10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

Sejak pandemi, banyak aktivitas yang hanya bisa dilakukan secara daring. Tapi, jangan jadikan ini sebagai halangan untuk mengembangkan dirimu! Cari tahu cara mengembangkan potensi di masa pandemi dari artikel ini!

Posted: Wednesday, Nov 03, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Wednesday, Nov 03, 2021

Share:

10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi cover

Pandemi bukan alasan agar tidak mengembangkan potensi diri. Justru, ini adalah kesempatan untuk mengolah diri dengan berbagai strategi pengembangan diri. Ibarat membentuk tubuh yang ideal, kamu juga perlu melatih diri supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Meskipun terdapat beragam halangan karena pandemi, kamu masih bisa melakukan banyak cara untuk mengembangkan potensi dirimu! Mau tahu apa saja strategi pengembangan diri yang bisa kamu lakukan selama di rumah untuk menggali potensi diri? Telusuri terus artikelnya!

Baca juga: 7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

1. Buat Perencanaan

Tujuan tanpa aksi hanyalah angan-angan belaka. Kalau kamu hanya membayangkan dirimu yang sudah berkembang, kamu tidak akan membuatnya menjadi realita. Nah, makanya salah satu cara mengembangkan potensi diri adalah dengan aktif membuat perencanaan.

Daftarkan apa saja potensi-potensi diri yang perlu dikembangkan serta waktu yang harus diluangkan tiap harinya untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut.

Kamu juga bisa membuat langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapainya dan apa yang dibutuhkan untuk bisa mengasah potensi dirimu. Perlahan-lahan, kamu akan bisa membuat pengembangan diri menjadi sebuah kebiasaan.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

2. Lakukan Satu-Persatu

Jangan langsung ingin mengembangkan semua potensi dirimu sekaligus. Buat skala prioritas supaya kamu bisa fokus ke tiap potensi diri yang perlu dikembangkan. Misalnya, kamu merasa lebih penting untuk belajar saham terlebih dahulu daripada berlatih melukis.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Mengikuti Program Bootcamp Bagi Talenta Digital

3. Cari Referensi

Tentunya sulit untuk mengasah potensi diri yang perlu dikembangkan kalau kamu tidak tahu harus mulai dari mana dan apa-apa saja yang perlu dilakukan. Kamu bisa mulai dengan mencari tahu informasi mengenai hal yang ingin kamu kembangkan.

Contohnya, kamu ingin bisa menulis novel, maka kamu perlu mencari informasi tentang cara menulis novel yang baik melalui buku, biografi penulis terkenal, ataupun internet.

4. Ayo Olahraga!

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental, tapi juga membuatmu lebih semangat untuk menjalani hari. Banyak orang yang tidak mengembangkan diri karena merasa malas. Akhirnya mereka hanya berleha-leha saja di atas tempat tidur.

Oleh karena itu, kamu bisa coba menggerakkan tubuh dengan berolahraga di rumah untuk mengusir rasa mager yang menghinggap dan membuatmu lebih segar serta semangat untuk mulai mencapai potensi diri yang perlu dikembangkan.

5. Tulis Jurnal

Salah satu strategi pengembangan diri di masa pandemi yang mudah untuk dilakukan adalah dengan menulis jurnal atau catatan harian. Kamu bisa menulis emosi, motivasi, keinginan, atau bahkan apa yang kamu alami sehari-harinya.

Menulis jurnal bisa menjadi sarana refleksi dan evaluasi diri. Dari sana, kamu bisa mulai memahami dirimu dan mengetahui hal-hal menarik apa yang bisa kamu kembangkan atau tingkatkan. Selain itu, kamu juga bisa menulis apa saja yang sudah kamu capai dan syukuri untuk mengecek proses perkembangan dirimu.

6. Coba Hal Baru

Meskipun sedang pandemi, kamu tetap bisa mengeksplorasi dan mengembangkan potensi diri dengan mencoba hal-hal baru yang bisa dilakukan di rumah atau secara daring. Misalnya, kamu bisa mengikuti webinar atau pelatihan mengenai saham.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengikuti Webinar Gratis

7. Cari Teman atau Komunitas yang Cocok

Strategi pengembangan diri bersama teman

Sumber: Dimhou di Pixabay 

Kalau kamu adalah tipe orang yang susah termotivasi kalau tidak ada yang menemani, kamu bisa mulai mencari teman atau komunitas yang juga ingin mengembangkan diri bersama-sama. Strategi pengembangan diri ini pas untuk orang-orang yang membutuhkan dorongan dari orang lain.

