Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

3 Rumus Mean untuk Menghitung Rata-Rata di Excel yang Penting di Dunia Kerja

Temukan panduan lengkap cara menggunakan rumus rata-rata (AVERAGE) di Microsoft Excel. Mudah, praktis, dan efektif untuk pemula!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

3 Rumus Mean untuk Menghitung Rata-Rata di Excel yang Penting di Dunia Kerja cover

Program pengolah data Microsoft Excel sudah digunakan banyak sekali perusahaan untuk membantu menghitung dan mengolah data perusahaan, termasuk data keuangan.

Dengan bantuan fitur-fitur Microsoft Excel yang cukup lengkap, kamu bisa mencari bermacam-macam data termasuk menghitung mean. Kalau kamu masih pemula dan ingin mencari cara menghitung rata-rata di Excel, kamu bisa temukan jawabannya dalam artikel ini. Yuk, baca sampai selesai!

Penggunaan Rumus Mean (Menghitung Rata-Rata) dalam Microsoft Excel

Rumus mean di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah rentang data dalam tabel. Nilai rata-rata akan didapatkan dengan menjumlahkan nilai seluruh data dan membaginya dengan jumlah poin.

Kelebihan dari Microsoft Excel adalah dapat menghitung nilai rata-rata dengan rentang data yang cukup besar secara cepat. Dengan bantuan Microsoft Excel, kamu dapat menghitung data dengan hasil akurat dan terhindar dari kemungkinan salah perhitungan akibat human error.

Dalam dunia perkantoran, rumus mean dapat digunakan untuk mencari dan menganalisa beberapa data berikut:

  1. Rumus Mean untuk Menghitung Nilai Tengah dan Membandingkannya dengan Data Tunggal Lainnya secara Terpisah

Menghitung nilai rata-rata dengan rumus mean ditujukan untuk menemukan nilai tengah sebagai dasar perbandingan data, sebab kamu tidak mungkin bisa membandingkan suatu data tanpa menentukan nilai standarnya terlebih dahulu.

Contohnya, kamu menggunakan rumus mean untuk mencari nilai rata-rata penjualan barang per jam pada hari Senin. Setelah nilainya ditemukan, nilai tersebut dapat dijadikan patokan untuk menghitung perbandingan nilai penjualan masing-masing karyawan, nilai penjualan di hari lain, dan sebagainya.

  1. Rumus Mean untuk Mencari Nilai Rata-ratanya dan Membandingkannya dengan Data Historis

Rumus mean dapat digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dan membandingkannya dengan kumpulan data di masa lalu yang berubah-ubah seiring waktu. Cara ini sangat efektif untuk melacak fluktuasi nilai penjualan, produktivitas, jam kerja karyawan, dan manajemen kinerja.

Setelah nilai tersebut ditemukan, akan mempermudah pihak manajemen dalam merevisi anggaran, mengukur performa karyawan, merencanakan strategi penjualan, dan berbagai keputusan bisnis lainnya.

  1. Rumus Mean Digunakan untuk Menghitung Nilai KPI (Key Performance Indicator)

Rumus mean juga dapat digunakan untuk menentukan nilai kinerja karyawan atau dikenal juga dengan KPI. Dengan memanfaatkan rumus mean perusahaan bisa menghitung jumlah penjualan minimal, jumlah target pelayanan, dan berbagai target lainnya yang wajib dicapai karyawan.

Jadi, rumus mean bisa membantu perusahaan dalam mengelola produktivitas karyawan dan menetapkan standar kinerja karyawan yang terukur dan harus dicapai demi memenuhi kebutuhan perusahaan.

  1. Rumus Mean Dapat Dimanfaatkan untuk Memandu dan Melacak Progres Manajemen Proyek dan Strategi Bisnis

Terakhir, rumus mean juga dapat digunakan untuk menentukan pembagian jam kerja karyawan, menghitung anggaran, dan penjadwalan. Dengan menemukan nilai rata-ratanya, perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai sumber daya yang dibutuhkan agar bisa menyelesaikan suatu proyek.

Rumus mean ini terbilang multifungsi karena dapat dimanfaatkan sebagai alat hitung dan analisis bagi perusahaan, sehingga perusahaan dapat membangun strategi dan keputusan bisnis yang lebih besar.

