Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

4 Tips dan Contoh Jawaban Alasan Melamar di Wawancara Kerja

Melakukan wawancara kerja, seringkali akan menghadapi pertanyaan semacam "apa alasan anda melamar pekerjaan disini" Simak beberapa contoh cara menjawab pertanyaan tersebut di artikel ini!

Posted: Monday, Oct 23, 2023

Share:

4 Tips dan Contoh Jawaban Alasan Melamar di Wawancara Kerja cover

Ketika sedang wawancara kerja, tidak jarang pelamar merasa kesulitan menjawab pertanyaan singkat seperti ‘Kenapa Anda melamar pekerjaan ini?’. Pertanyaan tersebut sekilas terdengar sepele, tetapi sering kali pelamar dibuat kebingungan saat menjawab pertanyaan tersebut. 

Lantas, bagaimana cara menjawab alasan melamar pekerjaan yang tepat? Artikel ini akan membahas contoh jawaban alasan melamar pekerjaan yang sering ditanyakan saat interview. Jika kamu ingin tahu jawabannya, simak artikel ini sampai habis!

Apa yang Ingin Diketahui Tim Recruiter?

Setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim recruiter pada pelamar ketika wawancara kerja selalu memiliki tujuan walaupun kadang-kadang pertanyaannya terkesan remeh.

Misalnya pertanyaan-pertanyaan seperti ‘Kenapa Anda tertarik melamar di posisi ini?’ atau ‘Dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan ini?’ memiliki maksud tertentu yang ingin digali tim recruiter.

Namun, cukup banyak pelamar yang bingung saat ditanya ‘Kenapa Anda melamar pekerjaan/posisi ini?’. Ternyata tim recruiter sering menanyakan pertanyaan berikut untuk mengetahui beberapa hal dari pelamar, yaitu:

  • Melihat apakah pelamar sudah mengenal perusahaan dengan baik.

  • Ingin mengetahui bagaimana pandangan pelamar terhadap perusahaan.

  • Memastikan jika pelamar serius ingin mengisi posisi yang dilamar.

  • Mengukur seberapa jauh pelamar memiliki pemahaman terkait jabatan yang dilamar.

  • Memahami jenjang karir yang diinginkan pelamar dan apakah jabatan yang dilamar sudah sesuai dengan jenjang karir yang diinginkan pelamar.

Baca juga: Ketahui Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan?

Sebetulnya untuk menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan tidaklah sulit. Kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah agar bisa menjawab pertanyaan dengan lancar, sehingga dapat meyakinkan tim recruiter. Apa sajakah itu?

  1. Ketahui Latar Belakang Perusahaan

Cari tahu dan kumpulkan informasi mengenai latar belakang perusahaan yang kamu lamar, yaitu meliputi visi, misi, nilai, dan budaya kerja yang dimiliki perusahaan.

Informasi ini bisa menjadi alasan yang dapat kamu paparkan pada saat wawancara. Kamu bisa menerangkan pada tim recruiter jika kamu ingin melamar karena memiliki pandangan yang sama dengan perusahaan mengenai nilai-nilai tertentu dan ingin membantu perusahaan untuk mewujudkan visi misinya.

  1. Pahami Posisi yang Dilamar

Kalau kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman bekerja yang relevan dengan jabatan pekerjaan yang dilamar, bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.

Jadi ketika proses interview berlangsung dan kamu ditanya tentang alasan melamar pekerjaan oleh tim recruiter, kamu bisa bicarakan tentang kontribusi kamu membantu perusahaan dalam mewujudkan tujuannya.

Tekankan bahwa kontribusi kamu dalam membantu perusahaan adalah memanfaatkan keterampilan dan pengalaman kerja yang kamu punya dan tentunya relevan dengan posisi yang dilamar.

Namun kalau kamu masih fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja sama sekali, kamu bisa cari informasi tentang apa saja lingkup pekerjaan yang harus dikerjakan oleh jabatan yang akan kamu lamar. Lalu, utarakan apa saja yang bisa kamu kerjakan untuk berkontribusi pada pengembangan perusahaan setelah kamu bergabung ke perusahaan.