Dengan adanya teman atau komunitas, kamu bisa saling berbagai tips dan cara mengembangkan potensi diri serta menceritakan keluh kesah dan tantangan secara daring. Selain itu, saat kamu membantu temanmu untuk maju dalam proses pengembangan dirinya, kamu juga jadinya ikut belajar.

8. Beri Hadiah atau Hukuman untuk Dirimu

Selain dari teman atau komunitas, kamu juga bisa memotivasi diri sendiri dengan memberikan hadiah untuk dirimu saat berhasil mencapai target ataupun menghukum dirimu ketika kamu bermalas-malasan dan tidak tidak melaksanakan rutinitas pengembangan dirimu.

Misalnya, setiap kamu berhasil menguasai kunci baru di gitar, kamu akan membelikan es krim untuk dirimu. Sebaliknya kalau kamu bolos belajar gitar, kamu harus mengurangi waktu nontonmu sebanyak satu jam.

Biasanya strategi pengembangan diri ini akan lebih efek bila kamu punya teman atau orang rumah yang ikut memantau proses perkembanganmu.

9. Kurangi Mengeluh dan Membandingkan Diri

Suatu hal yang manusiawi untuk mengeluh, tapi jangan jadikan ini sebagai sebuah kebiasaan! Jika kamu sering mengeluh, semua yang kamu lakukan akan terasa sulit.

Tidak ada gunanya kamu melakukan beragam cara untuk mengembangkan potensi diri kalau kamu merasa tidak termotivasi untuk menerapkannya. Tidak hanya itu, mengeluh juga akan mengurangi waktumu dalam mengolah potensi-potensi diri yang perlu dikembangkan.

Selain mengeluh, 'penyakit' lain yang kerap kali muncul adalah membandingkan diri dengan orang lain. Tidak masalah kalau kamu menjadikan seseorang sebagai teladan hidup, tapi jangan sampai kamu merasa minder dan berhenti berusaha karena orang lain lebih baik darimu.

Tiap orang memiliki prosesnya masing-masing, kamu tidak bisa membandingkan dirimu dengan orang yang sudah bertahun-tahun mengasah kemampuannya. Oleh karena itu, fokus saja dengan strategi-strategi pengembangan diri yang perlu kamu lakukan di masa pademi ini.

Baca juga: Pengembangan Diri adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now

10. Tetap Konsisten

Salah satu kunci atau cara untuk mengembangkan potensi diri adalah dengan tetap konsisten menjalani rutinitasmu. Tidak masalah kalau kamu hanya meluangkan waktu 30 menit untuk belajar sesuatu yang baru, yang penting selalu ada kemajuan tiap harinya.

Semangat Menerapkan Cara Mengembangkan Potensi Diri!

Setelah sudah mengetahui strategi-strategi pengembangan diri, langkah pertama dari semuanya adalah dengan memulai! Kalau kamu tertarik mengasah kemampuanmu dalam ilmu teknologi atau desain, kamu bisa mengikuti sertifikasi Microsoft dan Adobe di MyEduSolve!

Mulai dari Adobe Photoshop sampai Project Management, ada banyak pilihan sertifikasi resmi bertaraf internasional yang bisa kamu pilih di MyEduSolve. Tunggu apalagi, segera tingkatkan potensi diri yang perlu dikembangkan dengan mengunjungi website MyEduSolve.

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Referensi:

Cole, N. 10 Things You Can Do in Your Daily Life to Improve Your Personal Development. INC.. Diakses pada 19 November 2021

Davis, T. Self Development: The 9 Skills You Need to Improve Your Life. Berkeley Wellbeing. Diakses pada 19 November 2021

Indeed. 9 Ways to Improve Your Personal Development Skills. Diakses pada 19 November 2021

Jones, M. 11 Personal development strategies that really work. Diakses pada 19 November 2021

Skills You Need. What is Personal Development?. Diakses pada 19 November 2021

Article Tag:

Strategi pengembangan diri,potensi diri yang perlu dikembangkan,cara mengembangkan potensi diri,strategi pengembangan diri di masa pandemi

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

Posted: Wednesday, Nov 03, 2021

Updated: Tuesday, Jan 25, 2022

Article Tag:

Strategi pengembangan diri,potensi diri yang perlu dikembangkan,cara mengembangkan potensi diri,strategi pengembangan diri di masa pandemi

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.