Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator Menggunakan Fitur Drop Shadow

Membuat bayangan atau shadow adalah salah satu teknik dalam karya design. Simak cara membuat bayangan di Adobe Illustrator menggunkan fitur Drop Shadow

Posted: Wednesday, Sep 20, 2023

Share:

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator Menggunakan Fitur Drop Shadow cover

Kamu mungkin ingin menambahkan bayangan di ilustrasi digital yang kamu buat supaya gambar dua dimensi yang kamu buat terlihat lebih nyata. Jika kamu menggunakan software Adobe Illustrator, yuk merapat! 

Artikel ini akan membahas cara membuat bayangan di Adobe Illustrator. Baca artikel berikut sampai selesai, ya.

Berkenalan dengan Fitur Drop Shadow dan Cast Shadow di Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah salah satu software populer untuk menggambar desain dan ilustrasi vector. Adobe Illustrator tergolong software yang mudah digunakan dan memiliki fitur cukup lengkap, sehingga bisa dipakai untuk pemula sampai profesional.

Salah satu fitur yang sering dipakai oleh ilustrator adalah ‘Drop Shadow’ yang berfungsi untuk memberi efek bayangan pada gambar. Adanya bayangan tersebut akan memberi kesan yang lebih nyata pada gambar dua dimensi pada lembar kerja.

Selain menggunakan fitur Drop Shadow, ada juga fitur lain yang kerap digunakan ilustrator untuk membuat efek bayangan pada gambar, yaitu fitur ‘Cast Shadow’. Lalu, apa perbedaan antara ‘Drop Shadow’ dan ‘Cast Shadow’?

‘Drop Shadow’ dapat menambahkan efek bayangan yang bersifat dekoratif untuk menyempurnakan visualisasi gambar.

Misalnya kamu ingin membuat objek gambar terlihat seperti melayang, maka kamu bisa menggunakan fitur ‘Drop Shadow’ ini.

Efek bayangan yang diberikan fitur ‘Drop Shadow’ akan menambah ‘kedalaman’ gambar sehingga objek gambar tampak lebih realistis. Namun, kebanyakan ilustrator menggunakan fitur ‘Drop Shadow’ ini untuk memberikan efek di objek gambar yang berupa teks dan tombol.

Sementara itu, pada ‘Cast Shadow’ kebanyakan dipakai ilustrator untuk memberi bayangan pada objek gambar dengan posisi tegak lurus.

Selain itu, biasanya fitur ini dipakai untuk menambahkan bayangan pada objek gambar berupa gambar nyata. Misalnya objek gambar adalah vas yang berada di meja atau orang yang sedang berdiri di tanah.

Baca juga: Shortcut Dasar yang Penting Pada Adobe Illustrator 

Kapan Harus menggunakan Drop Shadow?

Bagi ilustrator pemula mungkin akan kebingungan fitur manakah yang digunakan jika ingin menambah bayangan di desain gambar mereka.

Fitur ‘Drop Shadow’ dapat digunakan jika kamu ingin menambahkan ilusi melayang pada objek gambar.

Sebaiknya terapkan fitur ‘Drop Shadow’ bila objek gambar letaknya sejajar dengan latar belakang. Lalu kamu tinggal menambahkan warna gelap di latar belakang. Nantinya akan muncul ilusi mengambang di depan latar belakang objek gambar.

Jika palet warna gelap akan membuat ilusi bayangan, ‘Drop Shadow’ juga dapat memberi ilusi bercahaya pada objek gambar apabila user memilih warna-warna terang di bagian latar belakangnya.

Kesimpulannya, kamu bisa menggunakan ‘Drop Shadow’ untuk membuat bayangan di objek gambar berupa teks dan tombol. Sebab, fitur ini sangat baik dalam menonjolkan teks dan gambar tombol dengan latar belakang.

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator Memakai Fitur Drop Shadow

Setelah mengetahui kelebihan fitur ‘Drop Shadow’, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini dan langsung praktekkan cara membuat bayangan di Adobe Illustrator menggunakan fitur ‘Drop Shadow’. Yuk, simak!

  1. Seleksi objek gambar di lembar kerja.

  2. Klik tab Effect.

  3. Pilih menu Stylize.

  4. Pilih Drop Shadow.

  5. Lalu, akan muncul jendela baru. Kamu bisa mulai membuat ilusi dengan mengatur: Mode, Opacity, X Offset, Y Offset, Blur, Color, dan Darkness.

  6. Pertama-tama, mulai atur Mode dengan klik panah pada kolom. Lalu, akan muncul 16 opsi yang bisa kamu pilih. Klik salah satu efek yang ingin kamu coba. Misalnya kamu ingin coba mode Overlay.

  7. Kedua, atur Opacity. Fungsinya untuk mengatur ilusi transparan yang ingin ditampilkan. Kamu bisa tekan anak panah pada kolom untuk menyesuaikan efek transparan sesuai keinginan. Misalnya, kamu ingin mempertahankan efek transparan di level 50%.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Mewarnai di Adobe Illustrator dengan Mudah 

  1. Ketiga, atur posisi bayangan pada objek gambar melalui X Offset untuk posisi horizontal dan Y Offset untuk posisi vertikal. Atur nilai negatif pada X Offset bila kamu ingin meletakkan bayangan di sebelah kiri dan atur nilai negatif pada Y Offset bila kamu ingin meletakkan bayangan di atas. Sebagai contoh, kamu ingin membuat ilusi melayang pada objek gambar. Maka tempatkan bayangan di sebelah sisi kanan dan sisi bawah. Lalu kamu ingin efek bayangan yang tidak terlalu panjang, maka masukkan nilai 15px di masing-masing kolom X Offset dan Y Offset.

  2. Keempat, atur keburaman bayangan melalui kolom Blur. Skala yang tersedia mulai dari 0px – 20px. Umpamanya, kamu ingin membuat bayangan yang sangat buram, maka masukkan nilai 20px di kolom Blur.

  3. Jangan lupa atur warna bayangan melalui opsi Color. Namun, karena kamu ingin membuat bayangan, maka pilihlah palet warna yang gelap misalnya warna hitam.

  4. Opsi Darkness memungkinkan kamu untuk mengatur seberapa dalam ilusi yang ingin ditampilkan pada objek gambar. Kamu bisa mengaturnya dari skala 0%  – 100%. Semakin besar skala yang kamu pilih, maka semakin dalam ilusi yang kamu buat.

  5. Setelah mengatur semuanya, klik tombol OK.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara membuat bayangan di Adobe Illustrator dengan fitur ‘Drop Shadow’? Yuk, tingkatkan kemahiran kamu dalam mengoperasikan software Adobe Illustrator dan jadilah ilustrator profesional dengan mengikuti program sertifikasi resmi Ilustrator dan Desain Grafis Adobe Illustrator dari MyEduSolve.

Baca juga: 5 Tools Adobe Illustrator Yang Wajib Pemula Ketahui 

Jika mengikuti program sertifikasi ini, kamu akan mendapatkan sertifikat langsung dari Adobe dengan masa berlaku tiga tahun, tes praktek tak terbatas, dan rekaman materi pembelajaran daring. Dapatkan informasi lebih lanjut, langsung akses laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://www.linearity.io

https://design.tutsplus.com/tutorials/

Related Tags

Adobe Illustrator
Teknologi

4,505

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.