Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mudah Center Objek di Adobe Illustrator, Cocok untuk Pemula

Adobe illustrator merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk kebutuhan design grafis dan produk visual lainnya. Simak cara mudah center objek di Adobe Illustrator di artikel ini!

Posted: Friday, Aug 11, 2023

Share:

Cara Mudah Center Objek di Adobe Illustrator, Cocok untuk Pemula cover

Untuk orang yang baru belajar Adobe Illustrator pasti memerlukan waktu untuk mempelajari software desain grafis tersebut sampai lancar. Salah satu permasalahan yang dialami pemula adalah bingung ketika ingin memusatkan objek. Nah, artikel ini akan membahas tentang cara center objek di Adobe Illustrator yang mudah dipahami pemula. Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Mengapa Illustrator Ingin Memusatkan Objek?

Seorang ilustrator seringkali bereksperimen ketika sedang proses merancang desain. Mereka akan mencoba menempatkan objek di berbagai posisi pada art board kosong dan menyebabkan objek tidak berada di tengah-tengah kanvas.

Oleh karena itu, ilustrator perlu kembali memusatkan objek di tengah-tengah kanvas. Ilustrator hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk mengembalikan objek ke tengah kanvas dengan metode drag atau snap apalagi jika objeknya hanya sedikit.

Pemusatan objek juga sering dipakai oleh illustrator untuk menyinkronkan banyak gambar atau membuat efek visual berupa bayangan dan gambar berlapis.

Caranya dengan memindahkan gambar yang berukuran lebih kecil ke dalam objek gambar yang lebih besar. Untuk memberikan efek yang lebih nyata dan kontras, ilustrator juga bermain pada gradasi warna.

Di samping itu, banyak ilustrator juga menggunakan pemusatan objek untuk membuat logo dan custom graphic. Dengan pemusatan objek di art board kosong, akan membuat hasil akhir visualisasi desain jadi lebih profesional.

Baca juga: Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop! 

Menyeleksi Objek

Bagi pemula yang ingin belajar memusatkan objek di Adobe Illustrator, lebih baik mulai dari satu objek saja, karena praktiknya yang sederhana dan cepat. Kamu hanya perlu memusatkan satu objek di tengah kanvas kosong dengan melakukan beberapa langkah.

Namun, jika ingin menyeleksi objek lebih dari dua, perlu ada sinkronisasi dan perlu satu objek sebagai jangkar kunci. Pada kebanyakan kasus, illustrator yang memusatkan objek lebih dari satu untuk merapikan objek yang saling tumpang tindih atau kurang sejajar.

Pemusatan objek dalam jumlah jamak mungkin akan sedikit sulit bagi pemula. Namun, pemula bisa memulainya dengan menyeleksi satu objek sebagai jangkar kunci. Kemudian, barulah menyeleksi objek-objek lain secara berurutan untuk dipusatkan dan dirapikan kembali.  

Memindahkan Objek

Bermain dengan Adobe Illustrator artinya kamu harus menyeleksi dan memindahkan objek untuk membuat rancangan desain grafis yang apik. Ilustrator sering memindahkan objek dalam menentukan penempatan yang tepat, sehingga visualisasi desainnya memuaskan.

Akan tetapi, dalam proses pemindahan objek tersebut, kadang-kadang malah membuat susunan desain jadi berantakan. Maka, illustrator harus merapikannya dengan memindahkan objek ke tengah kanvas melalui dragging atau snapping.

Kebanyakan illustrator lebih suka memindahkan objek dengan cara dragging atau menyeret objek. Jadi, saat hendak menyeret objek, illustrator akan memilih dan menggerakkan kursor ke target objek, kemudian menahan objeknya, dan menyeretnya ke lokasi yang diinginkan.

Apabila objek yang dirapikan lebih dari satu, ilustrator bisa menyeleksi objek dan menggunakan tombol panah untuk memindahkan objek baik secara vertikal (naik atau turun) maupun horizontal kembali ke tengah-tengah kanvas.

Baca juga: 7 Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator untuk Pemula! 

Cara Mudah Memusatkan Satu Objek di Art Board

Untuk belajar cara memusatkan objek di art board hanya membutuhkan tiga langkah saja. Di bawah ini akan dijelaskan cara-caranya dan bisa langsung kamu coba praktekkan di rumah.

1. Pilih objek yang akan kamu pusatkan.

2. Klik Horizontal Align Center dan Vertical Align Center bersamaan di menu ‘Align Panel’.

3. Ubah opsi Align menjadi Align to Artboard.

4. Secara otomatis, posisi pada objek yang kamu pusatkan sudah berada di tengah.

Cara Memusatkan Beberapa Objek di Adobe Illustrator

Selain memusatkan satu objek, kamu juga bisa memusatkan beberapa objek sekaligus di Adobe Illustrator.

Umumnya metode ini dipakai para ilustrator untuk mendesain layout ketika ingin memusatkan teks dan gambar yang saling berkumpul dan tumpang tindih, sehingga halaman desain terlihat rapi, tertata, dan hasilnya lebih profesional.

Ketika kamu ingin memusatkan objek gambar yang jumlahnya lebih dari satu, cara pintasnya adalah dengan memilih semua objek dan klik opsi pada ‘Center Align’.

  • Misalnya, kamu ingin menyejajarkan tiga objek di atas. Pilih objek dan klik Vertical Align Center. Kamu juga bisa menyejajarkannya dengan langsung memilih objek kunci, yakni objek yang menjadi target untuk disejajarkan. Dalam konteks gambar di atas, objek kunci adalah objek berbentuk lingkaran dan persegi.

  • Kamu tinggal klik Align to Key Object yang terletak di opsi ‘Align’, setelah itu klik objek kunci. Nantinya objek akan menjadi sejajar.

Baca juga: Shortcut Dasar yang Penting Pada Adobe Illustrator 

Cara Memusatkan Objek dan Teks di Adobe Illustrator

Supaya visualisasi karya desain lebih maksimal dan rapi, desainer sering menyejajarkan objek dengan teks. Lalu bagaimana caranya? Ikuti cara di bawah ini.

  • Contohnya, kamu ingin menyejajarkan objek dan teks di atas supaya tampilannya lebih rapi dan memiliki daya tarik visual.

  • Dengan melihat ilustrasi di atas, kursor menunjuk objek lingkaran. Artinya, objek lingkaran tersebut sebagai jangkar kunci.

  • Lalu, apabila kamu ingin menyejajarkan objek dan teks, klik objek dan teks. Selanjutnya klik Horizontal Align Center.

  • Setelah itu opsi pada ‘Align’ otomatis akan berubah menjadi Align to Selection.

  • Nanti tampilan desainmu akan berubah menjadi lebih rapi seperti gambar di atas.

Demikian penjelasan ringan tentang cara center objek di Adobe Illustrator yang mudah dipahami dan ditiru oleh pemula. Yuk, tingkatkan skill desain kamu dengan mengikuti kursus sertifikasi internasional Adobe Illustrator dari MyEduSolve yang dapat berlaku seumur hidup. Baca informasi lebih lanjut hanya di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://illustratorhow.com/center-object/  

https://www.techwalla.com/articles/how-do-i-center-an-object-in-illustrator


Related Tags

Adobe Illustrator
Teknologi

4,544

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.