Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Afirmasi Positif Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Melakukan, dan Contohnya

Afirmasi positif dapat meningkatkan kepercayaan dirimu lho! Pernahkah kamu mendapatkannya? Mari ketahui selengkapnya dalam artikel berikut ini.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Jan 13, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Afirmasi Positif Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Melakukan, dan Contohnya cover

Kamu pasti pernah mengucapkan kata-kata yang mengandung makna positif, baik kepada dirimu sendiri atau orang lain. Tanpa disadari, itu adalah bentuk dari afirmasi positif.


Afirmasi positif memberikan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan mental jika dilakukan secara konsisten. Selain itu, afirmasi positif akan berdampak pada produktivitas kerjamu.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu pengertian, manfaat, cara melakukan, serta contoh dari afirmasi positif. Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Baca juga: Memahami Perbedaan antara Coaching, Mentoring, dan Konseling

Apa Itu Afirmasi Positif

Afirmasi positif adalah bentuk pernyataan positif yang membantu membentuk pola pikir yang lebih optimis, percaya diri, dan termotivasi. Menurut Psychology Today, afirmasi positif adalah sebuah ucapan atau pernyataan yang dirancang untuk menciptakan perubahan positif pada individu yang melakukannya. 


Afirmasi positif memanfaatkan kekuatan kata-kata untuk mempengaruhi pikiran dan perasaan seseorang, membantu mereka mengatasi pikiran negatif dan  meningkatkan kepercayaan diri. 


Tak hanya berlaku bagi diri sendiri (self-talk), afirmasi positif juga mampu membantu orang lain saat mereka menghadapi tantangan atau kesulitan. Dengan memberikan dukungan dan kata-kata penguatan, afirmasi positif menjadi sumber motivasi yang kuat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Manfaat Afirmasi Positif

Afirmasi positif memiliki beberapa manfaat yang signifikan untuk kesehatan mental dan kehidupan seseorang. Beberapa manfaat afirmasi positif yang dapat dirasakan antara lain:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Afirmasi positif membantu memperkuat keyakinan diri seseorang, memberi mereka dorongan untuk mencapai potensi terbaik mereka.

  1. Mengurangi tingkat stres

Afirmasi positif membantu mengurangi tingkat stres dengan menciptakan pola pikir yang lebih tenang dan positif.

  1. Meningkatkan motivasi

Jika dilakukan secara konsisten, afirmasi positif juga dapat meningkatkan motivasi dan semangat untuk menghadapi berbagai tantangan.

  1. Meningkatkan well-being seseorang

Afirmasi positif memberikan rangsangan mental positif yang dapat membantu meningkatkan well-being seseorang dengan membantu mereka mengembangkan pola pikir yang lebih optimis, percaya diri, dan termotivasi.

  1. Meningkatkan prestasi akademik dan karier

Afirmasi positif dapat membantu seseorang dalam belajar dan bekerja dengan lebih baik. Hal ini karena mereka merasa lebih yakin dan dapat lebih fokus dalam bekerja.


Melakukan afirmasi positif secara berulang bisa membuat dirimu fokus terhadap harga diri dan nilai yang kamu anut, sehingga dapat membantumu melihat pandangan hidup yang lebih luas.


Dengan demikian, afirmasi positif akan menghentikan kebiasaanmu dalam berpikir negatif dan membantu membangun pandangan hidup yang lebih positif.


Baca juga: 6 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa untuk Bersaing di Dunia Kerja

Cara Melakukan Afirmasi Positif

Saat melakukan afirmasi positif, usahakan untuk memulainya dengan tarik nafas yang dalam, perlahan, dan tenang agar pikiran negatif tidak mengganggu dirimu.


Untuk merasakan manfaatnya, kamu dapat menerapkan beberapa hal ini:

  1. Ucapkan dengan Keyakinan

Saat melakukan afirmasi positif, ucapkan dengan keyakinan dan perasaan yang tulus. Percayalah sepenuhnya pada pesan yang kamu sampaikan kepada diri sendiri ataupun orang lain.

  1. Gunakan Visualisasi

Selain mengucapkan pernyataan afirmasi, cobalah untuk membayangkan atau memvisualisasikan keadaan yang diinginkan. Hal ini dapat membantu memperkuat pesan positif dalam pikiranmu.

  1. Konsisten

Lakukanlah afirmasi positif secara konsisten setiap hari. Jadikan hal ini sebagai bagian dari rutinitas harianmu, baik di pagi hari untuk memulai hari atau di malam hari sebelum tidur untuk memperkuat pikiran positifmu.


Baca juga: Kenali Metode SMART, Strategi Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu!

Contoh Afirmasi Positif

Agar bisa membantumu, berikut adalah contoh afirmasi positif yang bisa kamu lakukan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain:

Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri

  • “Aku yakin aku bisa mengatasi masalah ini. Setiap tantangan adalah kesempatan bagiku untuk terus tumbuh dan belajar.”

  • “Dalam setiap masalah yang aku hadapi, pasti akan ada jalan keluarnya. Aku percaya, aku memiliki kemampuan untuk menemukan solusi yang tepat.”

  • "Aku menghargai setiap momen dalam hidup ini. Aku sangat bersyukur atas berkah yang diberikan."

  • “Aku yakin dengan kemampuan yang aku miliki.”

  • “Aku akan menemukan kebaikan dalam segala hal.”

Afirmasi Positif Untuk Teman atau Orang lain

  • “Kamu adalah sumber inspirasi bagi banyak orang di sekitarmu.”

  • “Terima kasih telah menjadi temanku. Kamu membawa kebahagiaan ke dalam hidupku.”

  • “Senang sekali bisa melihat kamu berkembang menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.”

  • "Kamu pasti bisa melakukannya. Aku percaya dengan kemampuan yang kamu miliki.” 

  • "Aku bersyukur memiliki teman seperti kamu yang selalu memberikan dukungan dan semangat."

Afirmasi Positif dalam Bahasa Inggris

  • "I am grateful to have you as a friend. You bring so much joy into my life."

  • "You are worthy of love, happiness, and success in everything you do."

  • “I’m so proud of you!”

  • "I am enough, just as I am, and I accept myself completely."

  • "I believe in my dreams and am taking steps every day to turn them into reality."


Demikianlah penjelasannya. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, kamu bisa menceritakannya ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve lewat #TalkToDIAN, ya!


Jangan khawatir! Kamu bisa bertanya secara anonim, dan DIAN siap mendengarkan serta memberikan solusi atas permasalahanmu secara gratis!


Related Tags

Afirmasi Positif

10,402

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.