Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Programmer

Bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar menjadi salah satu persyaratan yang banyak diminta oleh rekruter perusahaan besar. Lalu, apakah pentingnya belajar bahasa Inggris bagi Programmer? Simak artikel berikut ini, ya!

Posted: Thursday, Sep 15, 2022

Share:

3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Programmer cover
  • Bahasa Inggris sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari banyak aspek kehidupan sehari-hari kita sebagai pengguna internet. Misalnya, saat kamu bermain social media, kamu dihadapkan dengan banyaknya istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang familiar terdengar seperti like, comment, share, dan subscribe. Tapi, tahukah kamu bahwa istilah-istilah dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak hanya ada pada tampilan yang kita lihat pada layar gawai kamu saja? Istilah-istilah bahasa Inggris bisa kamu temukan dalam bahasa pemrograman yang digunakan seorang Programmer mulai membangun, merawat, dan memperbaiki error yang terjadi pada sebuah aplikasi atau situs web.

    Pentingnya belajar bahasa Inggris bagi Programmer juga ditunjukkan apabila seorang Programmer berkomunikasi dengan klien yang berasal dari luar negeri. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris tentu saja akan memudahkan proses komunikasi hingga bernegosiasi antara kedua belah pihak. Untuk lebih lanjut, kamu dapat menyimak artikel berikut ini tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan apabila memiliki kemampuan berbahasa Inggris bagi seorang Programmer atau calon Programmer.

    Apakah Programmer harus bisa bahasa Inggris?

    Banyak orang yang mulai menyadari pentingnya belajar bahasa Inggris sejak dini karena berpandangan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengetahui bahasa Inggris dapat membuat proses pemrograman lebih mudah:

    1. Dokumentasi Teknis Bahasa Pemrograman Dikompilasi dalam Bahasa Inggris

    Kamu tentu dapat menemukan dokumen teknis yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tetapi dokumen yang asli (dalam bahasa Inggris) selalu lebih baik.

    1. Banyak Sumber Bacaan yang Tersedia dalam Bahasa Inggris

    Sebagian besar sumber di mana kamu dapat menemukan jawaban yang terkait dengan pemrograman dalam bahasa Inggris. Ketika kamu mampu menerjemahkan isu atau error yang sedang kamu alami ke dalam bahasa Inggris saat melakukan pencarian di Google, maka itu akan menjadi sebuah keuntungan buat kamu belajar lebih banyak.

    1. Membantu Kamu Berkomunikasi dengan Orang-orang dari Negara Lain

    Sebagai seorang Programmer, kamu mungkin perlu berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai negara dan sebagian besar waktu bahasa interaksi utama adalah bahasa Inggris.

    Bagaimana Programmer dapat meningkatkan bahasa Inggris?

    Ada banyak cara untuk meningkatkan bahasa Inggris kamu. Beberapa cara yang bisa kamu terapkan adalah:

    1. Membaca Banyak Teks Berbahasa Inggris

    Berlatihlah untuk membaca setiap teks berbahasa Inggris yang kamu temukan. Apa yang telah kamu baca akan menambah pengetahuan kamu dalam memilih dan menggunakan kata-kata, serta bagaimana kata-kata tersebut membentuk suatu kalimat.

    1. Mempunyai Mentor yang Bersedia Memberikan Feedback

    Keberadaan seorang mentor akan membantu kamu belajar lebih cepat. Memiliki mentor yang mau dan mampu memberikan feedback yang baik, dapat mempercepat kamu dalam mengetahui kesalahan dan segera memperbaiki kesalahan tersebut.

    1. Berlatih Menulis secara Teratur

    Berlatih menulis membantu kamu dalam mengungkapkan ide dan berkomunikasi dengan jelas. Baca kembali apa yang sudah kamu tulis sebelumnya. Cobalah untuk melihat kesalahan yang ada dalam tulisan kamu.


    Daftarkan Dirimu dalam Program Sertifikasi English for IT!

    Sertifikasi Bahasa Inggris untuk TI memvalidasi keterampilan kamu yang ingin memulai karier di bidang teknologi informasi. Sebelum melakukan ujian sertifikasi, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran dengan total durasi sekitar 150 jam dan praktik langsung dalam penggunaannya. Dengan kamu memiliki sertifikasi bahasa Inggris, kamu dianggap telah mengerti penggunaan bahasa Inggris dalam bidang IT baik dalam mendengarkan atau saat membaca. 


    Segera daftarkan dirimu dalam Program Sertifikasi English for IT di MyEduSolve dan pilih jadwal ujian sesuai kemauan kamu, sekarang juga!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Programmer

Posted: Thursday, Sep 15, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

English For IT

4,243

Recommended Articles

Relevant Certifications

English for IT

Rp 0