Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Impostor Syndrome: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Impostor syndrome adalah salah satu istilah yang menggambarkan sikap seseorang yang sering meragukan keterampilan, bakat, atau prestasi yang dimiliki dan merasa pencapaian itu palsu.

Posted: Saturday, Oct 29, 2022

Share:

Impostor Syndrome: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya cover

Pernahkah kamu meragukan pencapaian yang kamu miliki setelah berusaha sedemikian keras? Jika iya, maka mungkin saja kamu adalah salah satu orang yang memiliki impostor syndrome

Pada artikel berikut ini, kita akan membahas apa itu impostor syndrome, penyebab munculnya, dan cara mengatasinya. Simak terus ya, MESFriend!

Pengertian Impostor Syndrome

Dalam bahasa Indonesia, impostor syndrome artinya sindrom penipu. Impostor syndrome adalah sebuah istilah yang muncul untuk menggambarkan sikap seseorang yang sering merasa ragu atas keterampilan, bakat, hingga pencapaian yang mereka miliki sebagai hal yang palsu.

Baca juga: Self Acceptance Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Penyebab Impostor Syndrome

Banyak orang yang memiliki impostor syndrome berasal dari keluarga yang selalu menekankan pencapaian dan kesuksesan. Dilansir dari VeryWellHealth, ada empat penyebab utama yang memicu munculnya sindrom ini, yaitu:

  • Dinamika dalam keluarga

Keluarga yang selalu menekankan pencapaian dan kesuksesan dinilai cenderung akan menuntut anak-anak mereka untuk melakukan hal yang sama. Hal ini dapat membuat anak-anak mereka merasa 

  • Ekspektasi yang muncul dari sebuah kultur

Perbedaan budaya akan membangun nilai yang berbeda juga. Perbedaan ini akan mempengaruhi bagaimana penilaian dan pandangan masyarakat yang ada di dalamnya terhadap definisi pendidikan, karier, dan arti sukses bagi mereka.

  • Perbandingan

Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain akan memicu emosi negatif yang dapat membuat kamu merasa gagal hanya karena tidak memiliki pencapaian yang sama seperti orang lain.

  • Karakter Perfeksionis

Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin selalu mengerjakan sesuatu dengan sempurna dan merasa tidak puas apabila ada satu hal yang kurang atau terlewat

Cara Mengatasi Impostor Syndrome

Meskipun impostor syndrome tidak bisa dikatakan mudah untuk diatasi, namun ada  beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi impostor syndrome:

  • Belajar untuk menetapkan tujuan yang realistis.

  • Kenali keterampilan apa yang kamu miliki.

  • Menetapkan batasan dan batasan untuk menghindari kerja berlebihan.

  • Berlatihlah menerima dan menghadapi kegagalan dengan cara yang sehat.

  • Selalu ingat, bahwa pada hakikatnya tidak ada orang yang sempurna.

  • Membuat definisi sukses versimu tanpa menyertakan pendapat atau pandangan dari orang lain.

  • Jangan hanya mengandalkan validasi eksternal, tapi validasi internal juga dari dirimu sendiri

Baca juga: Mengenal Produktivitas Kerja dan Cara Meningkatkannya

Demikian penjelasan terkait pengertian impostor syndrome dan beberapa cara untuk mengatasinya. Jika kamu masih memiliki sejumlah pertanyaan terkait sindrom penipu atau seputar mental health lainnya, kamu bisa mengirimkan pertanyaanmu secara anonim di halaman #TalktoDIAN.

Related Tags

Impostor Syndrome

6,688

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.