Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word Dengan Mudah!

3 Cara Praktis Mengatur Spasi di Microsoft Word, ini panduan mudah untuk memperbaiki jarak antar kata, paragraf, dan tabel dengan fitur yang praktis dan cepat.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word Dengan Mudah! cover

Ketika kamu sedang membuat dokumen teks di Microsoft Word, pasti perlu melakukan pengaturan spasi di Word agar tulisan lebih rapi dan enak dibaca. 

Untung saja mengatur spasi di Microsoft Word tidak sulit dan pasti bisa dipraktekkan langsung oleh pemula. Artikel ini akan menerangkan cara mengatur spasi di seluruh versi Microsoft Word. Simak sampai akhir, ya!

Fungsi Spasi pada Teks

Spasi adalah sebuah jarak antara setiap kata dalam sebuah rangkaian kalimat. Penggunaan spasi ini sangat penting dalam penulisan kalimat. Selain supaya kalimat enak dibaca, fungsi spasi pada penulisan kalimat agar memudahkan pembaca dalam memilih kata-perkata dalam teks sehingga konteks tulisannya lebih mudah dipahami dan ditafsir.

Dengan begitu diharapkan pesan dan konteks penulisan oleh penulis dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.  

Dalam penggunaan software pengolah kata Microsoft Word, kamu dapat mengatur penggunaan spasi dalam teks sesuai kebutuhan.

Terlebih jika kamu sedang mengerjakan dokumen seperti makalah, penelitian ilmiah, skripsi, dan tesis yang seringkali mengharuskan penulisnya mengikuti ketentuan mengenai format margin dan spasi yang sudah ditetapkan.

Kamu dapat mengatur spasi di Word menggunakan fitur line and paragraph spacing. Selain untuk mengatur spasi, fitur tersebut juga memungkinkan kamu untuk merapatkan atau merenggangkan paragraf.

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word Dalam Dunia Kerja

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

Walaupun Microsoft Word sudah memiliki pengaturan spasi secara otomatis, tetapi kadang-kadang format spasi bawaan dari Microsoft Word masih kurang sesuai dengan keinginan. Nah, kamu bisa mengatur sendiri spasi di Microsoft Word secara praktis dengan mempraktekkan cara-cara di bawah ini.

  1. Cara Mengatur Spasi Antar Baris di Microsoft Word

Spasi antarbaris merupakan jarak antara setiap baris teks dalam satu paragraf. Microsoft Word menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya mengatur ulang jarak spasi antar baris sesuai keinginan dengan langkah berikut:

  • Buka program Microsoft Word yang sudah tersedia di laptop atau komputer andamu.

  • Pilihlah file yang hendak diperbaiki dan klik untuk membuka.

  • Kemudian, klik tab Home begitu file berhasil terbuka.

  • Cari kategori menu ‘Paragraph’.

  • Pilih opsi Line and Paragraph Spacing dengan simbol teks dan anak panah.

  • Klik Line Spacing Option.

  • Setelah itu, akan muncul jendela baru dan pilih tab menu Indents and Spacing.

  • Pada kolom ‘Spacing’, kamu bisa memasukkan skala dan opsi jarak spasi yang diinginkan. Pada opsi Line Spacing kamu bisa memilih jenis spasi: single (spasi tunggal), 1,5 lines (spasi 1,5-pt), double (spasi ganda), at least (spasi minimal yang berisi elemen dalam suatu baris), dan multiple (spasi berdasarkan persentase).

  • Setelahnya, kamu bisa memasukkan skala atau jarak spasi yang diinginkan di kolom At.  

  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan pengubahan format.

Namun, kamu juga dapat mengatur jarak spasi melalui shortcut. Caranya:

  • Blok teks yang ingin diperbaiki formatnya.

  • Kemudian tekan tombol Ctrl + 2 jika ingin mengubah spasi ke spasi ganda. Tekan tombol Ctrl + 5 apabila ingin mengatur spasi menjadi 1,5-pt. Bisa juga tekan shortcut Ctrl + 1 untuk spasi tunggal.

Baca juga: Seberapa Penting Menguasai Microsoft Office di Dunia Kerja?

  1. Cara Mengatur Spasi Antar Paragraf di Microsoft Word

Fitur line and paragraph spacing yang disediakan Microsoft Word juga memungkinkan kamu untuk mengatur spasi antar paragraf dalam teks.

Spasi antar paragraf adalah jarak paragraf satu dan lainnya, supaya dapat memberi ruang antara paragraf, judul, subheading, dan teks. Dengan pemisahan antarparagraf dapat meningkatkan kenyamanan dalam membaca teks. Nah, berikut cara mengatur spasi antar paragraf:

  • Buka program Microsoft Word yang ada di perangkat komputer milikmu.

  • Pilih dokumen yang ingin kamu edit dan klik untuk membukanya.

  • Setelah file berhasil dibuka, blok pada teks yang ingin diedit. Namun, jika kamu ingin mengedit seluruh teks, bisa tekan tombol CTRL + A pada keyboard.

  • Klik tab Home.

  • Pilih menu Line and Paragraph Spacing yang masuk ke dalam kategori ‘Paragraph’.

  • Kemudian, terdapat sejumlah opsi yang tersedia. Kamu dapat memilih Add Space Before Paragraph untuk memberikan spasi antar paragraf. Sementara itu, opsi Remove Space After Paragraph bisa dibeli kalau kamu ingin menghilangkan jarak antar paragraf.

  • Setelah kamu klik opsi spasi, secara otomatis jarak paragraf akan langsung berubah.

Baca juga: 4 Tips Merapikan Format Tulisan Microsoft Word yang Berantakan dengan Cepat

  1. Cara Mengatur Spasi Antar Huruf di Microsoft Word

Selain mengatur spasi antar paragraf dan antar baris, kamu juga bisa mengubah format standar antar huruf di Microsoft Word. Caranya sangat mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka software Microsoft Word di komputer atau laptop.

  • Selanjutnya, buka dokumen yang akan diedit.

  • Lalu blok teks yang ingin diatur ulang format spasinya.

  • Klik tab Home.

  • Kemudian, cari kolom ‘Font’, klik simbol anak panah kecil di bagian kanan bawah kolom.

  • Nanti akan muncul dialog box dan cari kolom ‘Character Spacing’.

  • Klik panah pada kolom Spacing. Opsi Expanded untuk merenggangkan spasi antar huruf sedangkan opsi Condensed untuk merapikan spasi antar huruf.

  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan format.

Itu dia ulasan lengkap tentang pengaturan spasi di Word yang wajib diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa langsung dipraktekkan sendiri di rumah. Jika ingin meningkatkan kemahiran dan melegitimasi kemampuanmu dalam mengoperasikan Microsoft Word secara profesional, segera bergabung ke program sertifikasi resmi Microsoft Word Associate dari MyEduSolve. Dapatkan info menarik lainnya dengan mengunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

Fungsi Spasi http://sastra-indonesia.com/2020/06/apa-fungsi-spasi/ (Diakses Februari 2024) 

Cara Mengatur Spasi Antarbaris, Paragraf, dan Huruf di Word https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230607093203-190-958597/cara-mengatur-spasi-antarbaris-paragraf-dan-huruf-di-word (Diakses Februari 2024)

Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word Dengan Mudah!

Posted: Monday, Feb 19, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Microsoft word
pengembangan skill

278

Recommended Articles

Relevant Certifications

Word Expert (Office 2019) Certification

Rp 0

Word Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0