Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Team Leader Adalah: Pengertian, Tugas, dan Skills yang Wajib Dimiliki

Pada artikel ini kita akan mengenal lebih jauh apa itu team leader dan skills apa saja yang perlu dimiliki untuk menjadi team leader.

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Share:

Team Leader Adalah: Pengertian, Tugas, dan Skills yang Wajib Dimiliki cover

Secara harfiah, team leader berarti pemimpin tim. Seorang pemimpin dalam sebuah tim berperan krusial dalam membawa tim untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pemimpin yang berkompeten sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai hasil kinerja yang maksimal.


Untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian, tugas, dan bagaimana cara kerja team leader dalam sebuah tim, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir, ya!


Baca juga: Multipotentialite: Definisi dan Ciri-Ciri yang Melekat


Pengertian Team Leader

Team leader adalah seseorang yang berperan untuk memimpin, memberikan arahan dan instruksi hingga memantau kinerja dalam sebuah kelompok dalam mencapai tujuan. 


Tugas Team Leader

Tugas dan tanggung jawab team leader secara khusus bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja kolaboratif dan menentukan arah proyek atau program tertentu. Dikutip dari Asana, secara spesifik team leader bertugas untuk:

  • Mengorganisir pekerjaan

  • Mengkomunikasikan tujuan

  • Mendelegasikan tugas

  • Menjadi teladan bagi anggota tim

  • Mengalokasikan dan mengelola sumber daya

  • Mengelola progess dari project yang dikerjakan

  • Melaporkan progess kepada stakeholders

  • Membimbing anggota tim untuk meningkatkan skills

  • Memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan mereka

  • Mewakili dan mengadvokasi kebutuhan tim


Skills yang Wajib Dimiliki

Sama halnya dengan sebuah profesi pada umumnya, seorang team leader juga perlu memiliki skills set yang mampu menunjang kegiatannya sebagai seorang pemimpin dalam tim, menurut Indeed ada beberapa team leader skills diantaranya yaitu:

  1. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang team leader wajib untuk memiliki keterampilan dalam berkomunikasi untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam mengatur dan mengelola aktivitas kerja dalam sebuah tim. 


Untuk menjadi komunikator yang efektif juga dibutuhkan kemampuan untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh, berbicara dengan jelas, memahami bahasa tubuh, dan mengatur intonasi nada bicara saat berkomunikasi secara lisan.


  1. Kemampuan Membangun Hubungan

Seorang team leader wajib untuk dapat mendekatkan timnya dengan mendorong kolaborasi dan memfasilitasi hubungan kerja yang sehat antar anggota tim. Ketika anggota tim saling percaya, mereka bekerja lebih baik bersama dan menjadi lebih produktif.


  1. Memiliki Ketegasan

Team leader berperan dalam membuat keputusan penting, terkadang dengan waktu yang sangat singkat, maka mereka wajib menimbang dan memahami keputusan yang akan mereka pilih dengan tegas.


  1. Menjunjung Tinggi Nilai Kejujuran

Seorang pemimpin harus bisa memberikan dan juga mendapatkan kepercayaan dari anggota timnya. Rasa hormat anggota tim terhadap pemimpinnya akan muncul jika pemimpin menjunjung nilai kejujuran dan keterbukaan, utamanya saat sedang memberikan feedback. 


  1. Memiliki Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Sebagai team leader, tetap diperlukan tanggung jawab yang tinggi. Rasa tanggung jawab ini termasuk saat mereka sendiri melakukan kesalahan dan berani mengakuinya kemudian bertindak untuk mencari solusinya.


  1. Kemampuan Berinovasi

Seorang pemimpin yang baik mengambil pendekatan inovatif untuk pemecahan masalah serta mampu membuat preventive maintenance dalam manajemen tugas kepada tim dari perspektif baru dan tidak konvensional.


  1. Kemampuan Memotivasi

Seorang team leader yang baik harus memotivasi anggota tim mereka dan mendorong produktivitas, termasuk juga membimbing dan mengapresiasi prestasi dan kerja keras yang dilakukan oleh anggotanya.


Baca juga: 5 Tips Lulus Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap


Yuk, ceritakan pengalamanmu saat menjadi team leader, baik saat kamu masih kuliah ataupun saat terjun langsung di dunia kerja dan apa saja hambatan yang berhasil kamu lewati hanya di #TalktoDIAN.

--

Referensi:

1. 10 things great team leaders do
2. 7 Skills Used by Effective Team Leaders in the Workplace

Related Tags

Team Leader

39,953

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.