Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Belajar AutoCAD untuk Pemula: Hanya dengan 7 Langkah!

Cara terbaik untuk belajar AutoCAD adalah dengan langsung mempraktekkannya. Namun, sebelum mulai berlatih, kamu harus mengetahui langkah-langkah dasar agar dapat mahir menggunakan software ini. Pelajari panduannya di artikel ini!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Monday, Apr 01, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Belajar AutoCAD untuk Pemula: Hanya dengan 7 Langkah! cover

AutoCAD atau Automatic Computer Aided Design merupakan software desain yang umum digunakan oleh berbagai profesi seperti arsitek, engineer, dan desainer untuk membuat gambar desain dalam format dua dimensi dan tiga dimensi.

Mengapa kita harus belajar AutoCAD?

Keterampilan dalam menggunakan AutoCAD tidak hanya relevan dalam industri konstruksi dan arsitektur seperti yang telah disebutkan sebelumnya,  tetapi juga dalam berbagai bidang lain seperti rekayasa mekanik, desain produk, desain interior, dan lain-lain sehingga mempelajarinya dapat meningkatkan peluang kerja dan mengembangkan karier di bidang tersebut.


Software ini memiliki banyak fitur dan fungsi yang cukup kompleks, sehingga jika kamu baru mau memulai menggunakan AutoCAD, penting untuk mempelajari langkah-langkah dasar agar bisa mengoperasikannya dengan baik. Simak penjelasan di bawah untuk mempelajari lebih lanjut!

Cara Belajar AutoCAD

  1. Siapkan Perangkat dan Software

Pertama, kamu harus memastikan perangkat yang kamu gunakan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh AutoCAD. Cek spesifikasi minimum yang diperlukan oleh versi AutoCAD yang ingin kamu unduh. Biasanya, persyaratan meliputi sistem operasi, RAM, ruang penyimpanan, dan prosesor. 


Kemudian, unduh dan instal perangkat lunak AutoCAD ke komputermu dengan mengakses situs web resmi Autodesk (https://www.autodesk.com/products/autocad/overview) untuk mengunduh AutoCAD. Pastikan kamu mengakses situs yang aman dan resmi untuk menghindari unduhan ilegal atau berbahaya.


Baca juga: Tips Memilih Versi AutoCAD Terbaik Berdasarkan Spesifikasi Komputer dan Kebutuhan!

  1. Pelajari Tampilan AutoCAD

Selanjutnya, pelajari tampilan yang ada di AutoCAD agar kamu dapat dengan mudah dan terbiasa dalam menggunakan perangkat lunak ini. 


Mulailah dengan memperhatikan tampilan-tampilan yang muncul di layar monitor. Kamu bisa melakukan navigasi gambar, kemudian zoom in dan zoom out.


Setidaknya, ada beberapa elemen dasar pada tampilan AutoCAD yang harus kamu ketahui:

  • Orientation tools: Berisi alat-alat seperti 'View Cube' dan 'NavBar' untuk menavigasi tampilan objek. 

  • Quick Access Toolbar: Berisi ikon-ikon untuk melakukan tindakan seperti 'New Project', 'Open', dan 'Save'.

  • Ribbon: Menyediakan akses ke alat dan perintah untuk membuat desain.

  • Command bar: Digunakan untuk memasukkan perintah dengan mengetikkannya secara langsung. 

  1. Pelajari Fitur dan Tools yang Tersedia

Selanjutnya adalah mengenal fitur-fitur dan tools yang tersedia di AutoCAD. 


Software ini menyediakan beragam fitur dan tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerjamu dalam proses desain. Mulai dari editing dan modeling gambar 2D dan 3D, mengatur tampilan layar, tool palettes, dll. Berikut beberapa fitur dan tools  yang tersedia di software ini:

  • Graphic Area

  • Options Ribbon

  • Pull-Down Menu Bar

  • Toolbox

  • dsb.


Baca juga: AutoCAD, Ini Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

  1. Pelajari Command atau Perintah

AutoCAD menyediakan berbagai perintah yang dapat membantu dalam proses menggambar, seperti perintah Modify untuk melakukan modifikasi pada objek yang sudah ada, serta perintah Annotate untuk menambahkan teks dan dimensi pada gambar. 


Perintah-perintah ini dapat kamu gunakan melalui fitur Command Line yaitu kolom di bawah layar yang berfungsi untuk memasukkan perintah pada AutoCAD. Kamu bisa mencoba membuat gambar secara asal terlebih dahulu untuk mulai mempelajari command pada AutoCAD. 


Berikut beberapa command dasar yang sering digunakan:

  • Line: Perintah untuk menggambar garis dengan mengetik "L" pada keyboard dan tekan Enter.

  • Circle: Perintah untuk membuat lingkaran dengan mengetik "C" pada keyboard dan tekan Enter.

  • Copy: Perintah untuk menyalin objek, caranya dengan mengetik huruf "C" atau "Co" atau "CP" di kolom command.


Baca juga: Cara Menggabungkan Garis di AutoCAD, Mudah dan Praktis!

  1. Pelajari Standar Gambar

Setelah memahami tampilan, fitur & tools, serta command yang ada di AutoCAD, langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari standar-standar menggambar dalam AutoCAD. 


Tujuannya adalah agar gambar yang kamu buat dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Kamu perlu memperhatikan aspek-aspek seperti skala, ukuran kertas, jenis garis, dan lain-lain.


Biasanya, standar menggambar yang digunakan dalam sebuah gambar AutoCAD adalah ISO-25.

  1. Mulai Menggambar

Sekarang saatnya untuk memulai proses menggambar sesuai dengan kebutuhanmu. Cobalah untuk membuat desain-desain sederhana, seperti TV, meja, atau lemari yang dapat menjadi latihan awal yang baik untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan AutoCAD. 


Dengan berlatih membuat objek-objek sederhana ini, nantinya kamu akan semakin terbiasa dalam menggunakan AutoCAD.

  1. Berlatih

Salah satu cara cepat agar kamu semakin mahir dalam menggunakan AutoCAD adalah dengan berlatih secara konsisten. 


Setelah kamu memahami langkah-langkah penggunaannya, jangan lupa untuk melatih kemampuanmu secara teratur. 


Jika kamu masih merasa kurang paham, kamu dapat meningkatkan pemahamanmu dengan mengikuti tutorial-tutorial yang tersedia di platform seperti YouTube. 


Nah, itu dia langkah-langkah dasar untuk mempelajari AutoCAD bagi pemula. Untuk meningkatkan keahlianmu dalam menjalankan aplikasi AutoCAD, kamu bisa menjalani pelatihan melalui kelas sertifikasi Autodesk AutoCAD Certification dari MyEduSolve


Yuk, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan memperluas jangkauan kariermu dengan mendaftar sekarang di laman resmi MyEduSolve!

Articles Info

author:Laiqa Ayesha
Laiqa Ayesha

Cara Belajar AutoCAD untuk Pemula: Hanya dengan 7 Langkah!

Posted: Monday, Apr 01, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Pengembangan Skill
AutoCad
cara belajar AutoCad

119

Recommended Articles

Relevant Certifications

Autodesk AutoCAD Certification

Rp 0