Baca juga: Apa Itu dan Cara Pakai Rumus IF Pada Excel

Cara Menghitung Rumus Mean di Microsoft Excel

Secara umum cara menghitung rumus mean di Microsoft Excel bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  1. Memakai Rumus AVERAGE

Pertama, rumus mean yang sering dipakai dengan menggunakan rumus =AVERAGE(cell1;cell2;cell3;..) dengan langkah-langkah berikut:

  •  Buka data Microsoft Excel yang ingin diolah.

  • Klik sel yang ingin dihitung.

  • Ketik rumus mean seperti di atas. Misalnya, kamu ingin mencari nilai rata-rata di kolom A2-A10. Maka, kamu bisa memasukkan rumus singkat: =AVERAGE(A2:A10).

  • Tekan Enter dan hasilnya akan muncul otomatis di sel.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

  1. Memakai Rumus AVERAGEIF

Rumus mean kedua adalah AVERAGEIF yang berguna untuk mencari nilai rata-rata dengan kriteria tertentu dengan rumus =AVERAGEIF(range;”criteria”;average_range). Untuk cara yang lebih rinci, bisa ikuti cara di bawah:

  • Buka data di Microsoft Excel yang akan dihitung.

  • Klik pada sel yang ingin dihitung nilainya.

  • Masukkan rumus mean seperti di atas. Umpamanya, kamu ingin mencari nilai rata-rata penjualan hari Senin. Maka, kamu bisa masukkan rumus: =AVERAGEIF(kolom hari;”nama hari yang dicari”;kolom jumlah penjualan) atau =AVERAGEIF(A2:A7;”SENIN”;D2:D7).

  • Lalu, tekan Enter dan nilai akhir akan muncul otomatis di sel.

 

  1. Memakai Rumus AVERAGEIF dengan Kriteria Tertentu

Selain bisa mencari nilai rata-rata, rumus AVERAGEIF juga dapat digunakan untuk mencari nilai dengan kriteria tertentu. Sebagai contoh, kamu ingin mencari nilai rata-rata penjualan lebih dari 100 barang perhari. Maka, kamu dapat memasukkan rumus: =AVERAGEIF(range;”>100”) ke dalam sel. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka spreadsheet Microsoft Excel yang akan kamu analisa.

  • Klik pada sel yang ingin dihitung.

  • Masukkan rumus AVERAGEIF seperti di atas. Misalnya kamu ingin mencari nilai rata-rata penjualan lebih dari 100 item perhari. Kamu dapat memasukkan rumus: =AVERAGEIF(kolom jumlah penjualan;”>angka kriteria”) atau =AVERAGEIF(D2:D7;”>100”).

  • Setelah itu, tekan tombol Enter di keyboard dan nantinya nilai rata-rata akan muncul di dalam sel secara otomatis.

Catatan: Apabila nilai rata-rata yang ingin kamu cari memiliki kriteria lebih dari satu, kamu sebaiknya menggunakan formula =AVERAGEIFS agar bisa memasukkan beberapa kolom sekaligus dan hasilnya lebih akurat.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding, Dijamin Langsung Berhasil

Itu dia rangkuman lengkap seputar cara menghitung rata-rata (mean) di Excel yang bisa kamu ikuti dan akan sangat bermanfaat bagi pemula yang baru belajar mengolah data di Microsoft Excel.

Supaya kemampuan Excel semakin meningkat, kamu bisa mengikuti kelas sertifikasi Microsoft Excel Associate Certification dari MyEduSolve yang akan memberikan sertifikat internasional resmi dari Microsoft. Untuk mencari program sertifikasi lainnya yang cocok untukmu, bisa akses laman MyEduSolve.

Sumber:

How To Calculate Mean in Excel in 4 Steps (Plus Its Uses) https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-calculate-mean-in-excel (Diakses Februari 2024)

Related Tags

Excel
Microsoft Excel
Rumus Excel
Administrasi

1,707

Recommended Articles

Kenali Deadliner, Dampak Buruk dan Cara Menghindarinya cover

Posted: 2 years ago

10 Min Read

Pahami Apa Itu Behavioral Targeting untuk Digital Marketing! cover

Posted: 2 months ago

17 Min Read

Cara Membuat Bleed di InDesign, Cocok Untuk Pemula! cover

Posted: 8 months ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.