  1. Ceritakan Pencapaian dan Tantangan

Ketika wawancara kamu sangat diperbolehkan untuk menceritakan pencapaian yang pernah kamu raih atau tantangan yang pernah kamu hadapi di pekerjaan sebelumnya.

Kamu dapat ceritakan pencapaian dan tantangan yang sesuai dengan posisi yang dilamar ketika tim recruiter menanyakan alasan melamar.

Berdasarkan pengalaman yang kamu ceritakan, tim recruiter tentu akan mempertimbangkan kamu untuk mengisi jabatan, karena kamu dinilai sudah cukup berpengalaman dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

  1. Sebutkan Kualifikasi Diri

Saat tim recruiter bertanya tentang alasan melamar pekerjaan, kamu bisa menjelaskan jika kualifikasi diri yang kamu miliki dapat memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

Sewaktu kamu menceritakan tentang kualifikasi diri, pastikan jika kamu menjawabnya dengan nada yang tegas dan percaya diri, tapi tentu saja harus mempertahankan sikap sopan dan profesional.

Baca juga: 13 Contoh Deskripsi Pekerjaan Untuk Ditulis Pada CV

Contoh Jawaban untuk Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan

Bagi beberapa orang yang mudah gugup saat wawancara kerja, terutama bagi para fresh graduate, sering kebingungan saat menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan. Nah, di bawah ini ada contoh-contoh jawaban untuk menjawab alasan melamar pekerjaan yang bisa kamu ikuti.

  1. Menunjukkan Antusiasme dan Percaya Diri

Saat menjawab pertanyaan dari tim recruiter pastikan kamu selalu menunjukkan antusiasme dan percaya diri. Kamu bisa menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan dengan:

  • “Hal pertama yang menarik minat saya untuk melamar posisi/jabatan ini adalah saya merasa dapat belajar dan berkembang di industri yang saya kuasai dan minati.”

  1. Fokus pada Lingkup Pekerjaan

Sebelum melamar suatu jabatan di perusahaan, pastikan jika kamu sudah membaca seluruh kriteria yang diinginkan perusahaan. Lalu yang tak kalah penting, kamu wajib mengetahui lingkup pekerjaan serta tanggung jawabnya.

Tujuannya agar kamu dapat mencocokkan keterampilan yang kamu miliki untuk mengisi jabatan tersebut, sehingga kamu bisa menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab dengan standar yang diminta perusahaan. Maka, kamu bisa ceritakan kualifikasi dan keterampilan dirimu secara singkat seperti berikut:

  • “Saya ingin melamar di jabatan/posisi ini karena saya memiliki keterampilan (sebutkan contohnya) yang dapat membantu saya menyelesaikan tugas secara tepat waktu.”

  •  “Saya tertarik melamar di jabatan/posisi ini karena dapat memberikan saya kesempatan untuk meningkatkan keterampilan saya (sebutkan contohnya) untuk meraih (sebutkan cita-cita yang ingin kamu capai, misalnya jenjang karir yang diinginkan)”.

Supaya kamu mendapat pandangan positif dari tim recruiter, sebaiknya hindari beberapa jawaban berikut ini saat wawancara.

  • Alasan saya melamar jabatan/posisi ini karena saya membutuhkan pekerjaan.

  • Alasan saya ingin mengisi jabatan/posisi ini karena jumlah gajinya besar.

  • Saya merasa jabatan/posisi ini dapat menjadi batu loncatan saya ke depannya, sehingga saya tertarik melamar.

  • Saya sudah memenuhi seluruh kriteria yang dibutuhkan perusahaan untuk mengisi jabatan/posisi ini.

Baca juga: Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja!

Itu dia contoh jawaban alasan melamar pekerjaan yang dapat kamu ikuti sebagai referensi, sehingga wawancara kerja lancar dan diterima di posisi yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki masalah terkait karir dan masih kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa menceritakan keluh kesahmu di #TalkToDIAN secara anonim.

Sumber:

https://www.michaelpage.co.uk/

https://hbr.org/


Related Tags

Pencarian kerja

3,705

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.