Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Sertifikat Online? Kamu Bisa Mendapatkannya Di Sini!

Tahukah kamu apa itu sertifikat online? Pelajari lebih lanjut mengenai sertifikat online dan cara mendapatkannya dalam artikel ini!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Tuesday, Sep 17, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa Itu Sertifikat Online? Kamu Bisa Mendapatkannya Di Sini! cover

Saat ini, sertifikat online semakin banyak digunakan di berbagai bidang untuk membuktikan keterampilan dan pencapaian. Meskipun sudah tidak terdengar asing, mungkin masih ada beberapa hal yang membuatmu penasaran tentang sertifikat online


Apa sebenarnya sertifikat online itu? Apa manfaat yang bisa diperoleh? Dan dimana kita bisa mendapatkan sertifikat online?


Dalam artikel ini, MyEduSolve akan membahas seputar sertifikat online. Yuk, simak selengkapnya untuk memahami lebih dalam mengenai sertifikat online dan cara mendapatkannya dalam artikel ini! 


Baca juga: Jenis-jenis Sertifikat Pelatihan Online ini Bermanfaat Buat Skill di Dunia Kerja, Apa Saja?

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikat Online?

Sertifikat online adalah dokumen elektronik yang diberikan sebagai bukti pencapaian atau keterampilan setelah menyelesaikan pelatihan, kursus, ujian, atau program tertentu yang bisa diakses secara online

Sertifikat ini biasanya diterbitkan oleh lembaga pendidikan, organisasi, atau platform resmi yang diakui, sebagai tanda validasi atas kemampuan atau kompetensi seseorang.

Sertifikat online juga termasuk dalam kategori sertifikat digital, karena disimpan dan diakses dalam format elektronik, seperti PDF atau gambar. Sertifikat ini juga sering disebut sebagai e-sertifikat, yaitu dokumen sertifikasi yang sepenuhnya berbentuk elektronik, disajikan dalam format digital.

Contoh Sertifikat Online

Untuk memudahkan kamu memahami sertifikasi yang bisa diambil secara online, berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Microsoft Office Specialist

Sertifikasi untuk menguasai aplikasi Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

  1. Adobe Certified Professional

Sertifikasi yang membuktikan kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak Adobe, seperti Photoshop, Illustrator, dan Premiere Pro.

  1. IT Specialist: Networking Certification

Sertifikasi dasar dalam bidang jaringan komputer untuk meningkatkan kemampuan di bidang IT.

  1. Cisco Certified Support Technician (CCST) Networking

Sertifikasi yang dikeluarkan oleh Cisco yang memberikan pengetahuan tentang jaringan komputer.

  1. Meta Digital Marketing Associate 

Sertifikasi untuk mengakui keterampilan dalam pemasaran digital menggunakan platform Meta (Facebook, Instagram).

E-sertifikat Berguna Untuk Apa?

Kegunaan e-sertifikat dan sertifikat fisik pada dasarnya serupa, yaitu sebagai bukti resmi pencapaian atau keterampilan seseorang setelah menyelesaikan suatu program atau pelatihan tertentu. 

Namun, e-sertifikat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sertifikat fisik. E-sertifikat lebih mudah diakses, disimpan, dan dibagikan karena berbentuk digital. Kamu bisa mengirimnya melalui email atau membagikannya di platform online tanpa harus mencetaknya. 

Selain itu, e-sertifikat lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan kertas atau tinta. Beberapa e-sertifikat juga dilengkapi fitur verifikasi digital, seperti QR code, yang memudahkan pengecekan keaslian sertifikat secara online

Baca juga: cek nomor sertifikat pelatihan

Keunggulan-keunggulan tersebut menjadikan e-sertifikat lebih praktis, aman, dan mudah digunakan di dunia kerja atau pendidikan yang semakin digital.

Bisakah E-sertifikat Dicetak?

E-sertifikat biasanya dikirim melalui email dalam format PDF, sehingga tidak perlu dicetak. Namun, jika kamu memerlukan salinan fisik, kamu bisa saja mencetaknya.

Cukup unduh file e-sertifikat dan cetak menggunakan printer biasa. Beberapa lembaga juga menyediakan opsi untuk mencetak dokumen secara manual setelah diunduh. 

Tempat Beli Sertifikat Online

Untuk mendapatkan sertifikat online, kamu bisa mengambil sertifikasi di MyEduSolve. MyEduSolve adalah platform online yang menyediakan berbagai program sertifikasi resmi yang diakui secara internasional.

Di MyEduSolve, kamu dapat memilih sertifikasi yang diambil secara individual atau melalui program pelatihan dan bootcamp

Sertifikasi yang ditawarkan, dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan profesional, sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan tujuan kariermu.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sertifikasi di Bidang Keuangan yang Bisa Menunjang Karier

Demikian penjelasan mengenai sertifikat online. Yuk, tingkatkan kemampuanmu dengan mengambil sertifikasi di MyEduSolve dan nikmati berbagai manfaatnya!

Jika ada pertanyaan tentang karier atau program sertifikasi, hubungi HR Professional kami di #TalktoDIAN ya! Kamu bisa bertanya secara anonim dan gratis. 

Temukan program sertifikasi di halaman web Shop MyEduSolve. Pelajari lebih lanjut terkait program sertifikasi MyEduSolve di sini. Semoga membantu!

Related Tags

Sertifikat Online
Literasi Digital

23

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.