjutnya yang cukup diminati adalah IT Support, profesi satu ini bertanggung jawab dalam membantu pengguna dalam memecahkan masalah teknis terkait hardware, software, jaringan, dan sistem komputer. Tugas mereka meliputi mengatasi kendala teknis, memberikan dukungan teknis kepada pengguna, melakukan pemeliharaan rutin, serta memastikan operasional sistem IT berjalan lancar. Pekerjaan ini perlu memiliki skill problem solving yang tinggi pada hardware komputer, jaringan, dan aplikasi. Gaji seorang IT Support berkisar antara 3-12 juta Rupiah per bulan.

4. IT Maintenance

IT Maintenance adalah pekerja IT yang bertanggung jawab dalam perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap hardware, software, jaringan, dan sistem komputer guna memastikan kelancaran operasional dan kinerja yang optimal. Aktivitas IT Maintenance meliputi pemantauan, pembaruan, pembersihan, perbaikan, dan penggantian komponen yang rusak atau usang.

Seiring dengan peran IT Maintenance yang sangat penting karena menentukan keoptimalan sistem TI suatu perusahaan. Gaji seorang IT Maintenance dapat bervariasi tergantung pada pengalaman, perusahaan, dan lokasi di Indonesia. Sebagai contoh, kisaran gaji seorang IT Maintenance junior di Indonesia dapat berkisar antara 3-6 juta Rupiah per bulan, sementara IT Maintenance senior atau berpengalaman dapat menghasilkan gaji antara 6-9 juta Rupiah per bulan.

5. Software Developer

Software Developer adalah seorang pekerja IT yang bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara software. Tugas mereka meliputi merancang arsitekturi software, menulis kode program, melakukan pengujian, dan memperbaiki bug atau kesalahan dalam software. Software Developer memiliki rentang gaji sekitar Rp7 juta sampai Rp20 juta perbulan.

Skill Software Developer yang harus dikuasai diantaranya:

  1. Cloud computing skills

  2. Struktur data dan algoritma

  3. Bahasa pemrograman

  4. Git dan Github

  5. Containers

  6. VIM

  7. IDEs

  8. Database dan SQL

  9. Linux

  10. Object Oriented Programming (OOP)

  11. Computer network

  12. Scripting

6. Programmer

Pekerja IT dengan gaji tinggi dengan kisaran 8-15 juta lebih per bulannya adalah Programmer, atau juga dikenal sebagai pengembang software, merupakan seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membuat dan menguji kode program komputer. Tugas utama seorang Programmer meliputi merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi software berdasarkan spesifikasi dan kebutuhan pengguna. Mereka menggunakan berbagai bahasa pemrograman, alat pengembangan software, dan metode pengujian untuk membuat aplikasi atau sistem komputer yang berfungsi sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Pengetahuan dan keterampilan dalam pemrograman, algoritma, logika, dan pemecahan masalah adalah keterampilan yang penting bagi seorang Programmer.

7. AI/ML Engineer

AI/ML Engineer adalah seorang profesional yang mengkhususkan diri dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan pembelajaran mesin (Machine Learning). Tugas pekerjaan IT ini meliputi merancang arsitektur sistem AI/ML, mengembangkan algoritma, membuat model pembelajaran mesin, menguji, dan mengoptimalkan performa model untuk mencapai hasil yang optimal. Seiring dengan pesatnya perkembangan kecerdasan buatan saat ini, pekerjaan IT satu ini akan menyerap banyak sekali peluang kerja dimasa mendatang. Dan gaji yang diberikan untuk AI/ML Engineer bisa lebih dari 25 juta Rupiah perbulan.

