Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Berikut ini 5 Langkah Layouting dan Membuat Majalah di InDesign!

Pada artikel kali ini kamu akan belajar layout majalah inDesign yang bisa dilakukan untuk pemula!

Posted: Wednesday, Nov 09, 2022

Share:

Berikut ini 5 Langkah Layouting dan Membuat Majalah di InDesign! cover

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar bagaimana membuat daftar isi dengan menggunakan Adobe InDesign. Selanjutnya, pada artikel ini kita akan mengetahui bagaimana cara membuat layout majalah dengan InDesign. Simak terus ya, MESFriend!

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Indesign untuk Pemula!

Pengertian Layout

Pengertian layout menurut StudySmarter adalah mengacu pada cara sesuatu dirancang, diatur, atau ditata dan juga biasanya mengatur bagaimana elemen visual, seperti gambar, font, dan judul, disajikan pada sebuah halaman. 

Contoh Layout Majalah

Untuk referensi, kamu juga bisa melihat beberapa contoh template layout majalah InDesign disediakan oleh Adobe yang bisa kamu akses dan unduh secara gratis.

Cara Membuat Layout Majalah

Dikutip dari laman Adobe, desain layout majalah bisa kamu buat dengan mudah melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Menyiapkan dokumen yang ingin kamu kerjakan

Jika kamu baru ingin memulai dokumen baru, maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan setelah membuka Adobe InDesign adalah dengan memilih File > New > Document. Kemudian tentukan dan pilih ukuran halaman yang sesuai setelah tampilan jendela New Document muncul. Kamu bisa memilih Print atau Web sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu, tambahkan minimal 3 halaman lembar kerja dan atur bleed guides ke 1.25 inch > klik Create.

  1. Tambahkan elemen desain

Ketika pengaturan dokumen lembar kerja sudah selesai, selanjutnya kamu bisa menambahkan elemen desain ke dalamnya. Pilih Layout > Margins And Columns kemudian setelah muncul dialog box, kamu dapat menyesuaikan jarak garis tepi yang diinginkan > klik OK.

  1. Mengatur jumlah column dan ukuran margin

Untuk mempermudah menambahkan konten desain ke layout, kamu juga perlu mengatur margin and column guides untuk bingkai di mana konten akan kamu letakkan. Caranya dengan pilih Layout > Margins And Column, lalu sesuaikan jumlah kolom yang kamu butuhkan.

  1. Tambahkan horizontal guides untuk menyelaraskan visual layout

Untuk membagi tata letak visual menjadi tiga atau empat, kamu bisa menggunakan perintah Create Command. Caranya dengan pilih Layout > Create Guides, setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengubah baris yang kamu butuhkan lalu klik OK.

  1. Tambahkan konten pada lembar kerja

Pada tahap terakhir, kamu sekarang dapat mulai menambahkan elemen desain atau menyisipkan bingkai placeholder pada layout majalah InDesign yang sudah kamu buat. Ada beberapa tambahan catatan apabila kamu ingin menambahkan konten berupa gambar atau teks, yaitu:

  • Untuk menambahkan bingkai untuk gambar kamu perlu pilih Rectangle Frame Tool dan baru mulai membingkai.

  • Untuk menambahkan text frames, tekan tombol T pada keyboard lalu pilih Type Tool dan mulai menggambar text frames.

Baca juga: 5 Contoh PowerPoint yang Menarik dan Tidak Membosankan

Kamu bisa jadi jago dan tersertifikasi secara internasional dalam menggunakan Adobe InDesign dengan daftar Adobe Certified Professional di MyEduSolve sekarang juga!

Related Tags

Adobe InDesign

6,180

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.