Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Membuat Headline LinkedIn Untuk Fresh Graduate!

Cek 5 tips jitu bikin headline LinkedIn yang menarik buat fresh graduate, lengkap dengan contohnya. Bikin profil kamu menonjol dan tarik atensi rekruter!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Mar 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Membuat Headline LinkedIn Untuk Fresh Graduate! cover

Supaya akun Linkedin bisa menarik perhatian tim recruiter, sebaiknya buat headline yang atraktif dan menjual.

Tapi, bagaimana caranya membuat headline Linkedin supaya bisa eye-catching? Kalau kamu bingung, yuk baca artikel berikut yang akan mengulas contoh headline Linkedin dan juga tips membuat headline Linkedin yang impactful. Simak sampai akhir artikel, ya.

Pengertian Headline Linkedin

Linkedin merupakan sebuah platform atau sosial media untuk memperluas koneksi dan jaringan secara profesional. Pemakaian Linkedin sangat disarankan jika kamu ingin membangun personal branding, menambah relasi, dan mencari peluang untuk mendapatkan karir impian.

Jika kamu membuka profil Linkedin, kamu akan menemukan kolom kecil tepat di bawah foto profil yang sering disebut headline. Biasanya akun Linkedin akan muncul ke pencarian berdasarkan keyword yang ditulis di headline.

Tidak hanya itu saja, keyword yang ditulis di headline juga akan mempengaruhi rekomendasi koneksi, rekomendasi lowongan pekerjaan, postingan pada akun kamu. Maka dari itu, kamu perlu memaksimalkan fitur ini dengan baik agar profilmu tampak menonjol dan dapat menarik tim recruiter untuk menawarkan lowongan pekerjaan padamu.

Baca juga: 6 Cara Jitu Mendapat Tawaran Pekerjaan dari Linkedin

Fungsi Headline Linkedin

Fitur headline pada profil Linkedin merupakan fitur penting yang membuat profilmu bisa dijangkau oleh banyak orang berdasarkan keyword yang kamu tulis dalam 120-220 kata saja. Supaya kamu lebih paham lagi, berikut sejumlah fungsi headline pada profil Linkedin-mu.

  1. Resume Singkat

Headline berfungsi sebagai resume singkat tentang diri kamu yang bersifat publik. Melalui headline, tim recruiter akan mendapatkan gambaran singkat mengenai siapa kamu, apa yang kamu lakukan, dan kemampuan apa yang bisa kamu tawarkan.

  1. Muncul di Pencarian

Headline juga berfungsi untuk mempermudah pencarian dengan proses filtering keyword. Melalui headline, tim recruiter dapat mencari rekomendasi profil Linkedin berdasarkan keyword yang dicari. Bahkan, tulisan pada headline Linkedin juga dapat muncul di pencarian Google. Jadi, tim recruiter dapat langsung memilih kandidat dengan melihat headline yang menarik dan sesuai.

  1. Membentuk Algoritma

Penulisan headline pada profil Linkedin juga akan mempengaruhi algoritma akun kamu. Nantinya, kamu akan mendapatkan banyak rekomendasi koneksi yang sejalur dengan bidang dan ketertarikan kamu.

Tidak menutup kemungkinan juga kamu akan muncul di jajaran akun rekomendasi kredibel di industri tertentu, sehingga peluang kamu lebih tinggi untuk dihubungi tim recruiter.

Tips Mengisi Headline Linkedin

Mengisi headline yang menarik gampang-gampang susah. Untuk kamu yang masih bingung headline di Linkedin diisi apa, yuk, simak tips-tips berikut.

  1. Lakukan Personal Branding sesuai dengan Audiens

Untuk membuat profil Linkedin-mu terlihat menonjol dan menarik, tentu saja kamu harus mengetahui target audiens dan buatlah personal branding. Cari tahu bahasa yang sehari-hari digunakan perusahaan dalam bekerja. Kemudian, cari tahu juga keyword yang berkaitan dengan jabatan yang akan kamu incar.

Misalnya, kamu ingin berkarir sebagai desain grafis untuk perusahaan luar negeri. Maka, kamu perlu menulis headline dalam bahasa Inggris. Lalu, gunakan keyword ‘design graphic’ untuk menjelaskan siapa kamu dan kemampuan apa yang kamu tawarkan.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate, Persiapkan Dari Sekarang!