8. Game Developer

Untuk kamu yang hobi main game, apakah kamu pernah bertanya bagaimana game dibuat? Jika pernah terbesit di kepala sepertinya kamu akan cocok dengan pekerjaan IT satu ini. Game Developer adalah seorang profesional yang terlibat dalam pembuatan permainan video, baik itu permainan untuk konsol, PC, ponsel, atau platform lainnya. Tugas utama seorang Game Developer meliputi merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan permainan video mulai dari konsep awal hingga produk akhir. Mereka menggunakan berbagai alat dan teknologi pengembangan software,seperti bahasa pemrograman, mesin permainan (game engine), alat desain, dan alat pengujian untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan memuaskan.

9. Network Administrator

Network Administrator atau Administrator Jaringan adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengelola, memelihara jaringan komputer suatu organisasi. Dengan cara mengelola perangkat jaringan, seperti switch, router, firewall, dan server jaringan, serta memastikan keberlanjutan, keamanan, dan performa jaringan. Mereka juga bertanggung jawab untuk memecahkan masalah jaringan, mengelola hak akses pengguna, serta melakukan pemantauan dan peningkatan kinerja jaringan. Network Administrator juga mengatur kebijakan keamanan jaringan, melibatkan pengaturan firewall, VPN, atau langkah-langkah keamanan lainnya untuk melindungi jaringan dari ancaman keamanan, serta melakukan backup dan pemulihan data jaringan. Pengetahuan dalam konfigurasi jaringan, protokol jaringan, kebijakan keamanan jaringan, serta keterampilan pemecahan masalah dan analisis jaringan adalah keterampilan yang diperlukan bagi seorang Network Administrator.

10. Information Security Specialist

Beberapa bulan yang lalu kita digegerkan dengan bocornya data E-KTP oleh hacker Bjorka. Pekerjaan IT satu ini ternyata sangat dibutuhkan di era yang mana semua hal berkaitan dengan informasi. Information Security Specialist atau Spesialis Keamanan Informasi adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk melindungi dan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data serta sistem informasi. Information Security Specialist juga melakukan pemantauan, deteksi, dan penanganan insiden keamanan, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan kebijakan dan praktik keamanan informasi.


11. Mobile App Developer

Pekerjaan IT yang terakhir ada, Mobile App Developer atau Pengembang Aplikasi Mobile adalah seorang profesional IT yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi mobile yang dapat dijalankan pada perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Tugas utama seorang Mobile App Developer meliputi pemahaman kebutuhan pengguna, merancang antarmuka pengguna yang intuitif, mengimplementasikan fungsionalitas aplikasi, menguji kinerja dan keberlanjutan aplikasi, serta mengoptimalkan performa aplikasi untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik. Mereka menguasai bahasa pemrograman dan teknologi yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi mobile, seperti Java, Swift, Kotlin, atau React Native, serta memahami prinsip desain responsif untuk membuat aplikasi yang dapat beradaptasi dengan berbagai perangkat mobile dan sistem operasi yang berbeda. Gaji seorang Mobile App Developer berkisar 5 juta hingga 18 juta rupiah per bulan, tergantung pada level dan kompleksitas proyek yang ditangani.

Jadi itu dulu ya MESfriend macam-macam pekerjaan di bidang IT yang banyak dibutuhkan dan kiranya perlu kamu ketahui. Nah, untuk kamu yang ingin menjadi seorang profesional pada bidang pekerjaan IT kamu harus cek website MyEduSolve. karena disana kamu bisa memperoleh sertifikasi yang kamu butuhkan untuk karier yang kamu idamkan. Dengan memiliki sertifikasi, pengetahuanmu berarti memenuhi standar industri dan diakui oleh pemberi kerja.

Klik di sini untuk mendapatkan sertifikasi resmi yang kamu butuhkan.


Articles Info

author:undefined
myedusolve

Macam-macam pekerjaan di bidang IT yang perlu kamu ketahui

Posted: Wednesday, Apr 26, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

IT Specialist
Pekerjaan IT
bidang IT profesional

36,060

Recommended Articles

Relevant Certifications

IT Specialist: Data Analytics Certification

Rp 0