  1. Menyertakan Unique Selling Proposition

Tips selanjutnya, kamu bisa mencantumkan unique selling proposition pada kolom headline Linkedin. Unique selling proposition ini adalah nilai tambah yang membedakan kamu dengan kompetitor lainnya.

Caranya bisa dengan mengambil program sertifikasi, menempuh edukasi ke jenjang lebih tinggi, atau mencari pengalaman kerja khusus pada satu industri. Contoh unique selling proposition yang sering dipakai seperti ‘certified’, ‘specialist’, dan ‘professional’.

  1. Tulis secara Spesifik

Supaya profil Linkedin-mu bisa tepat sasaran sesuai industri yang kamu inginkan, maka penting untuk menulis rangkuman gambaran dirimu secara spesifik di bagian headline.

Mengutip dari laman Job Scan, dalam menulis headline Linkedin yang menarik tapi spesifik, kamu bisa mengkombinasikan beberapa elemen seperti: judul pekerjaan, keahlian yang ditawarkan, hard skill yang kamu miliki, sertifikasi, domisili, organisasi (jika punya), prestasi yang pernah diraih, dan motto hidup.

  1. Hiasi dengan Kreativitas

Untuk menulis headline di profil Linkedin agar lebih menarik tentunya harus memasukkan kreativitas dalam merangkai kata-kata. Tujuannya agar tim recruiter yang membacanya akan tertarik dan ingin tahu profilmu lebih dalam lagi.

Jadi, dalam menulis headline di Linkedin kamu tidak perlu terlalu kaku. Masukkan sedikit kata-kata unik yang mengandung humor bisa menjadi salah satu teknik yang efektif agar profil Linkedin-mu lebih menjual.

  1. Tidak Memakai Kata-Kata Overclaim

Supaya profil Linkedin bisa dilirik tim recruiter, kamu harus bisa membuat headline yang menarik dan menjual. Meski begitu, kamu sebaiknya menghindari kata-kata yang overclaim atau terlalu memuji diri.

Alasannya, kata-kata tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, bukannya terlihat menarik, justru kamu akan memberikan kesan arogan di pandangan tim recruiter. Beberapa kata overclaim yang lebih baik tidak digunakan adalah ‘expert’, ‘superior’, ‘best’, ‘hard working’, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair

Contoh Headline Linkedin untuk Fresh Graduate

Kalau kamu masih lulusan baru, wajar saja jika masih bingung dalam mengisi akun Linkedin. Lalu, bagaimana cara mengisi akun Linkedin untuk fresh graduate agar profil terlihat menarik? Yuk, simak contoh-contoh headline di bawah ini.

  1. “Public Relation Fresh Graduate | Seeking full-time opportunity”

  2. “Design Graphic | Seeking entry-level opportunity”

  3. “Junior Copywriter – seeking many opportunity to grow”

Lalu, untuk kamu yang sudah punya pengalaman kerja, bisa mengikuti contoh headline berikut.

  1. “Senior Content Manager | Social Media Specialist | Creative Strategist”

  2. “TikTok Influencer with 3+ million followers”

  3. “Strategic maker to creating high quality viral contents”

Itu dia penjelasan mengenai contoh headline dan tips membuat headline Linkedin yang impactful. Kamu bisa berkonsultasi dan meminta saran dengan profesional terkait karir melalui fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve yang tentunya gratis.

Sumber:

10 Eye-Catching Linkedin Profile Headlines to Inspire Your Own https://www.Linkedin.com/business/talent/blog/product-tips/recruiters-with-eye-catching-Linkedin-profile-headlines (Diakses Maret 2024)

Linkedin Headline: Everything You Need to Know + 18 Examples from Real People https://www.jobscan.co/blog/impactful-Linkedin-headline-examples/ (Diakses Maret 2024)

5 Tips Menulis Headline Profil Linkedin yang Memukau plus Contohnya https://glints.com/id/lowongan/tips-menulis-headline-profil-Linkedin/ (Diakses Maret 2024)

Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Cara Membuat Headline LinkedIn Untuk Fresh Graduate!

Posted: Tuesday, Mar 19, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Pencarian kerja

157

Recommended Articles